Sex & relationship

Alasan Pria Menikah Selingkuh

By : Kiki Riama Priskila - 2021-04-15 10:26:00 Alasan Pria Menikah Selingkuh

Berselingkuh adalah hal yang paling dihindari dalam hubungan berstatus pacaran, apalagi menikah. Namun tak sedikit pria yang masih melakukan hal ini. Bahkan dengan konsekuensi seperti perceraian. Menurut laporan dari Psychology Today, ahli hubungan sekaligus terapis asal Amerika Serikat, Robert Weiss Ph.D., MSW, paparkan alasan pria menikah selingkuh.


1. Kurangnya komitmen

Pemikiran yang kurang dewasa membuat pria tidak memiliki pemahaman yang baik akan komitmen sehingga ia bisa dengan mudah tergoda untuk berselingkuh. Mungkin selama ini ia memang tak punya banyak hubungan yang mengedepankan komitmen sehingga ia juga tidak paham bahwa sikapnya ini punya konsekuensi, seperti menyakiti perasaan pasangan.


(Baca Juga: Penyebab Pria Berubah Setelah Menikah)


2. Punya rasa insecure

Percaya atau tidak, pria yang kurang merasa percaya diri bisa berselingkuh. Hal ini justru dilakukan demi meningkatkan rasa percaya dirinya itu. Ia pun mencari pengakuan dari wanita lain di luar pasangannya untuk merasa diinginkan.


3. Kecanduan

Layaknya memiliki masalah dengan alkohol atau obat terlarang, perselingkuhan juga bisa menjadi candu. Bisa juga jika pria tersebut ternyata punya masalah seperti kecanduan seksual sehingga ia terlibat dalam fantasi dan perilaku seksual yang tak wajar demi menghindari masalah dalam hidupnya.


4. Trauma masa kecil

Ia punya trauma masa kecil yang belum terselesaikan. Trauma tersebut bisa berupa penelantaran atau pelecehan emosional hingga fisik sehingga ia memiliki masalah dengan keterikatan atau keintiman dengan pasangannya saat ini. Ia pun tak bisa berkomitmen dengan satu orang dan melihat perselingkuhan sebagai cara untuk menenangkan diri.


(Baca Juga: Wanita Bisa Selingkuh Dari Suami, Ini Alasannya)


5. Rasa egois

Alasan lain pria menikah selingkuh adalah karena ia punya keegoisan tinggi. Ia hanya memikirkan kepuasan dan kesenangan hatinya sendiri, bukan orang lain. Inilah kenapa ia bisa dengan mudah berbohong dan menyimpan rahasia tanpa merasa menyesal. Apa pun bisa dilakukan selama ia bisa mendapatkan apa yang diinginkan.


Itulah beberapa alasan pria menikah selingkuh. Namun menurut Weiss, masih banyak dinamika lain yang berperan dalam keputusan seorang pria untuk berselingkuh.


Apa pun alasannya, kamulah yang tahu apakah hubungan ini layak dipertahankan atau tidak. Jika kamu memang ingin mempertahankannya, komunikasikan dengan pasangan dan ajak untuk bertemu dengan terapis profesional daripada harus memendamnya di dalam hati.

Sex & relationship