Peran Asuransi Saat Pandemi, Lebih Dari Membayar Klaim


  • Peran Asuransi Saat Pandemi, Lebih Dari Membayar Klaim
    Peran asuransi yang jadi semakin penting kala pandemi. (Foto: Dok. Vlada Karpovich/Pexels)

    Pandemi Covid-19 sudah lebih dari satu tahun dan kita semua masih berjuang menghadapinya hingga saat ini. Dari pandemi ini jugalah kita tersadarkan akan pentingnya gaya hidup sehat dan sebuah perlindungan, yang dapat menjaga dari risiko penyakit. Asuransi kesehatan semakin berperan dalam menghadirkan rasa aman di tengah pandemi ini.


    Berikut penjelasan Herold Chen, AIA Life Planner yang juga anggota Million Dollar Round Table (MDRT) mengenai 6 hal yang perlu diketahui tentang asuransi. Keberadaannya lebih dari membayar klaim, karena dapat mengajak kamu menerapkan gaya hidup sehat.




    1. Langkah mudah memilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan.

    Langkah pertama adalah berkenalan dulu dengan apa itu asuransi. Asuransi adalah program perlindungan jika sesuatu terjadi di masa yang akan datang. Yang dilindungi adalah aset/kekayaan/harta dari nasabah. Dalam hidup, kita pasti akan menemui risiko kehidupan yang berdampak finansial. Asuransi dapat meminimalkan atau bahkan menghindari dampak ini sehingga kehidupan dapat tetap berjalan baik. Perlindungan yang diberikan oleh asuransi sifatnya jangka panjang.

    Bagaimana cara memulainya? Pelajari dulu produknya. Tanya sebanyak-banyaknya pada sahabat atau relasi yang memiliki profesi sebagai agen asuransi atau life planner. Tugas mereka adalah mengedukasi masyarakat tentang produk-produk yang tepat dan sesuai kebutuhan.

    Produk asuransi bersifat personal. Misalnya asuransi untuk perorangan dan untuk keluarga muda, tentu akan berbeda. Beda kebutuhan, akan beda pula bentuk perlindungannya. Jangan lupa manfaatkan teknologi yang memungkinkan kita mencari informasi sebanyak-banyaknya.

    Di samping itu, perusahaan penyedia asuransi juga sangat penting untuk dipelajari. Cari yang kredibilitasnya tinggi, seperti AIA Indonesia yang merupakan bagian dari AIA Group yang sudah berpengalaman lebih dari 100 tahun untuk Asia Pasifik. Di Indonesia, AIA telah melindungi lebih dari 1 juta jiwa.


    2. Jika sudah memiliki polis asuransi (khususnya kesehatan), apa yang harus diperhatikan, terutama jika sakit atau terinfeksi Covid-19?

    Saat mendapat polis, jangan lupa baca isinya agar dapat memahami manfaat apa saja yang ada di dalamnya. Jika ada bahasa atau istilah yang kurang dimengerti, jangan segan bertanya pada agen asuransimu. Ibarat ban cadangan, polis ini memang tidak terasa gunanya saat kita tidak sedang bertemu risiko.



    (Pentingnya peran asuransi kala pandemi. Foto: Dok. Olya Kobruseva/Pexels)

    Bagaimana jika polis yang sudah dimiliki terasa kurang melindungi dalam kondisi saat ini? Boleh dipertimbangkan untuk menambah lagi proteksinya (upgrade) atau perluasan manfaat. Bisa dikonsultasikan kepada agen, karena masing-masing perusahaan punya kebijakan yang berbeda. Agen juga punya kemampuan untuk memberikan ringkasan polis sehingga dapat dibaca secara lebih komprehensif dan mudah dimengerti oleh nasabah.


    3. Asuransi adalah salah satu cara untuk berinvestasi, apakah ini tepat?

    Tujuan utama berasuransi adalah untuk mendapatkan perlindungan jangka panjang. Saat membeli produk asuransi, kita harus berpegang pada niat untuk proteksi baik untuk diri sendiri maupun keluarga, dari berbagai risiko misalnya tutup usia ataupun risiko kesehatan termasuk penyakit kritis.

    Asuransi memang banyak ragamnya, 2 yang paling banyak peminatnya yaitu produk asuransi tradisional atau yang sering disebut sebagai produk asuransi perlindungan, serta produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi yang biasa disebut sebagai produk asuransi unit link.

    Asuransi tradisional, sifatnya memang pengeluaran (expenses) yang tidak dapat kembali, kecuali saat mengalami risiko dan terjadi klaim. Untuk asuransi unit link, nilai investasinya tidak dapat dijamin karena mengikuti pergerakan pasar modal. Namun dalam kondisi apa pun, produk unit link tetap memberikan proteksi sesuai manfaat yang dimiliki nasabah.

    Seorang agen asuransi atau life planner wajib menjelaskan tentang manfaat, risiko, atau pun biaya-biaya yang harus dibayarkan oleh nasabah ketika mereka membeli produk asuransi. Sehingga mereka paham betul terhadap produk yang dimiliki.


    4. Apa langkah yang telah dilakukan AIA demi membantu menanggulangi pandemi ini?

    Sebagai upaya mendukung Pemerintah dalam penanganan pandemi, AIA meluncurkan gerakan “Sehat untuk Negeri” yang diinisiasi untuk memberi respon cepat untuk membantu penanganan pandemi di tengah masyarakat. Melalui Sehat untuk Negeri, AIA telah berkontribusi pada penyediaan tempat tidur untuk Rumah Sakit khusus Covid-19 di Asrama Haji, Jakarta.

    Selain itu, AIA juga menggagas program olahraga di mana jika masyarakat berpartisipasi AIA akan mengkonversi partisipasi tersebut menjadi donasi yang akan disalurkan untuk penyediaan oksigen dan medical supplies untuk RSUD dan Puskesmas yang tersebar di lima provinsi di Indonesia. Sebagai bentuk komitmen untuk terus membantu jutaan keluarga Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik, AIA akan terus berupaya untuk membantu menanggulangi pandemi ini bersama pihak-pihak terkait.


    5. Peran seorang agen asuransi di tengah pandemi semakin dibutuhkan. Bagaimana menurut Herold?

    Saat ini masyarakat dihadapkan pada risiko jiwa dan kesehatan yang berbeda dengan sebelumnya. Saya terus berusaha menjangkau sebanyak-banyaknya masyarakat untuk memberikan pemahaman terhadap pentingnya manfaat asuransi, agar masyarakat dapat menjalani hidup dengan lebih tenang melewati pandemi ini. Saya juga aktif terkoneksi dengan para nasabah, memastikan produk yang mereka miliki saat ini dirasa cukup untuk melindungi diri dan keluarga.

    Di AIA, kami juga memiliki sebuah terobosan program health & wellness bernama AIA Vitality. Dengan AIA Vitality, saya aktif mengajak nasabah untuk terus menerapkan pola hidup sehat dengan cara yang fun dan bisa mendapatkan reward. Tentunya hal ini sangat penting, karena gaya hidup sehat merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga diri di tengah pandemi ini.

    Asuransi melainkan membantu nasabah menerapkan pola hidup sehat dengan cara yang fun dengan berbagai rewards menarik. Saya sendiri pun memastikan untuk menerapkan gaya hidup sehat, seperti olahraga dan makan sehat.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below