Nyeri Haid? Lakukan Pose Yoga Ini Untuk Meredakan Gejalanya


  • Nyeri Haid? Lakukan Pose Yoga Ini Untuk Meredakan Gejalanya
    Nyeri Haid? Lakukan Pose Yoga Ini untuk Meredakan Gejalanya. (Images: Dok. Cliff Booth/Pexels)

    Apakah kamu sering mengalami nyeri haid pada saat menstruasi? Kamu tidak sendirian, karena banyak wanita yang mengalami hal serupa. Nyeri haid atau disebut dengan dismenore biasanya juga dapat disertai dengan nyeri punggung bagian bawah, sakit kepala, dan kondisi tubuh yang mudah lelah. 


    Akan tetapi, menurut jurnal yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complimentary Medicine, berlatih yoga dapat membantu mengurangi gejala menstruasi. Berikut ini beberapa gerakan yoga yang dinilai cukup efektif untuk membantu meredakan nyeri haid pada saat menstruasi. 




    Gerakan Yoga untuk Meredakan Nyeri Haid


    Bound Angle Pose (Baddha Konasana)

    gerakan yoga

    (Foto: Dok. Yanalya/Freepik)


    Merasakan nyeri haid saat menstruasi tentu sangat tidak menyenangkan, tetapi untungnya, bound angle pose (baddha konasana) bisa membantu. Baddha Konasana atau bound angle pose membuka daerah panggul, sehingga dapat membantu meredakan nyeri haid. 


    Untuk versi yang lebih restoratif, kamu dapat melakukan tikungan ke depan menggunakan guling untuk menopang tubuh, sehingga kamu lebih rileks. Kamu bisa bertahan di pose ini selama beberapa menit, seperti yang biasa dilakukan di kelas restoratif.


    Head to Knee Pose (Janu Sirsasana)

    Gerakan yoga

    (Foto: Dok. Yanalya/Freepik)

    Head to knee pose atau menekuk kepala hingga lutut ke depan dapat mendukung sistem reproduksi dan pencernaan, sehingga dapat mengurangi kecemasan, kelelahan, sakit kepala, kram menstruasi, dan bahkan dapat membantu meredakan depresi ringan.


    Untuk melakukan pose ini, kamu dapat merentangkan kaki kanan dan letakkan telapak tangan kaki kiri di paha bagian dalam kanan. Lalu, pusatkan tubuh di atas kaki kanan dan lipat ke depan.


    Wide Angle Seated Forward Bend (Upavistha Konasana)

    Gerakan yoga

    (Foto: Dok. Elly Fairytale/Pexels)

    Berbicara mengenai pose yoga yang mind-calming, wide angle seated forward bend atau upavistha konasana bisa membantu menstimulasi organ perut, yang pada gilirannya dapat mengurangi kram menstruasi, baik dalam jangka pendek maupun panjang. 


    Reclining Twist - Bharadvaja

    gerakan yoga

    (Foto: Dok. Sunwarrior.com)

    Salah satu pose yoga paling populer untuk mengatasi nyeri haid adalah gerakan berbaring. Mengapa? Karena bisa memberikan rasa yang nyaman dan memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar. Sebagai permulaan, punggung dan pinggul akan mendapatkan peregangan yang baik, ini sangat dibutuhkan jika kamu mengalami rasa sakit dan nyeri akibat menstruasi. Tak hanya itu saja, pose yoga ini juga dapat memberikan rangsangan pada organ pencernaan kamu, karena dapat memicu peredaran aliran darah segar dari pose ini.


    Untuk melakukan pose ini, kamu bisa berbaring telentang dengan menyilangkan lutut sisi kiri atas sisi kanan tubuh kamu. Lalu, rentangkan tangan lebar-lebar, arahkan posisi wajah melihat ke arah kiri. Tahan napas selama beberapa menit (semampunya), dan rasakan tulang belakang berputar dan memanjang. Gunakan otot perut untuk mengembalikan lutut ke posisi semula dan ulangi untuk sisi lainnya


    Reclined Bound Angle - Supta Baddha Konasana

    Gerakan yoga

    (Foto: Dok. Do You Yoga)


    Ketika menstruasi, perubahan suasana hati sangat mungkin terjadi, dan pose reclined bound angle dapat membantu meredakan hal ini. Pada dasarnya, pose reclined bound angle hampir mirip dengan bound angle pose, tetapi di pose ini tubuh kamu akan lebih condong ke belakang, bukan ke depan. 


    Dengan melakukan pose reclined bound angle dapat membantu meredakan gejala PMS, mulai dari kelelahan, insomnia, perubahan suasana hati, sakit kepala, hingga kram perut. 


    Nah, itulah beberapa gerakan yoga yang dapat membantu meredakan gejala menstruasi yang mungkin kamu alami. Tak hanya melakukan gerakan yoga, kamu juga dapat mengompres bagian perut bawah dengan kompres hangat agar nyeri haid bisa egera mereda. 





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below