Covid Varian Omicron Sudah Masuk Ke Indonesia


  • Covid Varian Omicron Sudah Masuk Ke Indonesia
    Varian Omicron sudah masuk ke Indonesia, vaksinasi bisa bantu kurangi penyebaran virus Omicron. (Foto: Dok. Artem Podrez/Pexels)

    Kasus pertama virus Omicron telah masuk di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi pasien berinisial N tercatat sebagai pasien pertama yang terinfeksi varian Omicron. Budi Gunadi juga mengatakan bahwasannya pasien yang telah terjangkit virus Omicron ini merupakan salah satu pegawai kebersihan di Wisma Atlet.


    Sebelum dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron, bersama dua orang rekannya pasien N diperiksa melalui tes PCR dan hanya satu orang yang terinfeksi. Tanpa menimbulkan gejala yang mencurigakan bahkan tidak ada merasakan demam sama sekali, varian Omicron yang sudah masuk ke Indonesia ini merupakan virus yang terdeteksi pada akhir bulan November di Afrika Selatan.




    Adapun ketiga pasien yang terjangkit varian Omicron ini sudah dikarantina di RSD Wisma Atlet dan akan melakukan serangkaian perawatan intensif seperti pasien Covid-19 pada umumnya agar tidak menimbulkan gelombang penyakit baru di Tanah Air.


    (Baca Juga: Tes Kesehatan Yang Dilakukan Saat Positif Covid-19 Di Rumah)


    Sampai saat ini, diketahui sudah ada 72 negara yang mengonfirmasi masuknya virus Omicron ke negara mereka. Bahkan negara Inggris sudah melaporkan kematian pertama pada awal pekan ini terkait virus Omicron. Meski hanya bergejala ringan saja, namun varian Omicron ini masuk dalam kategori "varian of concern" oleh WHO, yang dimana perlu diwaspadai bersamaan dengan varian Delta.


    Berkembang 70 kali lebih cepat dalam 24 jam dari virus asli Covid-19 dan varian Delta, hadirnya virus Omicron di Indonesia membuat siapa saja wajib memperketat protokol kesehatan karena virus ini menyerang tanpa menunjukan gejala. Evolusi varian baru dari Covid-19 ini pun dipercaya karena didorong oleh proses seleksi alam.


    (Baca Juga: Penjelasan dr. Reisa Broto Asmoro Tentang Vaksinasi Covid-19)


    Dalam langkah pencegahan pada diri sendiri, varian Omicron dapat dicegah dengan bantuan vaksinasi. Para tenaga ahli kesehatan yakin, jika seseorang telah melengkapi proses vaksinnya maka peluang terjangkit virus Omicron akan semakin kecil.


    Sebab, vaksin akan membantu mengurangi kemungkinan terjadinya mutasi varian baru lagi. Walaupun begitu, sebagai manusia biasa kita tetap harus menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker sesuai standar, jaga jarak minimal 1 meter, dan membawa hand sanitizer ketika sedang bepergian ke luar rumah.


    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below