Elon Musk Pump Dump Dogecoin?


  • Elon Musk Pump Dump Dogecoin?
    CEO Tesla Elon Musk (Foto: Dok.Tumisu/pixabay)

    Pada awal pertengahan bulan April 2021 yang lalu, Elon Musk umumkan tentang dogecoin yang sedang menyalak di area bulan, namun apakah benar hanya dengan cuitan dari seorang Elon Musk bisa mem-pump ataupun dump drastis harga dogecoin ini?

    crypto coin (Foto: Dok.WorldSpectrum/pixabay)



    Apa kamu pernah mendengar tentang kripto ataupun bitcoin? Mata uang kripto adalah aset digital yang dibuat sebagai sarana pertukaran dengan kriptografinya yang kuat, kriptografi yang kuat ini bisa mengamankan transaksi keuangan, dari verifikasi transfer hingga kontrol penciptaan unit baru, namun mata uang kripto tidak bisa digunakan untuk pembayaran yang sah. Bitcoin ini adalah salah satu mata uang kripto yang mana digunakan untuk melakukan transaksi di internet tanpa perlu melewati bank atau disebut peer-to-peer. Sama seperti bitcoin, dogecoin yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan di twitter karena cuitan dari Elon Musk yang diketahui menyokong dogecoin. Harga dogecoin di awal hanya berada di kisaran US $ 0,00026, namun kini pada tahun 2021 harga dogecoin melonjak naik hingga sempat masuk ke top 4 mata uang kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

    dogecoin (Foto:[email protected]/twitter)

    Dogecoin diciptakan oleh Billy Marcus dan Jackson Palmer pada tahun 2013 yang lalu. kedua insinyur perangkat lunak ini memutuskan untuk membuat branding dengan meme yang sedang viral- viralnya, terlebih lagi koin ini memiliki hal yang unik, dimana desain koinnya memaparkan gambar dari anjing shiba inu yang ikonik dengan memenya. Dogecoin memang berbeda dengan koin-koin lainnya, yang mana koin ini tercipta karena lelucon di internet dan kemudian koin ini juga semakin dikenal lewat donasi amal dan kegiatan sosial yang dilakukan oleh dogecoin dan juga karena beberapa orang terkenal seperti Elon Musk, Snoop Dog, dan pemusik rock Gene Simmon ini angkat bicara terkait dogecoin, akhirnya nilai dogecoin terbang pesat to the moon.


    Keefektifan cuitan dari seorang yang terkenal ini memiliki dampak yang besar sehingga bisa mempengaruhi pasar. Setiap kali jika terdapat cuitan yang mengungkapkan terbang ataupun jatuhnya market, hal yang sama terjadi sesuai dengan cuitan di twitternya. Pada tanggal 14 Mei kemarin, Elon Musk mengirimkan sebuah cuitan yang mengatakan sedang bekerja bersama dengan dogecoin untuk tingkatkan sistem transaksi yang lebih efisien dan juga meningkatkan potensi yang menjanjikan kepada para pemegangnya. Setelah kabar ini ramai di twitter, dogecoin langsung ter-pump hingga 16,97% dalam 24 jam terakhir.



    Namun akhir-akhir ini berita terkait crypto currency tidak berada pada situasi yang baik, naik turun grafik yang terus terjadi secara lambung maupun terjal, membuat goncangan yang cukup besar pada dunia crypto currency. Apa yang menyebabkan ini terjadi? Dilansir dari kompas.com disebutkan bahwa penyebab mata uang kripto yang sedang turun adalah akibat ungkapan dari CEO Tesla, Elon Musk yang ungkapkan bahwa Tesla tidak lagi menerima bitcoin karena penambangan bitcoin yang memerlukan teknologi bertenaga tinggi dan juga algoritmanya yang rumit sehingga berdampak negatif pada lingkungan. dengan ungkapan dari Elon Musk ini, langsung berdampak dumping pada harga bitcoin hingga menghanguskan lebih dari 300 miliar dolar AS.

    bitcoin (Foto: Dok.MichaelWuensch/pixabay)

    Tak hanya karena ungkapan dari CEO Tesla ini, tetapi juga karena China yang melarang perdagangan mata uang kripto di negaranya. Mengutip dari media berita CNBC, ketiga grup industry keuangan yang terdiri dari Asosiasi Keuangan Internet Nasional China, Asosiasi Perbankan China, dan Asosiasi Pembayaran dan Kliring China, ketiga asosiasi ini mengungkapkan bahwa “Baru-baru ini, harga mata uang kripto telah meroket dan anjlok, dan perdagangan spekulatif mata uang kripto telah pulih. Ini secara serius melanggar keamanan properti, mengganggu tatanan ekonomi, dan keuangan secara normal”. Maka dari itu sampai saat ini mata uang kripto masih berada pada situasi yang tidak stabil.

    (Baca juga: Keuntungan Berinvestasi Sejak Dini Yang Patut Diketahui)

    Itulah bukti penyokongan dari Elon Musk ke dogecoin, yang memberikan efek pumping dan juga dumping dari pernyataan-pernyataannya hanya lewat media sosial. Bagaimana pendapatmu terkait dogecoin yang dipengaruhi oleh beberapa orang terkenal tersebut? Masih mau berinvestasi di koin ini?


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below