5 Cara Mengukur Lingkar Dada Dengan Mudah


  • 5 Cara Mengukur Lingkar Dada Dengan Mudah
    Cara mengukur lingkar dada dengan mudah dan praktis di rumah. (Foto: Dok. SHVETS Production/Pexels)

    Menghasilkan setelan baju yang sempurna tentu perlu melewati serangkaian proses termasuk mengukur lingkar dada. Pada dasarnya, kita tidak bisa menebak pasti berapa ukuran lingkar dada diri sendiri. Maka dari itu cara mengukur lingkar dada yang umumnya dilakukan adalah menggunakan meteran jahit agar terhindar dari kesalahan saat baju sudah selesai dibuat.


    Cara mengukur lingkar dada menggunakan meteran jahit wajib diketahui oleh setiap individu. Apalagi bagi kamu yang hobi berbelanja lewat toko online. Dan tahukah kamu? bahwa setiap jenis baju mempunyai aturan lingkar dada yang berbeda-beda.




    (Baca Juga: Cara Memilih Pakaian Untuk Wanita Bertubuh Gemuk)


    Baik kemeja, t-shirt, maupun dress, alangkah baiknya sebelum membeli kamu ketahui dulu lingkar dadamu, supaya tidak salah dalam memilih size pakaian dan berujung tidak terpakai. Disamping menggunakan meteran jahit, inilah beberapa cara mengukur lingkar dada dengan mudah dan dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Yuk, simak baik-baik!


    1. Tali rafia

    Salah satu alternatif paling mudah untuk mengukur lingkar dada jika tidak ada meteran jahit adalah tali rafia. Tinggal dililitkan di sekeliling dada, tali rafia kerap dianggap sebagai solusi tepat dalam mengukur lingkar dada seseorang ketika ingin membuat baju. Untuk ukuran normalnya, sebelum melakukan pengukuran pastikan dulu tali rafia pas berukuran 1 meter.


    2. Penggaris

    Cara mengukur lingkar dada

    (Cara mengukur lingkar dada dengan mudah di rumah adalah menggunakan penggaris. Foto: Dok. Polina Zimmerman/Pexels)


    Berperan penting untuk mengetahui segala jenis ukuran benda, menggunakan penggaris juga dapat membantu mengetahui lingkar dada. Caranya mudah dan tidak banyak membuang waktu, kamu tinggal posisikan penggaris di atas baju yang diletakan di atas permukaan datar, ukur mulai dari bagian ketiak hingga dada. Jangan lupa tandai dengan titik bagian yang sudah kamu ukur menggunakan spidol, lalu angka hasil pengukuran tadi dikalikan 2 untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan.


    (Baca Juga: Cara Memilih Baju Renang Sesuai Bentuk Badan)


    3. Menggunakan jengkal jari

    Tidak jarang lho, cara mengukur lingkar dada dapat dilakukan dengan cara menggunakan jengkal jari. Cara tradisional yang biasa para ibu lakukan ini dapat diterapkan jika di rumahmu tidak ada tali rafia atau penggaris.

    Mudahnya, kamu bisa mulai menghitung dari bagian punggung sampai lingkar dada dengan menggunakan jengkal jari. Meski tidak terlihat akurat, namun cara mengukur lingkar dada menggunakan jengkal jari masih diaplikasikan hingga saat ini.


    4. Pita biasa

    Cara Mengukur Lingkar Dada

    (Cara mengukur lingkar dada dengan pita adalah alternatif pilihan mudah dan praktis. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Cara mengukur lingkar dada selanjutnya dengan mudah adalah menggunakan pita biasa. Tidak perlu repot, kamu tinggal melingkarkan pita tersebut ke bagian dada. Setelah menemukan size yang tepat, tandai pita menggunakan spidol.

    Adapun satu hal yang harus kamu perhatikan jika ingin mengukur lingkar dada, yaitu jangan terlalu stuck dengan ukuran pas karena akan membuat ruang gerakmu tidak nyaman ketika baju pesananmu sudah siap. Alangkah baiknya untuk menyisakan ruang 4 sampai 6 cm saat pengukuran demi menghindari ukuran baju yang terlalu sempit.


    5. Benang jahit

    Memang sedikit tidak mungkin, mengukur lingkar dada seseorang menggunakan benang jahit yang terlalu tipis dan sulit dilihat. Tetapi faktanya, benang jahit juga menjadi alat alternatif paling mudah ditemukan untuk mengukur lingkar dada jika tidak ada meteran.

    Caranya praktis, kamu tinggal lingkarkan benang jahit warna mencolok di bagian atas dada terlebih dahulu. Usahakan benang tersebut tidak terlalu longgar atau kencang, lalu setelah itu taruh penggaris di bawah benang untuk dijadikan penanda ukuran lingkar dada.


    Tips yang harus diperhatikan saat mengukur lingkar dada


    Sebelum melakukan pengukuran, sebaiknya perhatikan lebih dahulu tips mengukur lingkar dada agar mendapat ukuran yang akurat.


    1. Melepas bra

    Busa pada bra yang menjadi bantalan payudara merupakan faktor kecil namun amat penting diperhatikan saat mengukur lingkar dada. Agar hasil pengukuran lebih akurat pada seorang wanita, cobalah untuk melepas bra supaya ukuran asli lingkar dadamu tercatat dengan jelas dan baju yang dikenakan nanti pun akan semakin nyaman.


    2. Perhatikan posisi tubuh

    Cara Mengukur Lingkar Dada

    (Saat mengukur lingkar dada, usahakan posisi tubuh jangan membungkuk. Foto: Dok. SHVETS Production/Pexels)


    Berdirilah dengan tegap ketika saat melakukan pengukuran lingkar dada. Jangan berdiri dengan posisi membungkuk, sebab angka hasil dari pengukuran bisa berbeda dan akan berpengaruh pada setelan baju yang kamu pesan. Patut diingat, berdiri dengan posisi yang baik merupakan kunci untuk mendapatkan ukuran tubuh yang akurat.


    3. Pastikan kembali dengan tabel ukuran baju

    Meski kamu sudah merasa yakin dengan ukuran lingkar dada yang sudah kamu lakukan, tidak ada salahnya untuk kembali memastikan dengan tabel ukuran baju. Setiap jenis pakaian memiliki size yang berbeda-beda, umumnya ukuran baju orang dewasa terdiri dari ukuran S, M, L, dan XL.


    (Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengukur Cincin Sendiri di Rumah, Anti Ribet!)


    Bisa dipraktekkan di rumah dan meminta bantuan orang lain, inilah deretan cara mengukur lingkar dada dengan mudah. Sebentar lagi Tahun Baru akan menyapa, perhatikan setiap detail sebelum melakukan pengukuran lingkar dada sendiri agar baju pesta yang dibuat memiliki ukuran yang akurat.


    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below