6 Langkah yang Wajib Dilakukan Saat Memilih Gaun Pengantin


  • 6 Langkah yang Wajib Dilakukan Saat Memilih Gaun Pengantin
    Saat memilih gaun pengantin, banyak hal yang harus dipertimbangkan agar tidak merusak hari pernikahan yang ditunggu-tunggu. (Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Sebelum melaksanakan hari pernikahan, persiapan paling penting yang wajib dilakukan agar tidak bermasalah saat hari H tiba adalah teliti dalam memilih gaun pengantin. Pada dasarnya, gaun pengantin yang digunakan oleh seorang wanita di hari bahagianya akan menjadi sorotan para tamu dan keluarga besar. Dari segi estetika model dan warna, gaun pengantin harus dipilih sesuai kemauan hati dari sang wanita. Sebab, jika gaun pengantin yang dikenakan tidak sesuai, maka aura positif dan paras cantik dari pengantin wanita tidak akan bersinar terang di pelaminan.

    Jika dilihat dari awal tahun 2021, tren gaun pengantin di dunia fashion internasional yang marak dikenakan para mempelai wanita adalah gaun dengan model mengekspos punggung, pemakaian renda yang mendominasi, bermain dengan warna-warna terang dan motif bunga, sampai gaun pengantin ala bohemian style. Di Indonesia sendiri, model gaun pengantin seperti tulle embroidery masih banyak peminatnya dan diprediksi akan tetap jadi tren sampai paruh awal tahun 2022 mendatang.




    (Baca Juga : Inspirasi Gaun Pernikahan Dari Drama Korea)


    Berkembangnya model dan motif gaun pengantin hasil rancangan desainer ternama cukup pesat ditengah pandemi. Supaya tidak gagal mendapatkan momen bahagia di hari pernikahan, simak tips yang dibagikan HerWorld Indonesia dalam memilih gaun pengantin.


    1. Lakukan riset melalui situs resmi


    Untuk menemukan model, motif, dan warna gaun pengantin yang sesuai dengan keinginanmu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset terlebih dahulu. Sebab saat ini teknologi sudah berkembang maju, kamu bisa memanfaatkan ponsel pintarmu untuk membuka situs-situs resmi yang menjual gaun pengantin untuk melihat koleksi katalog. Setelah kamu sudah menemukan gaun pengantin yang dianggap sempurna, barulah kamu pergi ke toko tujuan untuk melakukan fitting bersama pasangan.


    2. Sesuaikan dengan tema pernikahan


    Tips memilih gaun pengantin

    (Sebelum memilih gaun pengantin, pastikan cocok dengan tema pernikahan yang akan diselenggarakan, agar tidak salah kostum. Foto: Dok. Pexels)

    Ketika merencanakan hari pernikahan, kamu dan pasanganmu pasti sudah memiliki tema besar yang akan diusung. Jika semua tema dan konsep pesta pernikahanmu telah rampung, jangan lupa untuk menyesuaikan gaun pengantin yang kamu kenakan saat hari H. Misalnya kamu akan mengadakan pesta pernikahan dengan tema ala pesta kebun yang bersifat formal tapi tetap santai, pilihlah gaun pengantin dengan desain sederhana dan minim aksesoris. Biasa jika pesta pernikahan diselenggarakan di luar ruangan, model gaun pengantin yang tepat untuk kamu kenakan adalah off-shoulder gown atau long sleeves lace dress.


    3. Hitung dengan pasti budget untuk gaun pengantin 


    Sebelum memilih gaun pengantin impianmu, pastikan dulu budget ditangan sudah sesuai tanpa kurang sepeser pun. Setiap gaun pengantin yang dijual memiliki harga berbeda, tergantung dengan bahan dan tingkat kesulitan saat pembuatan. Maka dari itu, kamu harus paham konsep semakin tinggi harga gaun pengantin, semakin bagus dan berkualitas pula gaun istimewa tersebut. Daripada kamu kecewa ketika tidak bisa mendapatkan gaun yang diinginkan, alangkah baiknya menyiapkan pengeluaran lebih untuk satu ini.


    (Baca Juga : Waktu yang Tepat untuk Mencuci Gaun Pengantin)


    4. Jangan memilih gaun pengantin hanya karena sedang jadi tren


    Dalam beberapa kasus, ada calon mempelai wanita yang memaksa untuk mengenakan gaun pengantin yang sedang tren, namun berakhir gagal tampil sempurna ketika hari bahagia tiba. Tahukah kamu? Gaun pengantin harus dipilih berdasarkan kepribadianmu. Bukanlah masalah besar, jika kamu tidak mengenakan gaun pengantin yang sedang viral. Seharusnya, gaun pengantin pilihanmu itu harus mencerminkan dirimu apa adanya dan rasa nyaman ketika dipakai untuk beberapa jam yang lama.


    5. Pilihlah bahan gaun pengantin yang tidak membuat kulit iritasi


    Tidak sedikit mempelai wanita yang mengalami iritasi kulit akibat alergi dari bahan gaun pengantin yang dikenakan. Pilihlah gaun pengantin dengan bahan dasar kain satin yang lembut ketika bersentuhan langsung dengan kulit. Bisa juga memilih gaun pengantin berbahan dasar kain sutra maupun kain sifon.


    6. Perhatikan warna yang akan dipakai




    Warna gaun pengantin yang kamu pilih untuk hari pernikahan, wajib disesuaikan dengan warna kulit tubuhmu. Agar menyesuaikan, pilihlah warna-warna peach, cokelat, atau krem untuk kamu yang berkulit sawo matang. Jika kulitmu putih, pilih gaun pengantin dengan warna emas atau perak biar aura elegan lebih terpancar berkali-kali lipat. Sedangkan untuk kulit kuning langsat, pilihlah gaun pengantin dengan dasar warna-warna tropis.


    (Baca Juga : Tips Membeli Gaun Pengantin Saat Diskon)


    Gaun pengantin yang dikenakan pada hari bahagia akan terus menjadi kenangan sampai kapanpun. Maka dari itu, jangan sampai salah memilih gaun pengantin agar tidak menyesal dikemudian hari. Bila masih ragu, mintalah pendapat yang lebih ahli mengenai gaun pengantin seperti apa yang cocok untuk kamu kenakan.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below