Perlengkapan yang Wajib Dibawa dan Tips Camping Untuk Wanita


  • Perlengkapan yang Wajib Dibawa dan Tips Camping Untuk Wanita
    Selain perlengkapan camping sepert first aid kit yang wajib dibawa, para wanita penikmat alam bebas yang senang berpergian sendiri perlu perlindungan diri agar terhindar dari orang jahat. (Foto: Dok. ROMAN ODINTSOV/Pexels)

    Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan saat memiliki waktu senggang adalah merencanakan perjalanan camping atau berkemah. Baik itu mendaki ke gunung atau hanya sekadar menjelajahi hutan dan menginap satu malam bersama grup penjelajah lain, menikmati pemandangan alam dengan pasangan maupun keluarga tercinta akan menjadi momen seru yang tidak terlupakan sampai kapanpun. Dengan melakukan camping, aktivitas berada di alam bebas bagus untuk melepaskan diri dari penatnya kesibukan kehidupan sehari-hari.

    Seakan terhubung kembali dengan alam, camping sendirian terkadang menjadi pilihan wanita untuk mengembalikan semangat berkegiatan lagi di kantor atau melaksanakan kegiatan camping sebagai hobi semata. Sebagai seorang wanita yang sedang berada di alam bebas tanpa ditemani sahabat atau pemandu wisata, kamu harus mempersiapkan dengan matang barang-barang yang akan dibawa ketika pergi camping.




    (Baca Juga : 5 Lokasi Camping Terbaik di Indonesia)


    Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak inginkan, inilah deretan perlengkapan penting yang wajib dibawa dan tips untuk para wanita yang ingin keluar melakukan camping sendirian di alam bebas. Wajib dicatat, ya!


    1. Skincare kit


    (Meski sedang camping di alam bebas, namun kesehatan kulit agar terhindar dari dampak buruk sinar matahari, kamu wajib menggunakan sunscreen dan persiapkan skincare kit utama di dalam ransel. Foto: Dok. Tara Winstead/Pexels)

    First things first, barang-barang yang wajib kamu siapkan sebelum pergi camping adalah peralatan perawatan wajahmu. Tidak perlu banyak membawa produk skincare, kamu hanya perlu memasukan sunscreen atau sunblock, pelembab wajah, lipbalm, dan makeup wipes yang berjenis reusable. Skincare kit tidak boleh dilupakan, karena bagaimana pun juga menjaga kesehatan kulit wajah agar tidak terbakar sinar matahari itu penting, ladies. Disarankan ketika kamu camping di siang hari, aplikasikan sunscreen diwajah dengan SPF 50 Plus dan saat malam tiba, bersihkan seluruh wajahmu menggunakan makeup wipes reusable, agar dapat dipakai berulang kali dan tidak meningkatkan limbah sampah di area camping. Disamping produk perawatan wajah, ingatlah untuk mengenakan bandana, topi, atau kacamata hitam demi melindungi dari sengatan sinar matahari. Pilihlah bahan bandana yang menyerap keringatmu didahimu, atau untuk menahan anak rambut agar tidak mengganggu penglihatan saat menelusuri hutan dan pegunungan.


    2. First-aid kit


    Memiliki kotak P3K didalam ransel saat sedang hiking atau camping begitu penting untuk keselamatan diri. Agar menghindari kecelakaan selama berkemah, kamu wajib memasukan obat-obatan seperti ibuprofen, aspirin, lotion khusus penangkal serangga supaya terhindar dari gigitannya ketika sedang tidur, perban, kompres dingin khusus yang sudah kamu pelajari lebih dulu cara memakainya, tisu atau cairan antiseptik untuk mensterilkan luka, obat tetes mata, dan jangan lupa selalu sediakan pembalut di dalam kotak P3K untuk mengantisipasi saat kamu datang bulan tiba-tiba.


    3. Self defense kit




    Ketika seorang wanita berpergian seorang diri camping di alam bebas, tidak menutup kemungkinan akan banyak sekali bahaya yang mengintai. Salah satunya, menjadi korban penculikan dari orang yang tidak dikenal dan kemudian masuk dalam daftar perdagangan manusia ilegal. Kamu tidak boleh menutup mata untuk hal satu ini, sebab sudah banyak kasus di berbagai belahan dunia traveler wanita yang hilang tanpa jejak ketika sedang camping atau mendaki. Karena resiko yang dihadapi begitu besar, maka yang kamu perlukan ketika ingin pergi camping adalah self defense kit. Perlengkapan keselamatan ini wajib ada didalam ranselmu untuk digunakan sebagai pertolongan pertama saat merasa mulai ada gerak-gerik mencurigakan dari seseorang. Self defense kit yang bisa kamu beli di toko khusus traveler atau situs belanja online, diantaranya ada semprotan merica, pistol setrum berukuran sedang, baton stick untuk memukul penjahat sekuat-kuatnya, dan alat pelindung diri lainnya yang bisa langsung kamu pelajari cara penggunaannya.


    (Baca Juga : 5 Tempat Wisata Dataran Tinggi Cantik di Pulau Jawa)


    Tips untuk wanita yang ingin pergi camping sendirian


    Camping merupakan kegiatan yang menyenangkan, namun disamping rasa bahagia itu, kamu harus waspada terhadap orang-orang jahat yang mengintai solo traveler sepertimu. Agar lebih aman, simak tips berikut ini sebelum kamu camping di alam bebas.


    1. Pelajari alat-alat pelindung diri dengan orang yang berpengalaman


    Ketika kamu sudah membeli self defense kit yang dibutuhkan, minta tolonglah pada orang yang ahli dalam memakai alat tersebut untuk membantu mengajarimu cara pemakaiannya. Jika kamu sudah paham dengan alat-alat pertahanan diri tersebut, resiko kalah bertarung dari penjahat jadi minim.


    2. Selalu percaya pada instingmu


    Insting manusia tidak pernah salah. Telah disebutkan sebelumnya bahwa alam bebas itu penuh dengan hal-hal tidak terduga. Jika perasaanmu mengatakan ada sesuatu yang mengganjal ketika bertemu seseorang atau sedang berada disuatu tempat, maka segeralah untuk beranjak pergi dan jangan membuat gerakan tubuh sedang ketakukan, karena hal tersebut akan berakibat fatal.


    3. Waspada dengan orang yang baru dikenal


    Perlengkapan camping wanita(Jaga jarak dengan orang yang baru dikenal ketika bertemu di area camping. Foto: Dok. Gary Barnes/Pexels)

    Kita memang tidak boleh menilai seseorang dari luar, namun tidak ada salahnya untuk menjaga jarak ketika berkenalan dengan orang baru saat camping di alam bebas. Kamu boleh berbicara apa saja mengenai kegiatan camping, tapi jangan terlalu mengabaikan fakta bahwa dari obrolan santai, orang asing tersebut sedang menggali informasi tentangmu.


    (Baca Juga : Kenali Berbagai Jenis Sunscreen Berdasarkan Jenis Kulit)


    Itulah deretan barang-barang paling penting dan tips utama yang wajib kamu catat ketika akan melakukan camping sendirian. Buka mata dan tetap waspada dengan sekitarmu.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below