Cari Tahu 6 Penyebab Pipi Kendur Dan Cara Mudah Mengatasinya


  • Cari Tahu 6 Penyebab Pipi Kendur Dan Cara Mudah Mengatasinya
    Penyebab pipi kendur dan cara mudah mengatasinya. (Foto: Dok. Ferdinand Studio/Pexels)

    Mempunyai kulit kencang meski usia tidak muda lagi merupakan impian setiap wanita. Rutin mengaplikasikan krim wajah di pagi dan malam hari sembari memijatnya pelan, bisa membantu kulit wajah lebih kencang. Kebiasaan baik ini jika konsisten dilakukan setiap hari akan membuat kamu terhindar dari penyebab pipi kendur.


    (Baca juga : 5 Rahasia Kulit Kencang)




    Umumnya penyebab pipi kendur dikarenakan pola tidur yang tidak beraturan. Kurangnya jam istirahat setelah lelah beraktivitas dapat menjadi salah satu faktor kulitmu jadi kusam, kering, dan kendur. Maka dari itu, mulai sekarang coba perbaiki jam tidurmu dan hindari tidur terlalu larut demi kesehatan tubuh juga.


    Selain pola tidur yang tidak beraturan, adapun berikut ini penyebab pipi kendur dan cara mengatasinya yang wajib kamu tahu.


    1. Dehidrasi

    Mengaplikasikan produk skincare semahal apapun pada wajah tidak akan bekerja dengan baik jika kamu mengabaikan perawatan dari dalam. Tampak sepele dan sering diabaikan, dehidrasi akibat kurangnya minum air putih dapat menjadi penyebab kulit kendur dengan cepat.

    Hal ini dikarenakan kulit wajah yang kekurangan cairan dari dalam, sehingga memicu kekeringan yang berdampak pada pengenduran kulit secara perlahan. Jika kamu tidak ingin mendapatkan pipi kendur di usia muda, rajin-rajinlah mengonsumsi air putih secukupnya supaya terhindar dari masalah kulit dan masalah kesehatan yang serius.


    2. Kelelahan fisik

    Penyebab pipi kendur

    (Penyebab pipi kendur adalah kelelahan fisik akibat pola tidur yang berantakan. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


    Berhubungan erat dengan pola tidur yang berantakan, kelelahan fisik bisa terjadi karena kamu tidak punya jam tidur yang cukup. Dikejar deadline tugas kuliah maupun tugas kantor membuat fisikmu lelah sehingga memicu stres.

    Dari perasaan stres inilah yang nantinya akan kehilangan elastisitasnya lalu pipi jadi kendur. Tidak hanya penyebab pipi kendur, kelelahan fisik sampai merasakan stres juga berdampak pada timbulnya jerawat membandel, kulit kering, kulit kusam dan tidak bercahaya, serta timbulnya keriput di usia muda.


    3. Sering terpapar sinar matahari

    Penyebab pipi kendur selanjutnya bisa jadi karena sering terpapar sinar matahari secara langsung. Sering dianggap sepele oleh sebagian orang, tanpa disadari kulit akan kehilangan elastisitasnya jika tidak diberi perlindungan ketika keluar rumah.

    Alangkah baiknya, untuk rutin mengaplikasikan sunscreen dengan SPF tinggi supaya kulit wajah tidak kendur dan menimbulkan keriput. Saat ini sudah banyak beragam macam produk sunscreen yang diformulasikan untuk semua jenis kulit.


    (Baca juga : Memilih Masker Sesuai Jenis Kulit)


    4. Mengonsumsi makanan dan minuman manis terlalu sering

    Mengonsumsi yang manis-manis memang dapat membuat perasaan jadi lebih tenang dan bahagia. Tetapi tahukah kamu? Sering mengonsumsi gula secara berlebihan bisa jadi penyebab pipi kendur.

    Pola makan yang buruk dengan menyepelekan kebiasaan buruk satu ini bisa membuat kulit cepat kehilangan elastisitasnya. Menyebabkan penuaan kulit di usia muda, mengonsumsi gula berlebihan dan kurangnya nutrisi juga beresiko terkena penyakit diabetes, jantung, hipertensi, dan penyakit berbahaya lainnya.


    5. Diet

    Penyebab pipi kendur

    (Penyebab pipi kendur adalah kehilangan lemak di wajah karena diet. Foto: Dok. Total Shape/Pexels)


    Hilangnya lemak dapat menjadi penyebab pipi kendur. Hal ini membuat area sekitar wajah berubah dengan garis rahang memudar dan rahang jadi tampak lebih turun dari sebelumnya.

    Meski bukan penyebab yang buruk, proses penurunan berat badan bisa menghilangkan lemak berlebih di bagian atas wajah sehingga pipi jadi mengempis. Untuk mengencangkan kembali pipi yang kendur, biasanya orang-orang akan melakukan prosedur pengencangan wajah di klinik kecantikan guna mengganti kembali lemak bagian tengah wajah yang hilang karena diet.


    6. Menderita penyakit kronis tertentu

    Penyebab pipi kendur karena penyakit kronis tertentu adalah hal yang umum terjadi. Orang dengan riwayat penyakit diabetes cenderung memiliki kulit wajah yang kendur.

    Bukan tanpa alasan ini bisa terjadi, sebab molekul berbahaya akibat konsumsi gula berlebih tidak dapat diserap oleh tubuh, sehingga merusak jaringan kolagen dan elastin dalam kulit. Maka tidak heran, sebagian penderita diabetes memiliki kekencangan kulit yang kurang dan membuat kulit mereka gampang kendur


    Cara mudah mengatasi penyebab pipi kendur

    Penyebab pipi kendur

    (Cara mudah mengatasi penyebab pipi kendur. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


    Tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk perawatan di klinik kecantikan, simak cara mudah mengatasi penyebab pipi kendur di bawah ini.


    1. Rutin melakukan senam wajah dua kali sehari setiap pagi dan malam hari, untuk memperkuat otot-otot pada wajah. Gerakan senam wajah sendiri bisa ditiru lewat video kesehatan di YouTube.

    2. Penyebab pipi kendur dapat di atasi dengan pemakaian krim yang mengandung vitamin A seperti Tretinoin dan Retinoic Acid, guna merangsang jaringan dalam kulit supaya lebih elatis.

    3. Hindari mengonsumsi junk food yang memiliki tinggi kadar gula dan garam. Perbanyaklah nutrisi pada tubuh dengan mengonsumsi sayuran dan buah

    4. Rutin konsumsi vitamin C dan vitamin E untuk meningkatkan elastisitas kulit

    5. Aplikasian pelembap supaya kulit terhidrasi dengan baik


    (Baca juga : 7 Cara Mengecilkan Pipi Dengan Begitu Cepat Dan Mudah)


    Menurunkan rasa percaya diri seseorang, inilah penyebab pipi kendur dan cara mudah mengatasinya yang bisa kamu coba mulai sekarang. Jangan lupa untuk selalu konsisten dalam melakukan perawatan ya.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below