Resep Nasi Goreng Sederhana


  • Resep Nasi Goreng Sederhana
    (Resep Nasi Goreng Sederhana.Foto:Dok.Trista Chen/pexels)

    Memasak di masa pandemi adalah salah satu aktifitas yang sangat mudah untuk dilakukan. Terutama apabila menggunakan bahan-bahan pilihan sendiri, maka masakan yang dihasilkan pun akan menjadi lebih sehat dibandingkan membeli makanan di luar. Apabila membeli makanan di luar, tentu ada berbagai macam bumbu dan penyedap rasa yang dierikan kepada makanan sehingga mendapatkan rasa yang disukai oleh banyak orang. Namun apabila memasak sendiri, bahan yang digunakan pun dapat dipilih sesuai dengan selera sehingga jadilah hidangan yang sehat.

    Salah satu hidangan yang dapat di buat pada masa pandemi ini adalah nasi goreng. Selain dapat diolah dari nasi yang sebelumnya tidak termakan, nasi goreng juga tidak membutuhkan bahan yang terlalu rumit. Selain bawang-bawangan, nasi goreng hanya membutuhkan sayur sesuai selera dan bumbu-bumbu lain yang ditambahkan kemudian bahan-bahan lain yang dapat diberikan. Sebagai contoh seperti sosis, kornet, telur, empal, atau dagin-daging seafood.

    Berikut ini adalah salah satu resep nasi goreng sederhana yang dapat dengan mudah dibuat di rumah.




    (Baca juga: Cara Membuat Nasi Goreng Instan)


    Bahan-bahan yang diperlukan:

    - 1 piring nasi

    - 2 butir telur

    - ½ sendok teh kaldu bubuk

    - ¼ sendok teh garam

    - ½ sendok teh saus tiram

    - ½ sendok teh minyak wijen

    - 1 sendok teh kecap manis

    - 2 siung bawang merah

    - 1 siung bawang putih

    - 1 buah cabai

    - 3 sendok makan minyak goreng


    Cara memasak:

    1. Pertama, panaskan minyak kemudian masukkan telur dan orak-arik pada wajan sampai telur matang. Setelah telur matang, masukkan nasi yang telah disiapkan.

    2. Kemudian, tambahkan minyak wijen, kecap manis, dan saus tiram kemudian aduklah dengan rata. Setelahnya, tambahkan lada dan garam untuk menyempurnakan rasa.

    3. Setelah rasa yang didapat terasa sudah pas, nasi goreng dapat diangkat dari wajan dan disajikan sesuai selera diatas piring untuk disantap.


    Selain sederhana untuk dimasak, nasi goreng sangat berguna untuk kesehatan. Dengan bahan-bahan yang sehat dan tidak bercelah untuk ditambahkan bahan-bahan tidak sehat seperti terlalu banyak gula atau MSG, nasi goreng sehat untuk dikonsumsi oleh segala usia. Selama kadar minyak yang digunakan tidak terlalu berlebih, tentu nasi goreng tidak berbahaya bagi penderita penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol, maupun asma.

    Nasi goreng juga merupakan salah satu menu yang sangat mudah untuk dibuat oleh segala usia. Tidak hanya menggunakan wajan, nasi goreng juga dapat dimasak menggunakan rice cooker dan kompor portable. Sehingga nasi goreng juga merupakan menu yang mudah dibuat ketika bepergian. Proses pembuatannya pun tak lama dan tidak membutuhkan tempat yang luas untuk menyelesaikan pembuatan menu ini.


    (Penulis: Gabrielle Garnetta Candra Putri)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below