Solusi Makanan yang Tepat untuk Penderita Diabetes


  • Solusi Makanan yang Tepat untuk Penderita Diabetes
    Solusi Makanan yang Tepat untuk Penderita Diabetes (Foto: Dok.kompas.com/shutterstock)

        Diabetes adalah penyakit dimana kadar gula darah penderita melebih batas kadarnya yang normal dikarenakan tubuh yang tidak bisa lagi menghasilkan hormon insulin yang cukup ataupun saat tubuh tidak lagi menggunakan insulin secara efektif. Penderita diabetes akan kesulitan menjaga kadar gula darahnya karena sudah berkurangnya efektivitas kerja hormon insulin sebagai pengantar gula dari darah ke jaringan, kurang efektifnya hormon ini membuat kadar gula darah menjadi tinggi karena menimbunnya gula pada darah.

        Tentunya saat kadar gula darah tinggi bisa terjadi komplikasi yang tidak diinginkan, seperti sering buang air kecil, sering kehausan, berat badan menurun tanpa alasan yang jelas, mati rasa, terbakar, ataupun kesemutan pada tangan dan kaki. Dilansir dari alodokter, dikatakan bahwa penderita diabetes memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ataupun makanan manis dengan kandungan gula yang tinggi. Makanan-makanan dengan kandungan gula yang tinggi harus dihindari oleh penderita diabetes, maka dari itu Her World memaparkan beberapa solusi makanan apa saja yang tepat untuk membantu penderita diabetes mengurangi kadar gula darahnya.

    1. Sayur-mayur

        Sayur memang sudah menjadi makanan sehat yang umum untuk harus dikonsumsi orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Begitu pula dengan para penderita diabetes harus mengonsumsi sayur mayur dengan kandungan magnesium dan vitamin A. Manfaat mengonsumsi sayur yang memiliki banyak serat dan nutrisi adalah bisa membantu memperlambat kemampuan tubuh untuk ubah karbohidrat menjadi glukosa dan juga membantu mengenyangkan perut sehingga mengurangi asupan makanan yang bisa meninggikan kadar gula darah penderitanya.

    2. Alpukat

        Mengonsumsi alpukat merupakan cara paling nikmat untuk mengurangi kadar gula darah kamu. Alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi, lemak sehat, serat, dan juga mineral, sehingga dengan mengonsumsi alpukat bisa lebih cepat mengenyangkan perut dan penderita diabetes jadi bisa mengurangi kadar gula yang masuk ke dalam tubuh kamu.

    3. Makanan berprotein tinggi

        Makanan yang berprotein tinggi seperti kacang-kacangan, telur omega 3, dan juga ikan, dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan juga bisa mencegah penyakit jantung dengan kandungan lemak pada makanan berprotein tinggi ini.

    4. Cuka Apel

        Cuka apel yang mengandung banyak antioksidan ini bisa dikonsumsi untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Cara mengonsumsinya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan dengan segelas air.

    5. Oatmeal

        Oatmeal memiliki serat yang tinggi dan juga indek glikemik yang rendah sehingga menunjukkan bahwa oatmeal dapat memperlambat perubahan makanan menjadi glukosa di dalam tubuh. Oatmeal seringkali dijadikan sebagai menu untuk para pejuang diet karena terbilang cukup efektif untuk menahan rasa lapar dan tetap sehat tanpa merusak tubuh.

    6. Buah-buahan

        Tak terkecuali buah-buahan juga termasuk makanan yang tepat untuk mengurangi kadar gula darah. Buah-buahan mengandung banyak serat dan air yang bisa menetralkan asupan gula yang lain, seperti fruktosa. Buah-buahan utama untuk mengurangi kadar gula darah terdiri dari, anggur, apel, maupun blueberi.
     

        Tak hanya dengan menjaga makanan saja, penderita diabetes juga bisa mengurangi kadar gula darahnya dengan aktif berolahraga, minum air yang banyak, dan juga mengurangi stress pada pikirannya yang membuat tubuh menjadi sakit. Memang sulit meninggalkan pola makan yang dulu tetapi jika penderita diabetes sudah terbiasa dengan pola makan makanan sehat ini, maka jelas makanan yang tepat akan menjadi solusi bagi penderita diabetes.

    (Penulis: Ellys Natalia)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below