Baru Tamat, Ini 5 Fakta Menarik Web Drama Shadow Beauty


  • Baru Tamat, Ini 5 Fakta Menarik Web Drama Shadow Beauty
    Fakta menarik web drama Shadow Beauty. (Foto: Dok. Kakao TV/Instagram)

    Jadi sorotan penggemar K-drama di seluruh dunia, web drama bertajuk Shadow Beauty resmi menayangkan episode terakhirnya pada Rabu (29/12) ini sukses besar secara global. Bisa ditonton di platform streaming WeTV dan Kakao TV, web drama Shadow Beauty yang berjumlah 13 episode saja hanya memiliki durasi 20 menit setiap episodenya. Jalan cerita tidak bertele-tele membuat web drama Shadow Beauty layak untuk ditonton!


    (Baca juga : 4 Fakta Menarik Seputar Drama Korea The Penthouse)




    Web drama Shadow Beauty sendiri berfokus pada seorang siswi SMA bernama Goo Ae Jin (Shim Dal Gi) yang penyendiri dan kerap jadi sasaran perundungan oleh teman-temannya. Namun di balik parasnya yang lugu, para pem-bully Goo Ae Jin tidak tahu jika ia merupakan seorang bintang Instagram sekaligus influencer terkenal dengan nama Genie.




    Menyoroti kehidupan ganda seorang korban bullying di sekolah, simak deretan fakta menarik drama Shadow Beauty sebelum kamu menontonnya. Penggemar K-drama wajib tahu!


    1. Diadaptasi dari Webtoon

    Shadow Beauty

    (Web drama Shadow Beauty diadaptasi dari Webtoon. Foto: Dok. Mydramalist)


    Tidak sedikit drama Korea Selatan yang diadaptasi dari cerita komik Webtoon. Salah satunya adalah Shadow Beauty. Dengan judul asli dalam bahasa Korea Geurimja Minyeo, Webtoon ini merupakan karya seseorang komikus bernama A Heum yang pertama kali rilis pada tahun 2017 silam.

    Tiga tahun menghadirkan cerita tentang siswi SMA yang memiliki kehidupan ganda, webtoon Shadow Beauty baru ditamatkan oleh sang penulis pada 31 Mei tahun 2020. Tepat satu tahun setelahnya, Shadow Beauty kemudian diadaptasi menjadi serial website karena menarik banyak perhatian khususnya anak muda.


    2. Beberapa adegan drama yang dibuat berbeda dari versi Webtoon

    Shadow Beauty

    (Beberapa adegan Webtoon Shadow Beauty dibuat berbeda versi drama. Foto: Dok. Kakao TV/Instagram)


    Meski adaptasi dari karya Webtoon, bukan berarti seluruh adegan yang digambarkan oleh A Heum dituangkan dalam drama begitu saja. Terkadang ada beberapa adegan di Webtoon yang dianggap tidak pantas untuk ditampilkan, kemudian dirubah dengan adegan baru tetapi masih mempunyai benang merah.

    Seperti adegan perundungan yang dilakukan Yang Ha Neul pada Goo Ae Jin. Jika versi Webtoon Yang Ha Neul menginjak dan sengaja menyibak rok Goo Ae Jin untuk mempermalukannya dengan alasan agar Goo Ae Jin memuji kecantikannya, dalam versi drama Yang Ha Neul juga melakukan perundungan yang sama pada Goo Ae Jin tapi dengan alasan berbeda.


    (Baca juga : Fakta Menarik Drama Korea My Roomate is A Gumiho)


    3. Angkat isu sosial bullying di kalangan remaja

    Shadow Beauty

    (Web drama Shadow Beauty mengangkat isu sosial bullying sebagai topik utama. Foto: Dok. Kakao TV/Instagram)


    Bullying atau perundungan merupakan sesuatu yang wajib diberantas. Apalagi dari jaman dahulu, para remaja terkenal sering melakukan bullying pada temannya di sekolah. Mengangkat isu bullying, web drama Shadow Beauty dianggap begitu relate dengan cerita sebagian orang tentang pengalaman tidak menyenangkan mereka ketika dirundung di sekolah.

    Jika dilihat dari sudut pandang Goo Ae Jin sebagai karakter utama, bisa disimpulkan penyebab ia selalu jadi korban bullying karena dirinya yang dianggap tidak sesuai dengan standar kecantikan, tidak populer, kuno, dan penyendiri. Sisi negatifnya tidak patut untuk ditiru, Shadow Beauty juga mengajarkan kita arti mencintai diri sendiri tanpa harus berpura-pura menjadi orang lain.


    4. Menyoroti dampak psikologis dari bullying

    Shadow Beauty

    (Selain itu, web drama Shadow Beauty juga menyoroti isu kesehatan mental. Foto: Dok. Kakao TV/Instagram)


    Selain jalan ceritanya yang bikin penonton geram sendiri dibeberapa adegan, web drama Shadow Beauty juga menarik untuk dibahas lewat sudut pandang psikolog. Jika diperhatikan dengan seksama, penggambaran kondisi psikologis karakter utama Goo Ae Jin (Shim Dal Gi) akibat bullying cukup intens.

    Goo Ae Jin jadi seseorang yang pemurung dan mudah tersulut emosi serta meluapkan kemarahannya ketika berada di rumah. Selain itu, web drama Shadow Beauty juga dianggap berani menyoroti sisi gelap psikologis seorang remaja yang memiliki gejala depresi, emosi tidak stabil, PTSD, sampai keinginan untuk bunuh diri.


    5. Menggandeng sederet idol Kpop

    Shadow Beauty

    (Para pemain web drama Shadow Beauty didominasi idol Kpop muda ternama. Foto: Dok. Kakao TV/Instagram)


    Bukan rahasia lagi, jika idol Kpop tidak hanya dilatih agar bisa bernyanyi dan menari saja, tetapi untuk mengikuti kelas akting pun wajib mereka lakukan. Dalam web drama Shadow Beauty, pihak produksi menggandeng Golden Child Choi Bo Min yang memainkan peran sebagai Kim Ho In.

    Selain itu, ada juga Yang Hong Seok dari Pentagon yang dipercaya untuk memerankan sosok Lee Jin Sung. Sedangkan untuk pemain utama wanitanya, adapula sosok cantik dan berbakat Nakyung dari Fromis_9 yang berperan menjadi Sun Mi Jin. 


    (Baca juga : 7 Fakta Menarik Dari Drama Korea Jirisan, Sudah Tayang Lho!)


    Dikemas begitu sederhana dengan sinematografi yang terkesan dramatis, itulah beberapa fakta menarik web drama Shadow Beauty. Tertarik untuk menonton?



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below