Intip Cara Membersihkan Tas Berjamur dengan Mudah


  • Intip Cara Membersihkan Tas Berjamur dengan Mudah
    Cara mudah untuk membersihkan tas kulit yang berjamur. (Foto: Dok. Artem Beliaikin/Pexels)

    Bagi fashionista yang hobi mengoleksi tas kulit dari berbagai perancang ternama, tentu merupakan tantangan tersendiri dalam merawatnya. Tidak jarang, koleksi tas kulit yang sudah dijaga hati-hati masih terdapat jamur akibat salah metode perawatannya. Kemunculan jamur yang membuat tas cepat rusak dan tak menarik lagi terkadang dilatar belakangi dengan faktor tempat penyimpanan.

    Tahukah kamu? Sembarangan dalam menyimpan tas kulit dengan cara ditumpuk atau digantung dapat mengakibatkan penyebaran jamur dengan cepat. Maka dari itu, kamu disarankan untuk menyimpan tas kulitmu dalam sebuah lemari atau rak tertutup dengan rutin mengganti silica gel sebulan sekali.




    (Baca Juga : 4 Tips Membersihkan Tas yang Berjamur)


    Jangan remehkan kehadiran silica gel, simpan baik-baik benda kecil tersebut di dalam tas kulitmu guna mencegah pertumbuhan jamur serta menjaga kelembapan tas. Agar tas kulitmu kembali seperti semula, simak ulasan cara membersihkan tas berjamur versi HerWorld Indonesia yang bisa kamu terapkan jika ada salah satu tasmu yang jamuran. Check this out!


    1. Jamur membandel di permukaan tas kulit seketika menghilang dengan perasan air lemon


    Cara membersihkan tas yang berjamur

    (Membersihkan jamur yang menghinggapi tas kulit dapat dilakukan dengan perasaan air lemon. Foto: Dok. SHVETS Production/Pexels)


    Perasan air lemon memiliki segudang manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah, air lemon juga berfungsi dengan baik dalam membersihkan jamur dari permukaan tas kulit kesayanganmu. Pada dasarnya, tas kulit yang dibuat dari bahan dasar kulit hewan memiliki sifat yang sensitif dan mudah mengelupas bila metode perawatannya salah.

    Agar lebih aman, cobalah sikat bagian tasmu yang berjamur menggunakan perasan air lemon. Gunakan sikat berbulu lembut atau kain microfiber, sikat secara perlahan berulang kali apabila jamur di tas masih terlihat meninggalkan bekas. Setelah itu, lap dengan kain bertekstur lembut dan biarkan selama beberapa saat supaya tidak lembap. Jika tas kulit sudah dirasa bebas dari jamur, simpanlah ditempat tertutup dengan silica gel yang ditaruh di dalam tas.


    2. Manfaatkan soda kue untuk membasmi tas yang jamuran


    Salah satu bahan dapur murah meriah yang dapat membasmi jamur dari permukaan tas kulitmu adalah soda kue. Tidak boleh sembarangan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah jemur tasmu yang jamuran di luar ruangan selama 24 jam terlebih dahulu.

    Tak berhenti sampai di situ, taburkan soda kue di atas permukaan tas kulit yang berjamur lalu diamkan lagi semalaman. Setelah dua hari melewati proses penjemuran, barulah tas yang sudah didiamkan selama satu malam bisa dibersihkan dengan digosok secara perlahan menggunakan kain microfiber. Bilas sisa-sisa soda kue, kemudian anginkan sampai kering lalu simpan didalam lemari.


    (Baca Juga : 4 Tips Membersihkan Tas yang Berjamur)


    3. Gunakan cuka putih untuk mencegah jamur pada tas kembali lagi

    Tidak jarang lho, jamur yang dianggap sudah terbasmi dengan sempurna dapat kembali lagi menghinggapi permukaan tas kulit. Nah, supaya tas kulitmu terbebas dari jamur membandel, alangkah baiknya untuk coba membersihkannya menggunakan cuka putih. Disamping efektif menghilangkan karat, cuka putih juga sering dimanfaatkan untuk membasmi jamur pada tas kulit.

    Dengan perbandingan campuran antara cuka dan air hangat sebanyak 10 : 1, celupkan lap bersih pada larutan yang sudah ditakar sempurna hingga basah. Kemudian gunakan sarung tangan lateks dan usap perlahan lap yang sudah terserap larutan cuka putih pada bagian tas yang terkena jamur sampai benar-benar menghilang. Jemur sampai kering, setelah itu letakan tas kulit di tempat semula.


    4. Basmi tas berjamur dengan sabun pembersih khusus 




    Bahan alami terkadang tidak terlalu bekerja dengan baik, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membasmi tas berjamur adalah dengan sabun khusus bernama Saddle soap. Sabun pembersih khusus ini merupakan salah satu produk yang kerap digunakan untuk membersihkan, melindungi, dan merawat tas maupun sepatu berbahan dasar kulit. Mengandung zat pelembap yang cukup tinggi untuk melindungi tas kulit dari jamur, biasanya saddle soap terbuat dari bahan beeswax dan lanolin.

    Cara membersihkannya cukup mudah, kamu celupkan terlebih dahulu kain bersih ke dalam air, gosokan kain basah tersebut ke saddle soap, kemudian bersihkan tas yang berjamur tersebut menggunakan kain basah bercampur saddle soap secara perlahan. Ingat, jangan gosok terlalu keras agar permukaan kulit tidak mengelupas.



    (Baca Juga : Tips Membersihkan Sepatu Putih yang Menguning)


    Nah, inilah beberapa cara mudah untuk membersihkan tas yang berjamur versi HerWorld Indonesia. Semoga tips di atas dapat membantu mengembalikan pesona tas kulitmu, ya! Selamat mencoba.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below