4 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Di Rumah


  • 4 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Di Rumah
    Menggemaskan atau bahkan oleh karena ingin menolongnya, hewan peliharaan memiliki beragam rmanfaat bagi kesehatan kita. (Foto:Dok.Pexels)

    Bagi beberapa orang, memiliki hewan peliharaan bisa sampai dianggap sebagai anggota keluarga sendiri. Berawal dari rasa empati dan kasih ketika menemukannya di pet shop atau bahkan di jalanan, seolah hati terketuk untuk merawat dan memilikinya.


    Entah atas dasar lucu, menggemaskan, atau bahkan kasian dan ingin menolong karena suatu keadaan, hewan peliharaan bisa menjadi teman di kala sepi serta membuat kita bahagia di kala penat. Beragam hewan peliharaan seperti kucing, ikan hias, anjing, burung, ternyata dapat membawa kebaikan untuk kesehatanmu di rumah. Berikut 4 manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah.




    (Baca Juga: Hewan Peliharaan yang Cocok untuk Sepasang Kekasih)


    1. Menghilangkan stres


    (Gemas dan lucu tingkah hewan peliharaanmu dapat menghilangkan stres. Foto: Dok. Sam Lion/Pexels)

    Merawat hewan piaraan sama saja seperti aktivitas menyenangkan untuk mengusir stres. Bermain bersama binatang peliharaan dapat secara langsung menurunkan kortisol sembari meningkatkan kadar hormon serotonin, oksitosin, dan dopamin dalam tubuh. Serotonin, oksitosin, dan dopamin adalah dua hormon yang bertanggung jawab menciptakan rasa senang, bahagia, dan ketenangan (rileksasi) ketika kita dilanda stres atau merasa cemas.


    2. Disiplin waktu dan tanggung jawab

    Mempunyai hewan peliharaan tentunya memberi tanggung jawab baru bagi pemiliknya. Kamu sudah harus terbiasa untuk membagi waktu seperti memberinya makan, membersihkan badannya, menguras habitat/kandangnya atau bahkan mengajaknya bermain ke taman. Bukan hanya itu, kamu akan menjadi seorang yang disiplin waktu karena kamu memiliki tanggung jawab besar dalam setiap harinya untuk dirimu dan juga hewan peliharaanmu.


    3. Aktif bermain di luar rumah


    (Meningkatkan waktu berkualitas bersama dengan aktif bermain ke luar rumah bersama hewan peliharaan kesayanganmu. Foto: Dok. Zen Chung/Pexels)

    Punya hewan peliharaan yang memiliki karakter aktif dan suka bermain, pasti akan memicu kamu untuk ikut andil dalam aktivitas mereka. Banyaknya kegiatan di luar rumah tentunya baik untuk jiwa bersosialisasi bertemu orang baru, bermain lempar tangkap dengan anjing membuat lebih semangat, meningkatkan kadar vitamin D dan E dari sinar matahari pagi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


    (Baca Juga: Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Hewan Peliharaan)


    4. Meningkatkan kerja otak

    Manfaat punya hewan peliharaan ternyata juga ikut mengasah kemampuan otak untuk belajar atau bekerja. Ternyata punya peliharaan di rumah bisa membantu menajamkan fungsi kognitif otak. Fungsi kognitif otak melingkupi kemampuan berpikir, memecahkan masalah, mengingat, memperhatikan, membuat keputusan, hingga berbahasa.


    Itulah 4 manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah. Ternyata ada hal yang bermanfaat untukmu disamping kamu merawat dan mengasihi hewan peliharaanmu, bukankah begitu?


    (Penulis: Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below