Cara Mudah Membuat Saus Tartar


  • Cara Mudah Membuat Saus Tartar
    Cara mudah membuat saus tartar. (Foto: Dok. Anna Nekrashevich/Pexels)

    Bersamaan dengan pandemi yang masih terus berlangsung, banyak aktifitas selain bekerja dan belajar yang dapat dilakukan di rumah. Salah satunya adalah berkreasi dengan jenis-jenis makanan yang tidak umum untuk dikonsumsi di Indonesia. Salah satunya adalah saus tartar.

    Saus tartar adalah saus berwarna keputihan yang terbuat dari mayonnaise, asinan buah dalam botol, caper, bawang Bombay, dan daun parsley segar. Saus ini biasanya digunakan pada makanan laut yang digoreng. Biasanya ditambahkan juga potongan kecil telur rebus, buah zaitun, horseradish, dan cuka sesuai selera. Saus tartar sendiri dinamakan berdasarkan sebuah suku yang ada di Mongolia, yaitu Suku Tatar, karena teksturnya yang tidak mulus.

    Saus tartar sendiri telah eksis sejak lama, yakni sejak awal abad ke-19 oleh Napoleon Bonaparte. Seiring berjalannya waktu menuju zaman modern di abad ke-21, semakin banyak kreasi saus tartar yang beredar di masyarakat. Saus tartar umumnya digunakan pada hidangan masakan laut yang bertema kebarat-baratan. Namun, ada juga sejumlah masakan lokal yang bisa dibuat menggunakan saus ini. Salah satu menu yang terkenal adalah olahan ikan kerapu. Sebab ikan ini banyak ditemukan di perairan Indonesia, tidak jarang orang yang memutuskan untuk berkreasi dengan ikan kerapu menggunakan saus tartar.



    Menu pertama yang patut dicoba adalah kerapu crispy. Dalam hidangan ini, dagin ikan kerapu lebih dahulu difillet kemudian dilumuri dengan tepung goreng dan digoreng hingga warnanya kekuningan. Saus tartar banyak diolah dengan makanan laut karena gizinya yang tidak kalah tinggi. Dengan kandungan sayur-sayuran di dalamnya, saus tartar dapat memnuhi kebutuhan nutrisi tubuh konsumen dengan baik. Terutama apabila digabungkan dengan hidangan laut seperti ikan, cumi-cumi, atau udang, tentu asupan yang ada tidak hanya vitamin dan karbohidrat, namun juga lebih kaya akan protein.

    Asupan protein dan vitamin yang tinggi pada nutrisi tubuh sangat krusial untuk dipenuhi akhir-akhir ini. Sejak bermulanya pandemi, banyak cara harus ditempuh untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak terjangkit oleh penyakit. Mengonsumsi saus tratar adalah salah satu cara termudah dalam hal ini. Saus tartar dapat dengan mudah dibeli pada supermarket dan minimarket terdekat. Namun, tentu saja hemat biaya dalam berbelanja di kala pandemi menjadi salah satu prioritas utama konsumen. Lantas, dapatkah saus tartar dibuat di rumah?

    Berikut ini Her World Indonesia membahas bahan-bahan yang diperlukan dalam permbuatan saus tartar, juga bagaimana cara membuatnya dengan mudah.


    (Foto: Dok. Anna Nekrashevich/Pexels)


    (Baca Juga: Cara Membuat Saus Marinara)


    Bahan yang Diperlukan:

    1. Mayonnaise untuk satu mangkuk kecil atau sesuai selera

    2. Satu sampai dua siung bawang putih, dapat juga ditambahkan sesuai dengan kebutuhan

    3. Fresh atau dried parsley sesuai kebutuhan dan selera

    4. Bubuk bawang putih

    5. Lemon atau jeruk nipis sesuai kebutuhan

    6. Gula dan garam secukupnya

    7. Bawang bombay secukupnya


    Cara Membuat:

    1. Pertama, siapkan mayonnaise dalam sebuah mangkok sesuai dengan kebutuhan dan selera.

    2. Kemudian, iris bawang putih dan bawang Bombay kecil-kecil dan tipis-tipis.

    3. Selanjutnya, masukkan bawang putih dan bawang Bombay yang telah diiris sebelumnya ke dalam mayonnaise.

    4. Terakhir, masukkan garam, lada putih, gula, jeruk lemon, bubuk bawang putih, dan parsley, kemudian aduk hingga merata.

    5. Selanjutnya, saus tartar siap untuk disajikan dengan makanan yang dibuat terpisah.


    Cara membuat saus tartar yang sangat mudah menghantarkan konsumen pada kreasi-kreasi saus tartar yang belum ada sebelumnya. Banyak yang memilih berkreasi tidak hanya dengan hidangan laut, namun juga dengan makanan gorengan lainnya. Misalnya seperti ayam goreng tepung atau chicken katsu. Kreasi-kreasi ini dengan mudahnya membuat banyak menu yang unik bermunculan sehingga mengonsumsi saus tartar pun menjadi unik dan tidak monoton. Seiring semakin berkembangnya menu-menu yang menggunakan saus tartar, ada juga orang-orang yang memutuskan untuk membuatnya sebagai tambahan pada salad buah atau sayur, karena bahan dasarnya yang berupa mayonnaise. Kreasi-kreasi unik ini tentu membuat mengonsumsi saus tartar tidak semonoton atau sesempit kreasi pada zaman dahulu.


    (Penulis: Gabrielle Garnetta Candra Putri)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Cara Membuat Saus Tartar

Cara Membuat Saus Tartar

oleh Yolanda Deayu

Cara Membuat Saus Pesto

Cara Membuat Saus Pesto

oleh Yolanda Deayu

Advertisement - Continue Reading Below