8 Tanaman Pengusir Ular Yang Cocok Ditanam Di Area Rumah


  • 8 Tanaman Pengusir Ular Yang Cocok Ditanam Di Area Rumah
    Salah satu tanaman pengusir ular paling efektif adalah kaktus. (Foto: Dok. Do Hoang/Pexels)

    Hadirnya tanaman hias di halaman rumah tentu saja sebagai penyejuk udara dan penambah kesan segar pada bangunan tempat tinggal. Tapi tahukah kamu? Jika tanaman juga dapat berperan penting dalam mengusir ular. Adapun beberapa jenis tanaman pengusir ular seperti kaktus, yang dapat berguna untuk menghalangi jalan masuknya ular ke dalam rumah.


    (Baca Juga: Tanaman Hias yang Cocok Jadi Pengharum Ruangan)




    Bukan tanpa alasan kaktus banyak dipilih sebagai tanaman pengusir ular terbaik. Pasalnya, duri-duri tajam pada kaktus membuat kulit ular terasa perih ketika berusaha menyelinap. Perawatannya mudah dan dapat tumbuh dengan baik meski tidak terkena sinar matahari langsung, alangkah bagusnya jika kamu memilih kaktus jenis Spesies Opuntia di area sudut rumah karena ukurannya yang cukup besar.


    Selain tanaman kaktus, simak deretan rekomendasi tanaman pengusir ular yang wajib ada di halaman depan rumahmu.


    1. Lidah mertua

    Tanaman pengusir ular

    (Tanaman hias lidah mertua dapat dijadikan sebagai tanaman pengusir ular. Foto: Dok. Terapot Home/Instagram)


    Dalam perawatannya, lidah mertua termasuk salah satu tanaman hias yang mudah dalam perawatannya. Tanaman pengusir ular lidah mertua juga tidak perlu disiram setiap hari agar tetap terawat,

    Cukup ampuh mencegah ular menyelinap masuk ke dalam rumah, bentuk daunnya yang memanjang tajam menjadi faktor binatang buas tersebut enggan menunjukan diri. Kamu sudah menata tanaman hias lidah mertua di dalam rumah untuk mengusir ular belum?


    2. Serai

    Tanaman pengusir ular

    (Selain jadi andalan dalam mencegah gigitan nyamuk, tanaman serai juga jadi tanaman pengusir ular paling ampuh. Foto: Dok. Unik Garden & Beyond/Instagram)


    Kamu pasti sudah familier dengan minyak serai bukan? Sering dibalur ke tubuh untuk mencegah gigitan nyamuk, tanaman serai juga mempunyai manfaat baik untuk mengusir ular.

    Tanaman serai sendiri memiliki bau menyengat yang khas, sehingga membuat ular tidak mau mendekat ke dalam area rumah. Selain itu, ular berbahaya jenis kobra bahkan benci bau menyengat yang dikeluarkan oleh tanaman serai.


    3. Kecubung pendek

    Tanaman pengusir ular kecubung pendek juga terkenal dengan nama lain jimsonweed. Mengandung alkaloid tropane dengan efek halusinogen, kecubung pendek kerap dipandang negatif karena daunnya yang sering disalah gunakan.

    Meskipun begitu, kecubung pendek dianggap bermanfaat sebagai tanaman pengusir ular. Sebab tanaman kecubung pendek dapat menghasilkan bau busuk dan pahit, sehingga ular pun tidak ingin memasuki area dalam rumah.


    4. Sambiloto

    Banyak ditemukan di daerah Asia dan India, tanaman sambiloto selalu jadi primadona dalam dunia kesehatan. Memiliki segudang manfaat untuk pengobatan tradisional, sambiloto juga mendapat gelar sebagai salah satu tanaman pengusir ular terbaik.

    Selain daunnya dapat mengobati beragam penyakit, tanaman sambiloto ampuh membuat ular tak ingin datang berkunjung ke rumahmu. Pasalnya, tanaman sambiloto yang mempunyai daun dan akar begitu pahit membuat sisik ular menjadi bengkak seketika saat menyentuhnya.


    (Baca Juga: 5 Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Pemula)


    5. Bawang merah dan bawang putih

    Bukan hanya sekadar bumbu tambahan penyedap rasa pada makanan, tanaman bawang merah dan bawang putih berkhasiat mengusir ular yang ingin mendekat. Seperti yang kita tahu bahwa tanaman pengusir ular satu ini mempunyai bau menyengat khas yang begitu dibenci oleh ular.

    Dengan menanam tanaman bawang merah dan bawang putih di rumah, kamu tidak hanya dapat menikmati hasil panennya saja, tetapi rumah pun aman dari serangan ular. Coba budidaya tanaman bawang mulai besok, yuk.


    6. Marigold

    Tanaman pengusir ular

    (Memiliki warna bunga yang cantik, marigold juga bermanfaat sebagai tanaman pengusir ular. Foto: Dok. GM Rajib/Pexels)


    Tidak jauh berbeda seperti tanaman serai dan bawang, marigold juga dinobatkan sebagai tanaman pengusir ular terbaik yang cocok ditanam di area halaman rumah. Mempunyai warna-warna cantik untuk memperindah suasana rumah, marigold dapat mengeluarkan bau yang kuat pada penciuman ular supaya mencegah bersarangnya mereka di dalam rumah.


    7. Agapanthus

    Memiliki bunga cantik dengan warna yang indah, agapanthus cocok dipelihara di kebun rumah karena merupakan tanaman pengusir ular terbaik. Bermanfaat mengobati penyakit sinus pada manusia, tanaman pengusir ular agapanthus bisa menyebarkan bau menyengat yang kuat sehingga ular pun enggan mendekat.


    8. Mugwort

    Termasuk tanaman hias yang cepat tumbuh dan tidak mudah layu, mugwort efektif dipelihara sebagai tanaman pengusir ular di rumah. Memiliki sifat tinggi insektisida, maka dari itu ular akan pergi menjauh dengan sendirinya ketika melihat tanaman mugwort.


    (Baca Juga : Inspirasi Tanaman Hias untuk Pesta Pernikahan)


    Selain bermanfaat mempercantik rumah, inilah beberapa daftar tanaman pengusir ular terampuh yang bisa kamu budidayakan di sekitar area rumah.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

DIY: 3 Ramuan Alami Pengusir Penyakit

DIY: 3 Ramuan Alami Pengusir Penyakit

oleh Monadisa Utami Dewi

Keharuman Melati Pengusir Stres

Keharuman Melati Pengusir Stres

oleh Kiki Riama Priskila

Advertisement - Continue Reading Below