Lakukan Perawatan Ini Untuk Mengatasi Rambut Tipismu


  • Lakukan Perawatan Ini Untuk Mengatasi Rambut Tipismu
    (rambut tipis. Foto:Dok.Tatiana/istockphoto)

    Rambut tebal dan sehat merupakan impian semua wanita. Rambut memiliki dampak yang besar pada penampilanmu secara kereluruhannya. Maka dari itu, dengan memiliki rambut yang indah juga pastinya membuatmu tampak lebih menarik.


    (Baca juga:4 Gaya Rambut untuk Work From Office Atau WFO)




    Sebagai mahkota dari wanita, rambut tipis menjadi sebuah masalah yang sangat mengganggu penampilan. Faktor stres juga cenderung mengalami kerontokkan dan akhirnya membuat rambut menjadi tipis. Namun, kerontokan rambut antara 50 sampai dengan 100 helai rambut per harinya merupakan hal yang wajar. Dan jika melebihinya, hal ini memiliki dorongan yang membuatnya menjadi mudah lepas dari akarnya.

    Rambut tipis bisa terjadi karena beberapa hal, bisa karena konsumsi obat-obatan, usia yang bertambah, sampo yang tidak cocok, penyakit yang kamu derita, ataupun memang bawaan genetika. Tapi, jika kamu mengalaminya, bukan berarti tidak ada solusinya. Kamu tetap bisa memperbaiki rambut tipismu dengan perawatan-perawatan yang tepat. Untuk mengatasinya, lakukan perawatan ini untuk mengatasi rambut tipismu. 


    1. Mengonsumsi multivitamin

    perawatan untuk rambut tipis

    (konsumsi multivitamin. Foto:Dok.1989_s/istockphoto)


    Kesehatan dirimu juga berpengaruh terhadap kesehatan rambutmu, maka dari itu kamu harus mengonsumsi multivitamin untuk melengkapi nutrisi yang bisa menambah keindahan rambutmu. Konsumsi multivitamin ini harus diikuti dengan konsultasi dokter terkait kebutuhan multivitamin dan dosis yang diperlukan. Tak hanya bergantung pada multivitamin saja, tetapi kamu juga harus menjaga gizi makanan yang kamu konsumsi dan diikuti dengan olahraga untuk memberi kekuatan tubuh untuh tumbuh dan berkembang.


    2. Menggunakan masker rambut

    perawatan untuk rambut tipis

    (mengaplikasikan masker rambut. Foto:Dok.Adam_Lazar/istockphoto)


    Untuk memberi nutrisi tambahan pada rambut, kamu bisa menggunakan masker rambut alami secara rutin. Penggunaan masker ini bermanfaat untuk memperbaiki rambut rusak dan menambah volume rambutmu. Minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak kemiri merupakan bebrapa jenis minyak yang bagus untuk menutrisi dan menumbuhkan rambut. Oleskan secara merata masker rambut alami ini pada rambut, kemudian pijatlah secara ringan selama beberapa saat hingga masker meresap sempurna ke kulit kepala. Tutup rambutmu dengan shower cap dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci rambut hingga bersih dengan sampo. Lakukan masker rambut ini 2 – 3 kali dalam seminggu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


    (Baca juga:12 Cara Menggunakan Hair Mask Yang Benar Agar Rambut Sehat!)


    3. Menggunakan essence penumbuh rambut secara rutin

    perawatan untuk rambut tipis

    (menggunakan essence secara rutin. Foto:Dok.kazmulka/istockphoto)

    Sering kali terdapat beberapa part di rambut yang mengalami penipisan, dan hal ini sangat mengganggu pastinya. Kamu bisa menggunakan essence penumbuh rambut ini pada bagian kepala yang rambutnya tipis. Essence akan membantu perkembangan rambut pada folikel, dan membuat rambut kembali tumbuh dan menjadi lebih lebat. Namun, berhati-hatilah saat menggunakan essence, karena bisa saja terjadi iritasi jika kulit kamu tidak cocok. Saat hal itu terjadi, segera hentikan pemakaian dan langsung konsultasikan ke dokter.


    4. Lindungi kulit kepala dan rambutmu dari paparan sinar matahari langsung

    perawatan untuk rambut tipis

    (melindungi rambut dari sinar matahari. Foto:Dok.JillWellington/pixabay)

    Sinar UVA dan UVB dari matahari bida merusak lapisan luar rambut, dan jika terjadi dalam waktu yang lama tentunya akan berakibat buruk pada rambutmu. Usahakanlah jangan membiarkan rambut dan kulit kepala secara telanjang terkena paparan sinar matahari. Untuk menghindari terpaparnya kepala dan rambutmu dari sinar matahari, kamu bisa melindungi kepalamu dengan topi, hijab, helm ataupun penutup kepala lainnya yang bisa digunakan untuk menghadang sinar matahari ke kepalamu. Jika terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, kulit kepala akan menjadi lebih kering, rambutmu juga akan menjadi lebih rapuh, bercabang dan lebih mudah rusak.


    5. Jangan keseringan memakai alat hair styling

    perawatan untuk rambut tipis

    (jangan sering menggunakan catokan. Foto:Dok.PublicDomainPictures/pixabay)


    Panas dari alat-alat styling rambut seperti hair dryer dan catok ini bisa membuat rambutmu menjadi lebih kering, jika keseringan memanaskan rambut begitu maka akan merusak rambutmu. Tak hanya pada itu saja, styling seperti bleaching dan juga smoothing rambut juga bisa membuat rambutmu menjadi kering, bercabang dan rapuh. Jadi sebisa mungkin, kamu bisa menghindari pemakaian hair styling tool ini.


    (Baca juga:8 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Sehat)


    Itulah perawatan dan juga perlindungan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut tipismu.



    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below