15 Tradisi Valentine yang Paling Unik dari Berbagai Negara


  • 15 Tradisi Valentine yang Paling Unik dari Berbagai Negara
    Tradisi merayakan hari Valentine dari berbagai negara berikut bisa dijadikan inspirasi (Foto:cottonbro/Pexels)

    Tidak terasa hari kasih sayang atau yang lebih dikenal sebagai hari Valentine sebentar lagi akan tiba. Dari tahun ke tahun, perayaan hari Valentine identik dengan cokelat, bunga, dan kencan makan malam romantis. Namun ternyata mengungkapkan kasih sayang di hari Valentine tidak melulu harus terbatas pada ketiga hal tersebut. 

    Di beberapa belahan dunia, perayaan hari Valentine pun sudah bergeser menjadi tradisi unik yang terus dilakukan setiap tahunnya. Tidak hanya berkaitan dengan cinta terhadap pasangan atau romansa khusus, berbagai perayaan unik ini tak jarang melibatkan semua kalangan.

    Meski berasal dari benua Eropa, tepatnya kota Roma, hari Valentine tentu saja memiliki tempat tersendiri bagi warga di seluruh dunia. Mari simak uniknya tradisi perayaan Valentine dari berbagai penjuru dunia!




    1. Argentina 

    Di Argentina, hari Valentine tidak dirayakan di bulan Februari. Sebagai gantinya, penduduk Argentina merayakan "the week of sweetness" di bulan Juli. Perayaan di bulan Juli tersebut dipenuhi suasana romantis, dan para pasangan yang penuh cinta pun saling bertukar kado juga bersikap romantis terhadap satu sama lain. 

    Uniknya, perayaan di bulan Juli ini awalnya adalah sebuah kampanye komersial yang sangat sukses dan kemudian menjadi tradisi hari kasih sayang setiap tahun.


    2. Korea Selatan

    Pasangan romantis di Korea Selatan merayakan hari kasih sayang di tanggal 14 setiap bulan. Ya, kamu tidak salah baca, hari kasih sayang di Korea Selatan tidak hanya di bulan Februari saja, melainkan menjadi tradisi yang dirayakan hampir sepanjang tahun. Romantis, bukan?

    "The day of roses" dirayakan di bulan Mei, "The day of kisses" dirayakan di bulan Juni, dan "The day of hugs" dirayakan di bulan Desember. Uniknya lagi, perayaan khusus bagi para warga yang lajang dinamai "The black day" di bulan April, dan biasanya mereka akan menikmati black noodles atau jjajangmyeon di hari tersebut.


    3. Denmark

    Meskipun hari Valentine tergolong perayaan baru di Denmark (negara ini baru saja mulai merayakannya di tahun '90-an), tetapi negara ini telah menciptakan tradisi hari kasih sayang dengan ciri khas tersendiri. Alih-alih bertukar bunga mawar, pasangan kekasih di negara ini bertukar sebuah bunga berwarna putih yang bernama snowdrops.

    Tradisi populer lainnya di hari Valentine adalah bertukar lover's card, yaitu sebuah kartu transparan yang menunjukkan foto si pemberi kartu menawarkan hadiah bagi orang tersayang. Meskipun demikian, istilah lover's card sekarang sudah melebar ke semua kegiatan bertukar kartu di hari Valentine.


    4. Slovenia

    Di negara ini, St. Valentine dipercaya sebagai pelindung suci musim semi. Terdapat sebuah kepercayaan bahwa di tanggal 14 Februari, tanaman mulai beregenerasi untuk menandai hari pertama bekerja di ladang sepanjang tahun.

    Ada pula kepercayaan populer bahwa para burung melamar satu sama lain di hari tersebut. Untuk menyaksikannya, kamu harus berjalan tanpa alas kaki melintasi lapangan yang biasanya masih beku.


    5. Prancis

    Sebagai pemilik reputasi salah satu negara paling romantis di dunia, tentu saja Prancis memiliki tradisi khusus untuk merayakan hari Valentine. Di tahun 1415, Charles, Duke of Orleans, mengirimkan surat cinta kepada istrinya dari penjara. Surat tersebut dipercaya menjadi asal muasal kartu Valentine. Hingga kini, kartu Valentine masih menjadi tradisi yang kuat di Prancis.

    Tradisi hari kasih sayang lain di Prancis adalah loterie d'amour, atau "drawing for love". Laki-laki dan perempuan akan mendatangi rumah yang berhadapan, dan bergantian saling memanggil dan berpasangan. Jika sang laki-laki tidak puas dengan pasangan yang ia dapatkan, dia dapat mencari lagi dan perempuan yang tidak memiliki pasangan akan berkumpul di sekitar api unggun setelah perayaan usai.


    6. Filipina

    Di Filipina, hari Valentine menjadi waktu yang sering dipilih para pasangan muda untuk menikah. Acara pernikahan tersebut biasanya tergabung dalam sebuah program yang disponsori pemerintah, sebagai bentuk pelayanan publik.

    Perayaan ini merupakan salah satu yang paling unik dan biasanya diikuti oleh banyak pasangan muda di negara tersebut.


    7. China

    Di daerah Miao, ada sebua acara bernama "Sister's Meal" yang dirayakan setiap tanggah 15 Maret. Saat perayaan tersebut, para perempuan mengenakan aksesori perak dan gaun indah, yang menjadikan acara ini sebagai salah satu tradisi Valentine terbaik di dunia.

    Mereka memasak berbagai hidangan nasi yang ditawarkan kepada para laki-laki yang lewat di jalan. Takdir percintaan pun dipercaya ditemukan pada benda yang diselipkan di bungkusan nasi yang dipilih. Dua sumpit memiliki makna cinta dan satu siung bawang putih menandakan bahwa cinta usai sebelum dimulai.


    8. Rumania

    Jika kamu mencari perayaan hari Valentine yang sangat romantis dan tidak biasa, maka penduduk Rumania tidak akan mengecewakan kamu. Hari kasih sayang tersebut dirayakan pada tanggal 24 Februari dan dikenal sebagai hari pasangan muda bertunangan.

    Perayaan hari kasih sayang di Rumania layaknya perpaduan Valentine dan selebrasi musim semi. Laki-laki dan perempuan muda pergi ke hutan untuk memetik bunga segar, sedangkan pasangan lain mencuci wajah dengan salju sebagai tanda peruntungan yang baik.


    9. Republik Ceko

    Di Republik Ceko, hari kasih sayang menjadi sangat populer di kalangan anak muda. Festival tersebut namun tak dirayakan di bulan Februari, melainkan jatuh di tanggal 1 Mei. 

    Pada hari tersebut, pasangan muda akan melakukan perjalanan ke patung seorang penyair bernama Karol Hynek Macha, dan berciuman di bawah pohon ceri demi mendapatkan peruntungan yang baik.


    10. Inggris

    Menjelang hari Valentine, perempuan di Inggris biasanya meletakkan bay leaves atau daun salam di bawah bantal mereka, masing-masing satu di setiap sudut dan satu di tengah. Kebiasaan ini dipercaya dapat membuat mereka memimpikan suami masa depannya.

    Di Norfolk, ada sebuah karakter yang dijuluki Jack Valentine. Ia seperti Sinterklas, namun khusus untuk hari Valentine. Anak-anak menunggu Jack Valentine mengetuk pintu mereka, dan menikmati permen yang diberikan oleh sang karakter kesayangan tersebut.


    11. Italia

    Dulunya, orang Italia merayakan hari Valentine sebagai festival musim semi. Para anak muda berkumpul di taman dan menikmati pembacaan puisi serta musik sebelum berjalan-jalan bersama pasangan yang mereka cintai. 

    Tradisi lainnya adalah perempuan muda yang belum menikah harus bagun sebelum subuh untuk menemukan suami masa depan mereka. Kepercayaannya adalah lelaki yang pertama kali dilihat seorang perempuan di hari Valentine akan menikahinya dalam kurun waktu satu tahun.


    12. Brasil

    Di Brasil, hari Valentine juga tak dirayakan di tanggal 14 Februari. Penduduk Brasil merayakan hari kasih sayang melalui festival "Dia dos Namorados" atau "Lover's Day" yang jatuh pada tanggal 12 Juni setiap tahunnya. 

    Di festival ini pun banyak keseruan yang romantis, mulai dari bertukar cokelat, kartu, dan bunga, hingga menikmati pertunjukan bersama orang terkasih.


    13. Afrika Selatan

    Layaknya sebagian besar dunia, Afrika Selatan merayakan hari Valentine dengan mengadakan festival, memberikan bunga, atau bentuk cinta lainnya terhadap orang terkasih.

    Merupakan hal yang lumrah juga bagi perempuan di Afrika Selatan untuk menyematkan nama orang yang mereka sukai di lengan baju mereka. Tradisi ini dikenal sebagai Lupercalia. Di hari Valentine, banyak laki-laki yang mengetahui siapa pengagum rahasia mereka karena tradisi ini.


    14. Estonia

    Pada tanggal 14 Februari, Estonia merayakan hari persahabatan yang dikenal sebagai Sobrapaev. Festival ini mengajak semua untuk bergabung, mulai dari mereka yang berpasangan hingga mereka yang lajang.

    Tak hanya pasangan, anggota keluarga dan teman juga bertukar kado dan merayakan cinta.


    15. Bulgaria

    Di Bulgaria, tanggal 14 Februari dikenal sebagai day of winemakers. Pasangan muda dan tua merayakan cinta mereka dengan menikmati segelah anggur buatan lokal.


    Itu adalah beberapa negara yang memiliki perayaan hari Valentine unik. Menurut kamu, negara mana yang paling menarik untuk dikunjungi bersama pasangan di hari Valentine?




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below