6 Cara Merawat Tas Kulit Sintetis Agar Kondisi Tetap Prima


  • 6 Cara Merawat Tas Kulit Sintetis Agar Kondisi Tetap Prima
    Cara merawat tas kulit sintetis. (Foto: Dok. Dellon Thomas/Pexels)

    Ketika mengoleksi suatu benda, tentu saja hal yang harus diperhatikan agar benda tersebut tetap awet seperti baru adalah perawatan rutinnya. Sama seperti benda koleksi lain, tas kulit sintetis juga membutuhkan perawatan ekstra supaya terhindar dari jamur dan kerusakan dini. Cara merawat tas kulit sintetis paling mudah dilakukan dengan menyimpannya di tempat yang tepat.


    (Baca juga : Intip Cara Membersihkan Tas Berjamur dengan Mudah)




    Bebas dari debu dan memiliki kelembapan ruangan yang sesuai, maka tas kulit sintetis tetap terjaga keindahannya. Pada dasarnya tas kulit sintetis merupakan tas yang terbuat dari bahan kulit buatan bukan kulit hewan asli. Cara merawat tas kulit sintetis pun terbilang cukup mudah dan tidak ribet, asalkan kamu tidak lalai dengan jadwal rutin membersihkannya.


    Tidak hanya menaruhnya di tempat yang tepat, adapun berikut ini cara merawat tas kulit sintetis dengan mudah yang wajib kamu simak baik-baik.


    1. Jauhkan dari sinar matahari langsung

    Cara merawat tas kulit sintetis

    (Cara merawat tas kulit sintetis dengan menjaukannya dari sinar matahari langsung. Foto: Dok. Stanislav Kondratiev/Pexels)


    Jika kamu seseorang yang gemar shopping dan hangout bersama sahabat seharian, alangkah baiknya untuk tidak menyimpan tas kulit sintetis milikmu di bawah paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini akan menyebabkan bahan polyurethane pada tas akan mengembang lalu rusak.

    Bahkan ketika sering terkena paparan sinar matahari langsung, warna tas kulit sintetis jadi lebih cepat pudar dan pesona dari tas kesayanganmu akan sirna begitu saja. Maka dari itu, jangan biarkan tas kulit sintetismu rusak hanya karena sinar matahari ya, ladies.


    2. Jangan terlalu sering membersihkan tas kulit sintetis

    Rajin membersihkan tas kulit sintetis supaya pesonanya tetap prima memang wajib dilakukan. Namun bukan berarti harus dibersihkan setiap hari. Jika terlalu sering membersihkan tas kulit sintetis, maka secara perlahan tas kulit sintetis tersebut akan mengelupas dan terlihat pecah-pecah.

    Alangkah baiknya membersihkan tas kulit sintetis ini satu kali dalam seminggu untuk mencegah pertumbuhan jamur. Cara membersihkannya pun cukup mudah. Gunakan kapas biasa dengan baby oil, kemudian usap pelan-pelan permukaan tas kulit sintetis dengan gerakan satu arah.

    Ingatlah, untuk tidak membersihkan tas kulit sintetis menggunakan tisu basah karena kandungan alkohol mereka dianggap berbahaya untuk tas kulit buatan.


    3. Jangan menumpuk tas kulit sintetis dalam satu tempat

    Cara merawat tas kulit sintetis

    (Cara merawat tas kulit sintetis dengan tidak menumpuknya. Foto: Dok. @MOo Jii/Pexels)


    Cara merawat tas kulit sintetis yang paling disepelekan adalah dengan tidak menumpuk mereka dalam satu tempat. Jika kebiasaan buruk ini pernah kamu lakukan, sebaiknya hentikan itu dan mulailah menata tas kulit sintetismu di dalam tempat yang seharusnya.


    Tata tas kulit sintetis berjejer dalam lemari yang tidak tertutup, tetapi jangan sampai mereka terlihat berdekatan. Sisakan ruang untuk tas kulit sintetis itu bernapas, kemudian letakan silica gel disana guna mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri.


    Selain itu menumpuk tas kulit sintetis terlalu lama juga akan membuat mereka jadi menempel satu sama lain karena lengket.


    (Baca juga : 10 Cara Merawat Tas Agar Tidak Mudah Rusak & Tahan Lama)


    4. Jaga tas kulit sintetis agar selalu kering

    Bukan tanpa alasan ini wajib kamu perhatikan jika memiliki segudang koleksi tas kulit sintetis. Pasalnya, tas kulit sintetis begitu rentan dihinggapi jamur ketika mereka dalam keadaan basah walau hanya sedikit. Misalkan, tas kulit sintetismu terkena cipratan air ketika sedang berada di luar rumah, segara keringkan menggunakan kain lembut secara perlahan. Inilah salah satu alasan mengapa kamu harus selalu siap sedia kain mikrofiber di dalam tas guna antisipasi tas kulit sintetis tidak sengaja terkena cipratan air.


    5. Silica gel dan koran berperan penting dalam merawat tas kulit sintetis

    Tahukah kamu? Silica gel dan kertas koran berperan penting dalam merawat tas kulit sintetis. Memberikan kelembapan yang pas, setelah tas kulit sintetis dibersihkan sebaiknya masukan silica gel dam beberapa kertas koras yang sudah berbentuk bola ke dalam tas.

    Memastikan udara tetap kering, memasukan silica gel dan koran akan berguna untuk menghindari pengelupasan tas kulit lebih cepat. Jadi tetap awet meskipun telah digunakan berkali-kali.


    6. Perlu istirahat

    Cara merawat tas kulit sintetis

    (Cara merawat tas kulit sintetis dengan mengistirahatkannya setelah dipakai. Foto: Dok. Castorly Stock/Pexels)


    Sama seperti manusia pada umumnya, tas kulit sintetis juga butuh istirahat setelah seharian digunakan. Jika kamu memiliki banyak tas kulit sintetis, pakailah secara bergantian dan istirahatkan tas yang sudah kamu kenakan selama 2 sampai 3 hari untuk menghindari kerusakan lebih cepat.


    (Baca juga : 4 Tips Membersihkan Tas yang Berjamur)


    Tetap awet seperti baru, inilah di acara merawat tas kulit sintetis yang perlu diketahui supaya tidak salah langkah.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below