Hair & beauty

Inilah Tanda Kulit Dehidrasi yang Patut Diketahui

By : Her World Indonesia - 2021-04-16 13:00:02 Inilah Tanda Kulit Dehidrasi yang Patut Diketahui

Apakah kulitmu terasa lebih sensitif dan kusam biasanya serta tidak lagi terlihat glowing? Itu bisa jadi kulitmu mengalami dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi kulit kekurangan cairan yang berakibat menurunnya tingkat kelembapan. Bahkan masalah ini bisa menyerang semua jenis kulit, mulai dari kering, berminyak, hingga kombinasi.


Biasanya, kulit dehidrasi akan ditandai oleh beberapa perubahan pada kulit. Diantaranya adalah rasa tidak nyaman di area wajah, tangan dan anggota tubuh lainnya. Kulit akan terasa kencang namun berbeda dengan kulit yang sehat. Bahkan bahayanya kulit bisa mengelupas dan sensitif. Selain itu apa lagi? berikut tanda-tanda kulit dehidrasi. 


(Baca Juga: Inilah Manfaat Kurma yang Baik untuk Kulit)


Kulit tampak kusam

Kulit yang segar dan sehat artinya kulit yang mendapatkan hidrasi yang cukup. Kulit yang terhidrasi akan cerah dan memiliki efek glowing. Salah satu tanda awal yang jelas dari kulit yang dehidrasi adalah kulit yang kusam.

Bahkan tak hanya kusam, kulit yang dehidrasi akan memunculkan kerutan di wajah dan tanda penuaan lainnya.


Kulit bersisik dan kasar


(Kulit menjadi bersisik dan kasar karena kurangnya cairan. Foto: Dok. Karolina/pexels)

Dehidrasi bisa menyebabkan kulit kita menjadi bersisik dan kasar. Bahayanya jika dibiarkan waktu yang lama, bisa mengelupas dan mengakibatkan ketidaknyamanan. Oleh sebabnya, penting untuk mencukupi kebutuhan mineral dari dalam dan luar tubuh.

Kulit kasar seperti ini bisa kamu atasi dengan menggunakan krim pelembap dan juga melindungi diri dari paparan sinar matahari. Dengan cara ini kulit bisa terhidrasi secara maksimal dan terlindungi dari berbagai masalah kulit. 


Kulit terasa nyeri

Dehidrasi berat juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada kulit kita, biasanya akibat faktor lingkungan sekitar, diet, dan kurangnya perawatan. Selain bersisik dan kasar, kulit kita terasa nyeri, gatal, dan pecah-pecah. Pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid bisa membantumu mengatasi ini dan mengembalikan kelembapan kulitmu. 


Garis halus & kerutan

Munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit kerap mengkhawatirkan banyak orang. Bagaimana tidak? Kulit dengan garis halus dan kerutan membuat wajah kita menjadi lebih tua dan tidak kencang. Faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut bisa jadi karena kurangnya asupan makanan yang sehat atau gaya hidup yang kurang sehat. Munculnya garis halus dan kerutan bisa menjadi salah satu tanda bahwa kulitmu dehidrasi.


Kulit berjerawat

Jerawat timbal karena pori-pori kulit tersumbat oleh penumpukan sel kulit mati dan kurangnya cairan pada kulit. Kulit yang dehidrasi akan rentan terhadap jerawat dikarenakan kurangnya cairan pada kulit. 


(Baca Juga: Minuman Kolagen Untuk Kulit)


Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui faktor - faktor yang menyebabkan kulit menjadi dehidrasi: 


1. Faktor emosional

Stres, banyak pikiran, dan kelelahan bisa menyebabkan kulit kita menjadi dehidrasi


2. Faktor lingkungan

Tanda Kulit Dehidrasi


3. Faktor Eksternal

Asap rokok, alkohol.


4. Faktor Kosmetik

Produk kosmetik yang mengandung deterjen atau bahan kimia yang terlalu keras dapat membuat kulit mengelupas dan kering


5. Perawatan medis

Pemakaian obat jerawat yang berlebihan juga bisa menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan kusam.


(Baca Juga: Inilah Buah yang Bisa Atasi Dehidrasi Selama Puasa)


Nah, sekarang kita sudah tahu tanda-tanda dan faktor yang menyebabkan kulit menjadi dehidrasi. Yuk, kita hindari dan jaga kulit kita agar tetap sehat. Namun, jika kamu ingin mengetahuinya lebih lanjut, kamu bisa berkonsultasi ke dokter.


(Penulis: Putri Raiza)

Hair & beauty