Tips Cegah Penuaan Untuk Kamu Yang Ingin Awet Muda


  • Tips Cegah Penuaan Untuk Kamu Yang Ingin Awet Muda
    (tampil awet muda dengan tips di bawah ini.Foto:Dok.JerzyGorecki/pixabay)

    Di masa pandemi seperti saat ini membuat kita terkadang menjadi orang yang mageran alias males gerak. Kita menjadi malas untuk melakukan sesuatu, salah satu contohnya merawat diri. Saat beraktivitas di dalam rumah tidak banyak berinteraksi dengan orang-orang secara langsung, akhirnya membuat diri menjadi malas untuk merawat diri.




    (Baca Juga: 7 Tanaman Herbal Yang Dipercaya Membuat Kulit Awet Muda)


    Padahal merawat diri itu sangatlah penting, terutama agar kita terlihat lebih awet muda dan terhindar dari penuaan. Pastinya pada penasaran dan bertanya-tanya gimana sih caranya biar tetap awet muda? Apalagi untuk ibu-ibu di luar sana yang sudah cukup berumur, pasti rela untuk mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan penampilan yang masih awet muda, bukan? Yuk, langsung intip tips mencegah penuaan dan membuatmu awet muda!


    1. Pola tidur sehat

    tips awet muda

    (tidur yang cukup. Foto:Dok.Claudio_Scott/pixabay)

    Kamu yang ingin mendapatkan kulit sehat dan terlihat awet muda ini, harus menghindari yang namanya bergadang. Bergadang bisa membuat kulit lebih cepat keriput, dan memunculkan kantong hitam pada area bawah mata. Kamu harus memiliki waktu tidur ataupun beristirahat yang cukup.

    Dengan tidur setidaknya 7-9 jam perharinya. Untuk kamu yang sudah mulai berumur, istitrahat sangatlah penting untuk menjadi waktu rechargemu setelah melakukan pekerjaan sehari-hari. Dengan tidur yang cukup, jaringan tubuh dan juga kulit akan meregenerasi dengan lebih baik sehingga mampu mencegah terjadinya kendur pada kulit.

    Posisi tidur yang baik untuk menjaga kulit wajah adalah dengan posisi telentang. Hindari tidur dengan posisi telungkup, karena saat kulit bergesekkan dengan bantal akan membuat kulit lebih cepat keriput dan menua.


    2. Bersihkan wajah secara rutin

    tips awet muda

    (rajin cuci muka. Foto:Dok.liza5450 /istockphoto)

    Selalu bersihkan kulitmu dengan rutin. Kalau kamu melakukan perawatan kulit wajah di luar sana, sudah pasti akan mengeluarkan banyak biaya, bahkan tidak sedikit dari biaya yang dikeluarkan tidak membuahkan hasil yang kamu inginkan.

    Perawatan kulit wajahmu tidak harus mahal untuk bisa mendapatkan kulit yang bagus, kamu hanya perlu membersihkan kulit wajahmu dua kali sehari dan mengaplikasikan pelembab dengan rutin saat berada di dalam rumah.

    Saat beraktivitas jangan lupa untuk menggunakan sunblock dengan kandungan SPF 30 ataupun lebih, agar kulit terlindungi dari paparan sinar UV yang merusak kulit. Kulit akan tetap sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini ataupun masalah kulit lainnya, seperti hiperpigmentasi maupun kanker kulit.


    (Baca Juga:Cara Meningkatkan Kolagen Alami, Bisa Bikin Awet Muda!)


    3. Hindari stres

    tips awet muda

    (menghabiskan waktu bersama orang kesayanganmu. Foto:Dok.StockSnap/pixabay)

    Stres merupakan salah satu pemicu diproduksinya hormon kortisol yang bisa menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Tak hanya bisa membuat terjadinya penuaan dini, kamu yang sering kali menyimpan banyak pemikiran dan tidak menyeselesaikannya ini juga bisa membuatmu kesulitan untuk beristirahat maupun menjaga pola makan sehingga membuat diri menjadi jatuh sakit dan memicu penuaan terjadi. Hindari stres dengan menghabiskan waktu bersama orang kesayangan ataupun melakukan hobimu.


    4. Minum air putih yang cukup

    tips awet muda

    (stay hydrated. Foto:Dok.blackCAT /istockphoto)

    Seperti biasa, air putih adalah sumbernya kesehatan dan solusi penyakit. Tak terkecuali juga untuk penuaan pada kulit juga bisa dicegah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuhmu dengan mengonsumsi air putih sebanyak minimal 8 gelas setiap harinya. Air putih ini mampu melembabkan kulit, mencerahkan, dan menghindarkan kulit dari dehidrasi yang menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut. Tak hanya untuk kulit saja, air putih juga menjadi komponen penting untuk fungsi kerja organ tubuh kita.


    5. Hindari rokok dan minuman keras

    tips awet muda

    (hindari rokok dan minuman keras. Foto:Dok.Vyacheslav Dumchev/istockphoto)

    Rokok dan minuman keras bisa mengurangi produksi kolagen, sehingga hal ini membuat kulit lebih cepat kendur dan keriput. Kebiasaan mengonsumsi rokok dan minuman keras juga menjadi penghambat aliran darah pada kulit sehingga membuat kulit kekurangan nutrisi penting yang harus dimiliki oleh kulit.


    (Baca Juga: Lakukan Perawatan Ini Setiap Hari Agar Area Mata Awet Muda)


    Itulah tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penuaan dan tampil awet muda tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. kunci penting untuk awet muda adalah selalu membahagiakan diri, tersenyum dan juga tertawa. Dengan tersenyum, kamu mampu membuat diri tampil 10 kali lebih muda. Selamat mencoba!


    (Penulis: Ellys Natalia)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below