Feminist Festival 2021, Wanita Butuh Ruang Digital yang Aman


  • Feminist Festival 2021, Wanita Butuh Ruang Digital yang Aman
    Konferensi pers Feminist Festival 2021 melalui daring. (Foto: Dok. Feminist Festival 2021)

    Tahun ini, Feminist Festival kembali diselenggarakan tahun ini dan mengangkat tema “Untuk Internet yang Lebih Feminis” didasari dari hasil survei daring yang diselenggarakan oleh Jakarta Feminis pada akhir tahun 2020. Hasil survei menunjukkan jumlah laporan kekerasan berbasis gender mengalami kenaikan yang sangat signifikan selama pandemi, khususnya kekerasan berbasis gender online.

    Hampir separuh (48%) dari korban kekerasan berbasis gender pernah mengalami kekerasan secara daring, misalnya berupa ancaman dan tindakan penyebaran foto atau video intim. Menanggapi hal tersebut, Feminist Festival 2021 menggandeng berbagai lapisan masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan ruang digital yang aman dan nyaman bagi perempuan serta kelompok marjinal lainnya.




    (Baca Juga : 7 Buku Dan Novel Tentang Kartini Yang Menginspirasi)


    Acara tahun ini merupakan kali ketiga Feminist Festival diadakan, dan untuk pertama kalinya akan diselenggarakan secara daring. Feminist Festival diselenggarakan oleh Perkumpulan Lintas Feminis Jakarta (Jakarta Feminist) dan pernah diadakan sebelumnya pada tahun 2017 dan 2019. Jakarta Feminist merupakan komunitas feminis muda-mudi lintas gender di Indonesia dan juga merupakan inisiator Women’s March Jakarta.


    Feminist Festival 2021

    (Yoane Salim, Ketua Feminist Festival 2021. Foto: Dok. Feminist Festival 2021)


    “Tema Feminist Festival 2021 sangat pas karena berangkat dari kenyataan sosial yang sedang terjadi saat ini. Jakarta Feminist berharap Feminist Festival 2021 dapat semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya ruang digital yang aman dan nyaman bagi perempuan dan kelompok marjinal lainnya. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut berpartisipasi dan mensukseskan jalannya acara ini.” papar Yoane Salim, selaku Ketua Feminist Festival 2021.


    Puncak acara Feminist Festival 2021 akan berlangsung pada tanggal 26 sampai 28 November 2021. Peserta dapat turut berpartisipasi secara gratis dalam diskusi di berbagai panel pleno dan kelas diskusi, mengikuti lokakarya, menghadiri screening film, dan menikmati pertunjukan seni. Dalam kesempatan ini, Jakarta Feminist juga akan meluncurkan chatbot Cari Layanan yang melengkapi website carilayanan.com sebagai sebuah layanan berbasis teknologi untuk membantu korban kekerasan berbasis gender mengakses lembaga layanan bantuan di manapun dan kapanpun.


    (Baca Juga : Kata-Kata Bijak Emma Watson yang Penuh Makna)


    “Cari Layanan merupakan wujud komitmen Jakarta Feminist kepada korban-penyintas kekerasan berbasis gender, dengan memberikan kemudahan mengakses lembaga layanan bantuan di manapun, kapanpun. Dengan adanya website maupun chatbot, kemudahan akses bantuan ini diharapkan dapat menjadi awal misi kami untuk membasmi kekerasan berbasis gender di Indonesia.” tambah Noval Auliady, Program Manager Jakarta Feminist, turut membagikan pandangannya tentang chatbot Cari Layanan untuk membantu korban berbasis gender yang kerap terjadi di internet.


    Feminist Festival 2021

    (Noval Auliady, Program Manager Jakarta Feminist. Foto: Dok. Feminist Festival 2021)


    Acara Feminist Festival 2021 ini terbuka untuk umum. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti diskusi, workshop, dan pertunjukan seni bisa langsung mendaftarkan diri di https://linktr.ee/Femfest2021 untuk mendapatkan link Zoom, atau menyaksikan melalui kanal YouTube Jakarta Feminist. Yuk, segera ikuti rangkaian acaranya!



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below