Ini 5 Pelajaran Hidup Yang Bisa Kamu Ambil Dari Drama Korea


  • Ini 5 Pelajaran Hidup Yang Bisa Kamu Ambil Dari Drama Korea
    (Lima drama Korea yang mengandung pelajaran hidup nan berharga. Foto: Dok. Viu)

    Setuju kan kalau K-drama memberikan impact yang luar biasa pada hidup kita? Tak hanya ditujukan untuk menghibur atau sarana daydreaming, cerita di balik tiap drama Korea menyajikan serangkaian nilai dan moral seputar kehidupan yang sangat berharga.

    Saat sedang terenyuh menyaksikan alur drama, mungkin kamu merasa terdapat sejumlah dialog yang cukup relate dengan keadaan baik tentang keluarga, pertemanan, percintaan, hingga makna hidup sebagai seorang individu. Di sini, her world siap merekomendasikan beberapa K-drama yang bisa membuatmata, hati, dan pikiranmu kian terbuka akan apa yang terjadi dalam hidup ini. Selamat membaca!




    1. Flower Of Evil: Dampak Trauma Masa Kecil


    Drama dengan genre thriller ini mencuri perhatian publik karena menampilkan cerita penuh drama yang menyimpan misteri. Didukung oleh chemistry yang kuat dari Lee Joon Gi (Do Hyun Soo/Baek Hee Sung) dan Moon Chae Won (Cha Ji Won), serial ini semakin menggetarkan hati para penonton saat keduanya beraksi.

    Selain sinematografi dan alur yang dibuat semenarik mungkin, di balik karakter Do Hyun Soo  yang hangat sebagai suami dan ayah, ia ternyata memiliki rahasia yang cukup gelap dan kelam. Tak hanya diam-diam hidup dengan identitas lain sebagai Baek Hee Sung, masa remaja Do Hyun Soo dipenuhi bullying karena nasibnya sebagai anak seorang pembunuh berantai.

    Tumbuh di lingkungan yang tragis, traumanya pun berlangsung hingga dewasa. Hal ini membuat Do Hyun Soo memiliki kepribadian antisosial. Sulit baginya untuk terbuka dan mengekspresikan diri di hadapan orang lain. Pada akhirnya, sosok ini hanya mempertontonkan senyuman dan keadaan yang “baik-baik” saja di hadapan keluarganya. 

    Karakter Cha Ji Won sebagai istri seakan menyembuhkan trauma masa kecil Do Hyun Soo. Meski berprofesi sebagai detektif, ia tak pernah melunturkan kepercayaannya pada sang suami. Namun bukan sembarang percaya dan menutup mata, Cha Ji Won justru berusaha untuk menyelidiki permasalahan hingga akar dan mendukung suaminya hingga akhir.


    2. Go Back Couple: Penyesalan Selalu Datang Terlambat


    Drama 12 episode yang menampilkan Jang Na Ra (Ma Jin Joo) dan Son Ho Jun (Choi Ban Do) ini diadaptasi dari webtoon populer berjudul Do it One More Time karya Hong Seung Pyo. Berkisah tentang pasangan yang memutuskan untuk menikah muda, namun setelah berjalan 10 tahun lebih dan dikaruniai buah hati yang lucu, mereka malah memutuskan untuk bercerai. Setelah itu, mereka terbangun dan kembali menjadi mahasiswa di Hankuk University. 

    Perjalanan waktu ini dijadikan kesempatan keduanya untuk memperbaiki kesalahan di masa lalu dan membuat keputusan yang berbeda. Meski dikemas secara fun dan ringan, penonton  dapat melihat banyaknya penyesalan yang dialami oleh kedua karakter. Keputusan mereka untuk menikah tanpa didasari pikiran yang matang, membuat Ma Jin Joo dan Choi Ban Do tidak sempat menikmati dan memanfaatkan masa muda sebaik mungkin.

    Kesedihan kian terlihat ketika ayah dan ibu Man Jin Joo meninggal. Ia menyesal karena belum  memberikan kasih sayang dan perhatian yang maksimal kepada orang tuanya. Drama ini mengingatkan kita untuk selalu melakukan yang terbaik untuk kedua orang tua selagi masih bisa. Belum lagi perjalanan Ma Jin Joo menemukan kembali sahabatnya hingga menemukan kenyataan yang memilukan.

    Dari Go Back Couple, kita dapat belajar bahwa komunikasi sangatlah penting, baik dengan pasangan, orang tua, hingga sahabat untuk menghindari asumsi secara sepihak. Dengan menyampaikan maksud dan tujuanmu dalam bertindak, orang lain akan lebih memahami diri kita. Begitu pula dengan konsep menjadi pendengar yang baik dan tidak ragu untuk bertanya keadaan satu sama lain.


    3. Love Scene Number: Wanita Dan Polyamory


    Berkisah tentang kisah asmara yang cukup rumit dari empat wanita dengan rentang usia yang berbeda. Diperankan oleh Kim Bo Ra (Nam Doo Ah), Shim Eun Woo (Lee Ha Ram), Ryu Hwa Young (Yoon Ban Ya), dan Park Jin Hee (Jung Chung Kyung), diajak untuk melihat bagaimana para wanita ini bertindak dan seperti pandangan masyarakat akan mereka.

    Salah satu isu sosial seputar perempuan yang diangkat di sini adalah polyamory yang dilakukan oleh Nam Doo Ah. Polyamory berarti memiliki lebih dari satu pasangan, namun berbeda dengan poligami, wanita bisa menjadi polyamorous dan tidak mengharuskan pernikahan sebagai syarat utamanya. Cukup terkejut?

    Nam Doo Ah sendiri merupakan seorang mahasiswi jurusan Ilmu Sosial yang tertarik pada buku Cinta Tanpa Kepemilikan tentang polyamory tanpa memandang gender. Ia berpacaran dengan tiga pria sekaligus karena yakin bahwa ada “kekurangan” dalam sistem pernikahan. Pria pertama merupakan juniornya yang dapat menghiburnya kapan saja. Pria kedua adalah seniornya yang terkenal pintar dan dewasa. Sedangkan pria ketiga terkenal sangat populer, tampan, dan ahli dalam memuaskan wanita. 

    But wait, bukan polyamory-lah yang harus kita petik, namun isu yang happening ini dapat membuka mata kita. Nyatanya, di Korea Selatan semakin banyak orang memilih tetap melajang. Dengan melakukan polyamory, kebutuhan manusia dianggap bisa terpenuhi satu sama lain. So, what do you think?


    4. Cheat On Me, If You Can: Resep Sukses Adalah Totalitas Tanpa Batas


    Kamu dijamin akan terpana melihat aksi Cho Yeo Jeong (Kang Yeo Joo) sebagai seorang novelis sukses dengan karya-karya bernuansa thriller yang selalu memberikan hukuman mengerikan untuk karakter pria yang berselingkuh di dalam novelnya. Menariknya, peran Go Jun (Han Woo Sung) sebagai sang suami dengan gelar “National Husband” adalah seorang pengacara yang menangani kasus perceraian dan ternyata lihai dalam berselingkuh.

    Well, mungkin kamu sudah alergi dengan tema perselingkuhan. Tenang, bukan itu yang akan kita bahas di sini. Poin menarik dalam drama dark comedy ini terletak pada kehebatan proses kreatif yang dilakukan Kang Yeo Joo sebagai penulis fiksi. Ia tidak pernah main-main dalam melakukan riset untuk kepentingan novel yang berujung menjadi karya best-seller.

    Di balik sifat dinginnya, ia selalu berusaha memahami banyak hal secara mendalam guna menghasilkan cerita yang lebih hidup. Contohnya saat pertemuan pertamanya dengan Han Woo Sung yang sedang menjaga sebuah penginapan di Goshiwon, Kang Yeo Joo meminta kamar yang “tidak biasa” untuk ditempati. Di kamar itulah ia berhasil membuat novel bertema pembunuhan dengan perjualan terbaik.

    Sebagian besar drama ini memperlihatkan bagaimana Kang Yeo Joo mencoba berbagai macam karakter untuk menentukan tokoh dalam setiap novelnya. Kita dapat belajar bagaimana pemeran utama menjalani profesinya dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh demi menghadirkan tulisan yang penuh makna. Inilah yang disebut totalitas dalam bekerja!


    5. Hera, The Goddess Of Revenge: Women’s Empowerment


    Serial ini menjadi come back Kim Sa Rang di dunia entertainment sejak 2015. Perjalanan Kang Hae Ra sebagai seorang reporter tidaklah mudah mengingat dirinya juga merupakan tulangg punggung keluarga. Kisah indah pun datang dan ia resmi menikah dengan selebriti papan atas dan sukses menjadi influencer terkenal di Korea Selatan.

    Saat hidupnya mendapat banyak sorotan publik, ada saja pihak yang iri dengan kehidupan Kang Hae Ra yang glamour. Sampai akhirnya, hidupnya berubah 180 derajat akibat skandal palsu karena dijebak oleh seseorang. Seketika, Kang Hae Ra langsung berada di titik terendah dalam hidupnya. Ia pun bertemu dengan Cha Min Joon yang diperankan oleh Yoon Hyun Min, seorang pengacara yang bernasib serupa. Keduanya bersatu untuk melawan orang-orang yang telah memutarbalikkan hidup mereka.

    Sosok Kang Hae Ra mengajarkan kita untuk membela kebenaran. Sebagai seorang wanita, ia digambarkan sebagai pribadi yang tangguh dan mampu bangkit dari keterpurukan. Ia bahkan tak segan memberi pelajaran bagi penguasa yang kerap menghalalkan segala cara demi meraih keinginan mereka. Kaum penuh privilege inilah yang gemar menindas golongan yang lebih lemah.

    Meski terus diterpa cobaan, Kang Hae Ra selalu digambarkan sebagai pribadi tidak pernah putus asa. Walau ada momen di mana dirinya mengalami kesedihan dan kekecewaan yang mendalam, ia selalu berdiri dan memikirkan cara untuk memperjuangkan keadilan dan juga haknya. Drama ini mengangkat pesona wanita sebagai sosok yang kuat baik dari luar maupun dalam. Go woman!


    Oops, belum sempat nonton kelima drama di atas? Segera saksikan baik di aplikasi premium atau website Viu untuk pengalaman luar biasa melalui berbagai perangkat mulai dari handphone, tablet, atau desktop sesuai seleramu. Di layanan streaming bergengsi ini, kamu juga bisa nonton Top 10 K-dramas pilihan her world lainnya seperti The Penthouse, Alice, Mother, Once Again, dan Because This is My First Life untuk mengenal lebih banyak life lessons yang juga dapat mewarnai harimu.


    (Foto: Dok. Viu)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below