Tips Dekorasi Teras Rumah Kecil yang Wajib Diperhatikan


  • Tips Dekorasi Teras Rumah Kecil yang Wajib Diperhatikan
    Menata teras rumah kecil memang membutuhkan keahlian agar tidak terkesan sempit dan gersang. (Foto: Dok. Matchness)

    Mempunyai teras rumah kecil mempunyai keunggulan tersendiri, karena tidak akan sulit untuk mendekorasinya. Meskipun tidak sulit saat penataan, namun memiliki teras rumah yang berukuran kecil juga harus pandai-pandai dalam menempatkan furniture agar tidak memberikan kesan sempit dan sesak.

    Biasanya dalam kasus mendekorasi teras rumah berukuran kecil, para ahli desain interior akan memberikan saran untuk mengecat tembok dengan warna putih dasar agar teras tampak luas. Setelah didukung dengan warna tembok dasar yang cerah, berbagai jenis tanaman hias berukuran mini akan ditempatkan dibeberapa sudut untuk menambah aura positif dan kesegaran pada halaman depan rumah.




    (Baca Juga : 5 Tips Mudah Buat yang Ingin Dekorasi Rumah Minimalis)


    Supaya tidak bingung saat akan menata rumah barumu yang minimalis nanti, simak tips dekorasi khusus teras rumah kecil mulai dari furniture, varian dekorasi, hingga tema dari HerWorld Indonesia dibawah ini.


    Perhatikan ukuran furniture yang akan ditempatkan di teras rumah



    Seperti yang dikatakan diawal tadi, hal pertama yang wajib kamu perhatikan saat ingin mendekorasi teras rumahmu yang kecil adalah ukuran dari furniture. Dalam hal ini, pilihlah furniture seperti sofa atau kursi biasa dengan ukuran kecil atau hanya satu tempat duduk besar tanpa ada tumpukan lainnya. Sebab, tidak mungkin kamu menaruh banyak tempat duduk saat ukuran teras rumahmu tidaklah luas. Alangkah baiknya, jika kamu menempatkan satu kursi berukuran sedang dengan meja bundar kecil sebagai pemanis.


    Dekorasi penting jadi perhatian utama agar tidak menimbulkan aura gersang



    Di samping furniture yang berfungsi sebagai tempat bersantai, dekorasi dinding maupun di sudut teras penting jadi perhatian juga, lho. Bukan tanpa alasan, kehadiran dekorasi dinding dan di sudut teras akan membuat tampilan depan rumah jadi makin terlihat mewah dan cantik. Dengan menambahkan elemen khusus seperti tanaman hias gantung, teras rumah kecil pun sudah tampak segar meski tidak ada furniture sama sekali.

    Jika ingin halaman depan rumah asri setiap kali dilihat, kamu tinggal tata saja beberapa tumbuhan hijau yang sudah siap ditanam dalam pot dibeberapa sudut teras sesuai selera. Untuk teras rumah kecil yang mengusung konsep boho chic, tempatkan saja beberapa perabotan antik, lentera rotan, dan bunga mekar hias.


    (Baca Juga : 12 Rekomendasi Dried Flower Untuk Hadiah & Dekorasi Rumah)


    Pemilihan warna cat tembok agar teras rumah minimalis kian berkarakter



    Warna menjadi unsur penting saat mendekorasi rumah. Pentingnya memilih warna yang sesuai dengan karakter sang pemilik, berfungsi untuk membuat tempat berlindung kian terasa nyaman saat kembali dari aktivitas diluar. Adapun warna-warna dasar seperti putih, pastel, dan abu-abu, yang biasa diaplikasikan ke tembok rumah minimalis supaya memberi kesan luas. Selain warna monokrom andalan tersebut, kombinasi warna terang dan berani seperti kuning matahari dan biru laut bisa jadi pilihan agar teras rumahmu yang kecil memberikan kesan ceria.


    Pilih tema yang sesuai untuk membuat teras rumahmu semakin trendi dan nyaman

    Lahan sempit bukan berarti kamu tidak bisa mendekor terasmu sesuai keinginan. Dengan beragam pilihan tema yang menarik seperti dibawah ini, kamu bisa langsung mengatur tata ruang untuk teras di rumah kecilmu.


    1. Teras kecil tema bohemian dengan dekorasi hammocks yang nyaman


    dekorasi teras rumah kecil

    (Hammocks yang cocok jadi dekorasi teras belakang rumah berukuran kecil. Foto: Dok. Extraspace)


    Tempat tidur gantung atau hammock kini jadi dekorasi rumah favorit beberapa orang untuk tampilan bohemian. Bisa ditaruh di teras belakang atau depan rumah, alangkah baiknya jika hammock digantung di tempat yang minim pandangan orang lain agar kamu dapat menikmati me time sejenak dari hiruk pikuk pekerjaan.


    2. Teras kecil tema full of green yang multifungsi jadi taman untuk rumah minimalis


    dekorasi teras rumah kecil

    (Potret inspirasi mendekor teras rumah kecil jadi tempat bersantai yang nyaman. Foto: Dok. CarexTours Official/Tumblr)


    Ingin memiliki taman namun tidak ada ruang lagi di rumahmu? Keinginanmu dapat terwujud dengan mengakali teras samping yang disulap menjadi taman mini. Cara ini bisa diterapkan pada bagian rumah yang memiliki sisa lahan, lalu tata ruang tersebut dengan furniture sofa sudut dan satu meja bundar kecil. Jangan lupa, dekor teras kecilmu sedemikian apik dengan tambahan beragam jenis tanaman hias kekinian. Meskipun tak cukup luas, namun taman mini yang menyatu dengan teras kecilmu nyaman digunakan sebagai tempat bersantai.


    3. Teras kecil tema fantasia bak rumah boneka



    Biasanya jika warna tembok depan rumah mengusung tema fantasia dengan warna-warna cerah seperti ini, secara tidak langsung menggambarkan karakter sang pemilik yang ceria dan ramah. Bak rumah boneka di film Disney, teras rumah kecil yang ada dalam potret di atas ditata rapi dengan dekorasi dua kursi minimalis yang dipisahkan oleh meja bundar, lalu nuansa segar dari taman mini di samping kanan kiri halaman rumah.


    (Baca Juga : Yang Harus Kamu Ketahui Saat Mendekorasi Rumah)


    Inilah dia deretan tips untuk mendekorasi teras rumah kecil di hunianmu. Menurutmu, dekorasi teras rumah kecil seperti apa yang menggambarkan karakter dirimu?



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below