Nona Resmi Hadirkan Aplikasi Kalender Siklus Menstruasi


  • Nona Resmi Hadirkan Aplikasi Kalender Siklus Menstruasi
    Aplikasi Nona Woman dapat diakses oleh seluruh wanita Indonesia secara gratis. (Foto: Dok. Nona Woman)

    Nona resmi meluncurkan aplikasi kalender siklus menstruasi atau period tracker pertama di Indonesia pada tanggal 22 November 2021. Melalui aplikasi ini, Nona ingin para penggunanya dapat kembali selaras dengan perubahan hormonal sepanjang siklus menstruasi, dan benar-benar mendengarkan apa yang tubuh mereka butuhkan.


    Membantu para wanita untuk memantau siklus menstruasi, mengidentifikasi pola-pola yang terjadi dalam tubuh, memahami dan memelihara tubuh serta berbagi cerita juga pengalaman dengan sesama wanita di Indonesia, aplikasi yang diberi nama Nona Woman sudah dapat diunduh secara gratis oleh pengguna iOS dan Android.




    Hadirnya aplikasi Nona Woman juga bertujuan agar seluruh wanita di Indonesia mendapatkan edukasi yang layak tentang hormon, siklus menstruasi, dan women empowerment sehingga setiap wanita dapat lebih mengenali diri dan tubuh mereka sendiri. Pasalnya, 1 dari 3 wanita di Indonesia mengalami period poverty, yaitu kesulitan akses untuk mendapatkan produk kebutuhan menstruasi, fasilitas yang aman dan higienis, serta akses pengetahuan mengenai menstruasi.


    Nona hadirkan aplikasi kalender siklus menstruasi pertama di Indonesia

    (Aplikasi Nona Woman membantu mengoptimalkan hidup berdasarkan fase tubuh perempuan. Foto: Dok. Nona)


    (Baca Juga : 5 Aplikasi Siklus Menstruasi Terbaik Untuk Wanita)


    Period poverty sendiri disebabkan oleh kurangnya edukasi mengenai menstruasi atau kesehatan perempuan karena hal ini tidak disosialisasikan secara komprehensif di sekolah ataupun di lingkungan sosial. Akibatnya, banyak wanita muda yang akhirnya enggan pergi ke sekolah atau tempat kerja, karena mengalami nyeri menstruasi parah dan tidak pernah diajarkan cara mengatasinya. Dampak jangka panjangnya, hal ini dapat memperparah ketidaksetaraan gender yang terjadi di lingkungan sosial.



    “Ketika saya didiagnosa dengan PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) hampir 10 tahun yang lalu, saya merasa bingung dan helpless. Di kala itu, tidak ada informasi yang jelas dan terpercaya mengenai perempuan, hormon, dan siklus menstruasi. Pada akhirnya, saya meneliti banyak tentang topik tersebut dan bereksperimen dengan berbagai diet, gaya hidup, serta treatment untuk mengatasi PCOS yang saya alami. Hal ini membuat saya tidak ingin orang lain mengalami kebingungan seperti yang saya lalui dahulu.” papar Nicole Jizhar, selaku Co-Founder of Nona.


    Melalui platform Nona, Nicole berharap para wanita Indonesia bisa mendapatkan komunitas dan support system baru. Kepedulian Nona terhadap kesehatan wanita semakin terlihat jelas melalui kampanye yang mereka usung yaitu #PeriodRevolution. Semangat Nicole dan rekannya, Monica Pranatajaya untuk mendobrak pandangan sosial yang masih tabu terhadap wanita dan menstruasi juga terpampang nyata melalui platform media sosial Instagram, yang dimiliki Nona.


    Nona hadirkan aplikasi kalender siklus menstruasi pertama di Indonesia

    (Founder dan Co-Founder dari Nona menghadirkan aplikasi Nona Woman dengan harapan membantu wanita Indonesia mendobrak tabu mengenai menstruasi. Foto: Dok. Nona)


    (Baca Juga : 6 Solusi Agar Menstruasi Lancar)


    Dalam waktu mendatang, tentu saja Nona sudah mempersiapkan inovasi dan kejutan spesial dalam bentuk produk-produk FemCare yang dibuat untuk mendukung visi dan misi mereka dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya edukasi dan informasi tentang kesehatan perempuan. Nona juga percaya bahwa setiap wanita wajib dan berhak mendapatkan informasi yang tepat dan terpercaya mengenai kesehatan wanita, demi kesetaraan gender di masa yang akan datang dan kualitas hidup yang layak.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below