Mengenal Tren Kecantikan Clean Beauty


  • Mengenal Tren Kecantikan Clean Beauty
    Alami, natural, eco, organik. Identik dengan tren kecantikan bernama Clean Beauty.(Foto:Dok.Pavel Danilyuk/Pexels)

    Sama halnya dengan konsep pola makan sehat, tren kecantikan clean beauty ini bisa diartikan secara harfiah sebagai perawatan kecantikan dengan bahan-bahan yang tidak beracun. Bermula dari kekhawatiran masyarakat terhadap 'standar' keamanan produk komestik, mulai beredar produk kecantikan dengan segala labelnya: alami, natural, eco, organik, dan yang terbaru dan aman untuk kulit. Tidak berfokus pada penggunaan bahan-bahan yang alami atau herbal saja, namun masih bisa menggunakan teknologi laboratorium. Asalkan, bahan dari produk kecantikan clean beauty ini harus terbebas dari kandungan berbahaya, seperti paraben, sodium lauryl sulfate, triclosan, pewangi, dan pewarna sintetis.


    Pastikan komposisi bahan yang ada pada produk kecantikanmu dan mulailah beralih untuk merawat kulit secara sehat dan anti toxin. (Foto:Dok.Sora Shimazaki/Pexels)



    Berbeda dengan natural beauty yang menggunakan bahan alami sebagai bahan utamanya, clean beauty adalah produk skincare yang mengutamakan keamanan produknya. Sehingga bahan yang digunakan tidak terfokus pada bahan alami maupun sintetis, namun memastikan bahwa bahan yang digunakan adalah bahan yang hanya dibutuhkan untuk kulit, diuji secara klinis. Meskipun kerap diasosiasikan dengan produk natural, alami, atau organik, clean beauty tidak merujuk pada produk tersebut, karena clean beauty lebih mengutamakan keamanan dan kesehatan alih-alih sumber kandungan. Tidak hanya sekadar skincare saja, clean beauty pun juga berlaku untuk makeup. Kamu bisa memulainya dengan lebih jeli membaca dan memahami komposisi bahan (ingredients list) yang tertera pada produk kecantikan, sehingga dapat mengidentifikasi kandungan-kandungan toxin dan menentukan sendiri apakah produk tersebut tergolong aman atau tidak. Perlu diingat, produk perawatan kulit dengan 'label' clean beauty pun tidak akan membuat kulit bercahaya dalam waktu semalam. Sama seperti produk skincare pada umumnya, hasil yang signifikan baru bisa terlihat dengan perawatan intensif selama hitungan bulan.


    Rutin menggunakan produk kecantikan adalah sebuah keharusan untukmu yang ingin merawat kesehatan kulit wajah. (Foto:Dok.Karolina Grabowska/Pexels)

    (baca juga : Mengenal Tren Kecantikan Baru dengan make p:rem)

    Mulailah komitmen dalam merawat diri dengan tren kecantikan satu ini, agar kulitmu bisa terpancar dan sehat dari bahan toxin. Apa kamu sudah cukup mengerti soal clean beauty?



    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below