Jangan Terjebak Dengan Toxic People, Kenali Ciri-Cirinya


  • Jangan Terjebak Dengan Toxic People, Kenali Ciri-Cirinya
    Jangan Terjebak Dengan Toxic People, Kenali Ciri-Cirinya. (Images: Dok. Mododeolhar/Pexels)

    Apakah kamu pernah dengar istilah toxic people? Sesuai dengan namanya, istilah toxic people biasanya merujuk pada seseorang yang “beracun” atau seseorang yang suka merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional dengan cara menyebarkan pemikiran dan sikap negatif ke sekitarnya. Nah, kira-kira apa saja ciri-ciri toxic people? Untuk lebih jelasnya, simak pemaparannya di bawah ini. 


    Toxic people itu manipulatif


    Orang yang tergolong ke dalam kelompok toxic people adalah mereka yang biasanya suka membuat orang lain melakukan apa yang mereka inginkan. Dengan kata lain, toxic people suka memanipulasi orang lain atau keadaan agar mendapatkan apa yang mereka inginkan. 

    Toxic people cenderung akan memaksa orang lain, baik dengan cara halus atau kasar, agar orang lain mengikuti dan menuruti keinginannya. Bahkan, biasanya mereka akan membuat kamu merasa bersalah kepada mereka jika kamu tidak mengikuti kemauannya. 


    Toxic people sulit untuk meminta maaf


    Dikutip dari laman Psychology Today, toxic people adalah orang yang sulit untuk meminta maaf, karena bagi mereka segala sesuatunya selalu merupakan kesalahan orang lain. Dalam banyak kasus, toxic people biasanya akan memposisikan diri mereka sebagai “korban” sehingga mereka tidak merasa perlu untuk minta maaf walaupun sudah jelas-jelas mereka yang salah. 


    Toxic people tidak konsisten


    Orang beracun (toxic people) seringkali menunjukan perilaku yang tidak konsisten, tidak menepati janji atau komitmen yang telah dibuat sebelumnya. Mereka mungkin mengubah perspektif dan perilaku mereka tergantung pada apa yang mereka rasa perlu mereka capai atau apa yang mereka inginkan terjadi.


    Toxic people mungkin membuat kamu membuktikan diri kepada mereka


    Orang beracun (toxic people) mungkin membuat kamu memilih mereka daripada orang lain, atau sesuatu yang mereka inginkan daripada sesuatu yang Anda inginkan. Sederhananya, satu satunya pilihan bagi kamu adalah mereka atau sesuatu yang mereka inginkan. 


    Toxic people adalah conversational narcissist


    (Toxic people tidak akan membuka peluang untukmu berbicara.Foto:Dok.Tim Gouw/Pexels)


    Pernahkah kamu berbicara dengan seseorang yang tidak mengizinkan kamu berbicara? Mereka disebut conversational narcissist. Orang dengan sifat conversational narcissist biasanya suka berbicara tentang diri mereka sendiri, tidak mengajukan pertanyaan apa pun, atau tidak menunggu tanggapan dari kamu atas topik pembicaraan yang sedang dibahas. 

    Dalam sebuah hubungan, orang-orang dengan conversational narcissist pada akhirnya akan menjadi egois dan tidak akan pernah memperhatikan kebutuhan kamu. 


    Emotional abuse


    Toxic people biasanya suka sekali melakukan emotional abuse atau kekerasan emosional kepada orang lain. Misalnya, mengintimidasi, menyalahkan orang lain, atau melanggar privasi orang lain.

    Bahkan, dikutip dari laman Science of People, toxic people juga cenderung menyerap hal-hal positif dari diri kamu atau membuat kamu merasakan emotionally dry. Mereka biasanya akan mengatakan hal-hal yang menyedihkan, negatif, atau pesimis. 


    Toxic people penuh dengan drama


    Orang-orang beracun suka mendramatisir keadaan, karena mereka menginginkan rasa empati, simpati, dan dukungan, tetapi bukan saran dari kamu. 

    Kamu mungkin menawarkan bantuan dan solusi atas masalah yang sedang mereka hadapi, tetapi dalam banyak kasus mereka sepertinya tidak pernah ingin memperbaiki atau menyelesaikan masalah tersebut. Sebaliknya, mereka hanya akan mengeluh dan selalu mengeluh.


    Toxic people suka meremehkan dan merendahkan orang lain


    Ketika toxic people mengetahui pencapaian dalam hidup kamu, biasanya mereka suka menjatuhkan dengan membanding-bandingkan keberhasilan kamu dengan orang lain atau bahkan dirinya sendiri. 

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!