10 Cara Menjadi Fashion Smart Shopper


  • 10 Cara Menjadi Fashion Smart Shopper
    (FOTO: ANDREA PIACQUADIO/ PEXELS)

    Fashion memang tidak pernah ada matinya. Selalu saja begitu banyak godaan untuk selalu berbelanja baik di luar rumah ataupun kalian yang di rumah saja. Her world memberikan tip dan triknya bagaimana Anda bisa menjadi fashion smart shopper karena sebuah hal yang tidak mungkin kalian tidak tergoda untuk membeli fashion item terbaru untuk meningkatkan imun tubuh sekaligus menyenangkan hati kalian.

    Fashion Smart Shopper

    (FOTO: FREESTOCKS.ORG/PEXELS)




    1. Browsing Barang Sale

    Memang cara ini akan banyak memakan waktu kalian, namun semua akan terbayarkan karena barang sale akan selalu ada setiap saat. Baik di website dalam dan luar negeri ataupun di Instagram dan bahkan di website luar negeri yang bisa mengirim barangnya ke Indonesia seperti website www.outnet.com yang merupakan website khusus barang sale dari www.net-a-porter.com yang sepanjang tahun ada saja barang diskon yang menggoda. Tapi jangan terlalu cepat mengambil keputusan karena jika barang yang kalian mau rasanya tidak banyak orang lain yang mau, kalian bisa menunggu sebentar (bisa beberapa bulan) dan pasti diskon akan bertambah, belum lagi diskon spesial untuk para subscriber website belanja tersebut.


    2. Menunggu Big Sale

    Bagi yang belum tahu, setiap tahunnya ada diskon besar-besaran di bulan Juli dan Desember di seluruh dunia.ini berlaku di butik dan online dan biasanya bisa mencapai 80% ataupun special price yang membuat kalian hemat banyak untuk mendapatkan barang impian. Memang disini yang berbicara adalah keberuntungan karena biasanya kalau sudah diskon besar-besaran pasti size sudah tidak lengkap serta setiap butik dan online shopping memiliki koleksi yang berbeda-beda sehingga pastikan kalian kalau belanja online itu memasukkan barang yang kalian incar ke dalam bagian favorite agar Anda bisa memantau terus apakah barang yang kalian incar itu sudah turun harga atau bahkan sudah habis.


    fashion smart shopper

    (FOTO: FREESTOCKS.ORG/PEXELS)


    3. Menunggu Promo Besar-besaran

    Berbeda dengan sale, promo ini biasanya dilakukan oleh department store (luar negeri), online shop atau bahkan dari kartu kredit kalian. Promo kejutan sering sekali terjadi seperti penambahan diskon jika beli dari satu (ini bisa kalian dapatkan dengan mudah asal kalian bisa mengajak teman untuk berbelanja di tempat yang sama jadi kalian tidak perlu membeli dua barang sekaligus). Promo ini juga banyak dilakukan oleh bank dari kartu kredit kalian dengan jenis kartu kredit yang pas dan pastikan jenis kartu kredit kalian sesuai dengan gaya hidup. Sebagai pengguna kartu kredit kalian juga harus lebih bijak dalam memakainya. Bagaimana cara menjadi pengguna yang bijak? Biasanya setiap bank mengeluarkan begitu banyak jenis kartu kredit, tidak ada salahnya kalian memiliki kartu kredit tersebut selama setahun karena biasanya setahun bebas dari biaya tahunan. Begitu memasuki tahun berikutnya kalian harus mereview apakah jenis kartu tersebut banyak promo atau tidak dan sudah sesuai belum dengan lifestyle kalian, jika tidak segera tutup dan cari jenis kartu lain.


    4. Nonton Live Shopping/ Sale di Instagram

    Terus terang ini adalah guilty pleasure dan sebuah trend baru yang terjadi di Instagram. Semendak pandemi, Live IG semakin meraja lela dan banyak akun instagram yang melakukan live shoppimg yang bisa kalian tonton trus dan biasanya setiap live mereka memiliki barang baru yang pasti seru untuk terus dipantau karena kita tidak pernah tahu apakah harga yang ditawarkan dibawah harga pasaran atau ada barang yang sangat langka sehingga kalian tidak mungkin menemukannya di tempat lain dan mungkin ada barang second atau preloved yang dulunya selalu sold out ataupun kamu ingin miliki dahulu tapi terlewatkan.

    Tidak hanya akun Instagram dari para reseller saja namun akun Instragram dari brand dunia juga melakukan hal yang sama sehingga kalian tidak usah harus bersusah payah keluar rumah untuk merasakan seperti berbelanja di butik. Biasanya kalau akun Instagram melakukan live pasti ada saja promo ataupun bahkan giveaway yang seru jadi follow akun-akun brand tersebuat ataupun aku perusahaan yang memegang lisensi brand yang kalian suka.


    5. Reorganized Your Closet (lakukan sendiri!)

    Banyak dirumah artinya banyak waktu yang bisa kalian lakukan disela-sela bekerja juga bisa asal ada kemauan. Saatnya kalian nyicil untuk bongkar isi lemari, ingat-ingat punya apa dan menatanya sesuai dengan keinginan kalian karena biasanya pasti pembantu rumah tangga yang melakukannya. Dengan mengetahui barang apa saja yang kalian miliki maka dijamin kalian akan lebih pintar lagi dengan apa yang ingin kamu beli. Jangan lupa untuk memberikan stiker kecil di setiap bagian yang sudah kamu tata agar kedepannya tidak lagi salah tempat begitu diberesin oleh pembantu rumah tangga kalian. Kalau kamu merasa tidak sanggup membereskan sendiri sebetulnya tidak ada salahnya memiliki beberapa asisten yang membantu ataupun anggota keluarga lain asal pastikan kamu adalah ‘mandor’ dari semua ini. Tidak ada salahnya juga untuk foto barang apa saja yang kalian punya dan menyimpannya di handphone atau laptop kamu dan buat folder khusus bisa per brand atau per kategori tergantung dari preferensi kalian.


    6. Spring Cleaning

    Nah kalau kalian sudah mau memulai menata ulang isi lemari, saatnya sekalian kami melakukan pembersihan barang alias spring cleaning. Lihat lagi barang mana yang ingin kalian singkirkan dan membaginya menjadi beberapa kategori seperti mana yang mau disumbangkan, diberikan ke orang terdekat, dijual di pasar barang second dan mana yang sudah tidak layak sehingga bisa dibuang (ingat kalau membuang barang fashion itu harus dipastikan tidak layak dipakai lagi karena jika tidak, kalian bisa mencari organisasi yang bisa membuat pakaian kalian di daur ulang atau bahkan di upcycle). Ingat istilah one man's trash is another man's treasure.


    7. Menukar Barang lama dengan Barang Baru

    Apa maksudnya menukar disini? Yaitu dengan cara menjual barang kamu yang masih bagus di secondhand market dan kalian bisa mendapatkan uang untuk berbelanja barang yang kalian inginkan, dengan begitu kalian tidak harus merogoh kantung lebih dalam jika ingin barang yang baru karena barang lama kalian sudah tidak kalian inginkan lagi (dan yang pasti kamu punya space extra untuk menyimpan barang baru). Tapi hal ini memang perlu pertimbangan yang sangat berat karena untuk mendapatkan uang dari hasil penjualan barang second itu tidak akan cepat dan besar kecuali barang yang ingin kamu jual adalah barang rare dan masih dalam kondisi baik namun atau tidak pernah dipakai. Di masa seperti ini terkadang kita harus berpikir lebih keras apakah nanti barang yang kita jual akan lebih tinggi lagi harganya atau akan turun, belum lagi apakah trendnya akan kembali dimasa depan serta apakah kalian bisa mendapatkan barang serupa lagi di masa yang akan datang. Jadi hal ini diperlukan pikiran yang sangat matang seperti apa yang Marie Kondo bilang “Does this sparks joy?”.


    8. Bandingkan Harga

    Hal ini memang lebih gampang untuk diucapkan daripada dilakukan. Namun memang untuk menjadi smart shopper kamu butuh waktu dan kesabaran extra untuk mendapatkan barang dengan harga terbaik dan ini bukan hanya berlaku dalam barang fashion tapi lebih ke semua barang atau mencari tiket murah untuk traveling. Bagaimana caranya? Pertama kamu harus menentukan barang apa yang sedang diincar, lalu tanya harga di butik brand tersebut dan seberapa langkanya barang tersebut karena jika langka dan hanya tersedia di butik artinya kalian tidak punya pilihan lain, tapi kamu bisa mencoba peruntungan lewat berbagai banyak online shop diseluruh dunia dan ingat kalau kamu belanja dari online shop luar negeri artinya kamu harus membayar biaya pengiriman serta pajak. Hal yang bisa kamu lakukan juga membandingkan dengan department store luar negeri karena biasanya ada penawaran khusus yang hanya ada di department store tersebut seperti Selfridges London, Saks Fifth Avenue Amerika Serikat dan lainnya sebagainya.


    9. Berteman dengan Sales Person

    Ini juga penting untuk lebih dekat dengan sales person yang biasanya kalian suka belanja di brand atau butik tersebut. Mereka biasanya lebih terpercaya untuk memberikan masukan barang mana yang patut kamu miliki dari mulai barang rare ataupun barang yang memiliki daya jual lebih tinggi sehingga jika bosan kamu bisa jual kembali dengan harga yang tidak terlalu jatuh dan juga sales person bisa memberikan insiders secret tentang barang mana yang tidak akan ada di season berikutnya dan mana yang termasuk the next classic. Ingat kamu harus setia dengan satu orang karena dengan begitu, mereka juga akan memberikan servis lebih kepada kalian. In bukan hanya berlaku pada saat kamu berbelanja di kota kamu tapi berlaku juga pada saat kamu berbelanja di kota liburan favorit apalagi setiap pembelian di butik akan selalu tercatat seluruh dunia sehingga sales person dari luar negeri pun begitu melihat history kamu pasti akan memberikan servis extra.


    fashion smart shopper


    10. The Mantra

    Ini adalah hal yang paling penting. Seperti pada film Confession of a Shopaholic, mantra “Do I need this?” ini sangat penting karena dengan berbicara dengan diri sendiri kamu akan yakin dan bebas dari rasa bersalah jika kamu membelinya atau tidak. Jangan lupa juga dengan cara ‘Sleep on It’ jika keesokan harinya masih kepikiran lebih baik kamu membelinya agar kalian juga terbebas dari rasa bersalah jika barang yang kamu beli adalah impulsive buy. Mungkin akan ada ‘peperangan’ hebat dalam diri kamu tapi paling tidak kamu juga bebas dari rasa bersalah berkepanjangan. Selamat mencoba!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below