7 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Menggunakan Bahan Alami


  • 7 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Menggunakan Bahan Alami
    Cara mengobati radang tenggorokan dengan bahan-bahan alami. (Foto: Dok. Cup of Couple/Pexels)

    Sering disebut dengan istilah panas dalam, penyakit radang tenggorokan merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada bagian tenggorokan (faring) karena disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Radang tenggorokan sendiri biasanya akan menimbulkan efek tidak nyaman seperti rasa gatal, kering, perih, hingga dapat membuat seseorang sulit menelan makanan atau minuman yang ingin dikonsumsi.


    Untuk mengobati penyakit radang tenggorokan, langkah sederhana yang biasa dilakukan orang-orang adalah mengonsumsi produk minuman herbal berbentuk bubuk atau tablet yang dilarutkan bersama air putih dingin. Tetapi tidak sedikit pula, mereka yang mengandalkan pengobatan tradisional menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati radang tenggorokan yang menyakitkan.




    (Baca juga : 13 Jamu Kekinian Yang Jadi Tren Minuman Saat Ini)


    Dari racikan minuman jahe hingga makan bawang putih, inilah deretan cara mengobati radang tenggorokan dengan bahan-bahan alami.


    1. Minuman hangat madu dan lemon

    Minuman herbal alami yang dapat meredakan radang tenggorokan terampuh yang wajib dicoba adalah madu dan lemon. Bersifat anti jamur dan anti virus yang baik, madu sangat direkomendasikan para tenaga ahli kesehatan untuk mengobati radang tenggorokan.

    Sedangkan lemon dengan kandungan yang kaya akan vitamin C itu membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, sehingga dapat memberi kekuatan untuk melawan bakteri penyebab radang tenggorokan. Cara meraciknya cukup mudah, sediakan satu gelas air putih hangat, lalu campurkan 3 sendok makan madu asli dan peraskan sari lemon ke dalamnya. Aduk hingga jadi satu, kemudian minum minuman herbal ini 2 kali sehari agar cepat sembuh.


    2. Jahe hangat

    Cara mengobati radang tenggorokan

    (Cara mengobati radang tenggorokan dapat dilakukan dengan mengonsumsi jahe hangat. Foto: Dok. Maria Tyutina/Pexels)


    Minuman primadona yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, jahe hangat dianggap efektif mengobati radang tenggorokan. Mempunyai efek anti peradangan, maka dari itu minuman jahe hangat dapat meminimalisir rasa perih dan gatal yang timbul akibat radang tenggorokan.

    Cara membuat jahe hangat yang mudah sekali di rumah, kamu hanya perlu memarut jahe hingga mendapat takaran 2 sendok makan. Setelah itu parutan jahe tersebut campurkan dengan segelas air hangat. Diam minuman selama 3 menit, kemudian baru bisa dikonsumsi seperti biasa.

    Jika ingin memberikan rasa manis, jangan tambahkan gula ke dalamnya. Tambahkan madu agar minuman herbal satu ini semakin efektif mengobati radang tenggorokan.


    3. Teh peppermint

    Peppermint mengandung mentol yang memiliki sifat mendinginkan dan menenangkan radang tenggorokan. Teh herbal dengan banyak manfaat menjaga kesehatan tubuh, minuman teh peppermint yang hangat bisa dikonsumsi 2 jam sebelum tidur agar kandungannya bekerja lebih baik di malam hari. Teh peppermint sendiri juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan mengobati hidung tersumbat ketika flu menyerang.


    4. Jus delima

    Cara mengobati radang tenggorokan

    (Cara mengobati radang tenggorokan dapat dilakukan dengan mengonsumsi jus delima dingin. Foto: Dok. /Pexels)


    Kaya akan kandungan anti inflamasi yang bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab radang tenggorokan, jus delima bisa dikonsumsi 2 kali dalam sehari untuk meredakan rasa sakit ketika menelan makanan. Dianjurkan untuk minum jus delima dalam keadaan dingin, penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi dalam jus delima dapat menangkal infeksi dan mengurangi peradangan.


    (Baca juga : 7 Resep Teh Indonesia Yang Mudah Dibuat dan Sehat)


    5. Buah pisang

    Si kuning yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan ini kerap dikonsumsi untuk mengobati radang tenggorokan. Memiliki tekstur daging buah yang lembut dan mudah ditelan, buah pisang juga kaya akan vitamin B untuk menambah energi serta vitamin C untuk membantu tubuh melawan bakteri penyebab radang tenggorokan.

    Hanya dengan mengonsumsi buah pisang seperti biasa, maka penyakit radang tenggorokan akan terobati secara alami. Perbanyak makan pisang merupakan pilihan terbaik ketika sedang mengalami radang tenggorokan.


    6. Yogurt

    Cara mengobati radang tenggorokan

    (Mengonsumsi yogurt merupakan salah satu cara mengobati radang tenggorokan. Foto: Dok. Daria Shevtsova/Pexels)


    Teksturnya yang kental dan mudah ditelan membuat yogurt menjadi makanan paling dianjurkan untuk dikonsumsi saat radang tenggorokan menyerang. Bakteri baik yang terkandung dalam yogurt asam berpotensi menurunkan tingkat infeksi pernapasan, meredakan peradangan, dan sakit telinga.

    Mencegah kuman berbahaya masuk ke dalam tubuh, konsumsilah yogurt dalam keadaan dingin supaya radang pada tenggorokan lebih sedikit tenang.


    7. Bawang putih

    Bawang putih memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mengobati infeksi bakteri dan meredakan radang tenggorokan. Meski cara mengobati radang tenggorokan dengan makan bawang putih mentah dihindari banyak orang, namun bawang putih termasuk bumbu dapur yang efektif membasmi bakteri jahat penyebab radang.

    Caranya mudah, kamu ambil satu siung bawang putih, celupkan ke minyak zaitun atau madu lalu kunyah sampai halus kemudian langung telan sampai melewati peradangan di tenggorokan. Gampang sekali bukan?


    (Baca juga : Jenis-Jenis Jamu dan Manfaatnya)


    Itulah beberapa cara mengobati radang tenggorokan dengan mengonsumsi bahan-bahan alami. Dapat ditemukan dengan mudah, semoga radang tenggorokanmu cepat sembuh ya.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below