Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Vagina Tetap Sehat dan Rapat


  • Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Vagina Tetap Sehat dan Rapat
    Dari cokelat hitam sampai kimchi, inilah deretan makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan vagina. (Foto: Dok. Charles Deluvio/Unsplash)

    Secara keseluruhan, kesehatan vagina adalah bagian penting dari kesehatan seorang wanita. Dengan selalu memperhatikan kebersihan organ intim, kamu juga wajib memperhatikan jadwal olahraga guna membantu menjaga fungsi vagina dengan baik. Tidak perlu melakukan olahraga berat, aktivitas berjalan santai pada pagi atau siang hari dapat membantu bagian panggul makin kencang, sehingga berdampak baik untuk organ intimmu.

    Selain rutin berolahraga, menjaga vagina dari dalam, lewat makanan yang dikonsumsi, juga harus diperhatikan, lho. Percaya atau tidak, apa yang kamu konsumsi sehari-hari berguna untuk mengurangi kekeringan pada vagina, menjaga tubuh tetap bugar dengan mengurangi kram dan melawan infeksi, sebab vagina membutuhkan bakteri sehat dan mempertahankan pH tetap normal.




    (Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Vagina)


    Salah satu makanan sehat yang bisa menjaga vagina tetap sehat adalah yoghurt. Mengonsumsi yoghurt dapat membantu menyeimbangkan kadar asam dalam cairan vaginamu. Untuk manfaat terbaik, pilihlah Greek yogurt yang mengandung Lactobacillus aktif guna menjaga keseimbangan pH. Selain yoghurt, HerWorld Indonesia telah merangkum beragam macam makanan untuk menjaga kesehatan vagina. Simak baik-baik, ya.


    1. Ubi jalar


    Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Vagina Tetap Sehat dan Rapat

    (Konsumsi ubi jalar dapat membantu jaga kesehatan vagina. Rasanya yang manis dan kaya akan vitamin A, cobalah ganti menu sarapanmu dengan ubi jalar rebus. Foto: Dok. Ela Haney/Pexels)


    Ketimbang kentang tradisional, biasanya ubi jalar menjadi alternatif pilihan bagi sebagian orang untuk mengisi perut. Rasanya yang manis membuat ubi jalar jadi makanan sehat untuk perawatan vagina dari dalam, lho. Kaya akan kandungan vitamin A, mengonsumsi ubi jalar setiap hari dapat membuat dinding rahim jadi lebih kuat. Manfaat baik lainnya yang akan kamu rasakan ketika rajin mengonsumsi ubi jalar adalah meningkatnya produksi hormon untuk bercinta. Bahkan, kandungan vitamin A pada ubi jalar sendiri dikatakan sebagai viagra alami oleh The American Nutrition Association.


    2. Cokelat hitam

    Siapa di dunia ini yang tidak menyukai cokelat? Dari anak kecil hingga orang dewasa, tampaknya coklat jadi makanan paling disukai. Punya segudang manfaat baik, cokelat hitam juga berperan penting dalam menjaga kesehatan organ intim wanita. Kaya akan flavonoid yang merupakan sumber antioksidan, mengonsumsi coklat hitam dapat meningkat fungsi seksual, sehingga kegiatan bercinta bersama pasangan pun makin intim. Cokelat hitam juga mengandung serotonin, yang merupakan antidepresan guna membantu atasi perubahan suasana hati menjadi lebih bahagia.


    3. Jus cranberry


    Mengandung senyawa asam yang mampu melawan bakteri jahat, jus cranberry dapat mencegah dan meredakan infeksi saluran kemih. Pasalnya, buah cranberry kaya akan senyawa proanthocyanidins atau PAC, yang membuat kandung kemih licin sehingga mudah terhindar dari bakteri E. coli penyebab infeksi kandung kemih. Tetapi, jika kamu ingin mulai mengonsumsi jus cranberry, disarankan untuk meminum jus cranberry tanpa ada campuran gula atau campuran pemanis lainnya. Bukan tanpa alasan, sebab cranberry segar masih mengandung 100 persen antioksidan tinggi dan senyawa asam. Dua kandungan ini berguna sebagai penangkal infeksi yang dapat membantu bakteri baik menempel pada dinding kandung kemih.


    4. Alpukat


    Makanan untuk kesehatan vagina

    (Alpukat merupakan salah satu buah yang dapat memperkuat otot dinding vagina. Foto: Dok. Daria Shevtsova/Pexels)


    Buah berwarna hijau satu ini kaya akan lemak sehat, seperti vitamin B-6 dan kalium yang dimana keduanya memiliki efek positif pada peningkatan libido seseorang. Disamping itu, buah penambah libido ini juga penting untuk merangsang produsi pelumasan dan kadar estrogen, serta memperkuat dinding vagina. Adapun fakta menarik lainnya tentang alpukat, yakni mereka dijuluki pohon testis oleh suku Aztec, lho.


    (Baca Juga : 5 Cara Merawat Vagina Menjelang Pernikahan)


    5. Kimchi


    Biasanya, kimchi diolah dengan mencampurkan kubis dan sayuran lainnya bersama bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, gula, garam, jahe, dan cabai. Makanan yang berbahan dasar sayuran segar hasil fermentasi asal Korea Selatan ini merupakan probiotik membantu menangkal bakteri jahat penyebab infeksi di area vagina. Bantu jaga pH keasaman pada vagina wanita, kimchi dapat diolah sendiri di rumah agar lebih aman dan dapat dikonsumsi berkali-kali.


    6. Stroberi


    Stroberi merupakan salah satu buah yang selalu dikaitkan dengan sensualitas. Mengandung antioksidan tingkat tinggi, rutin mengonsumsi buah stroberi dapat menjaga kesehatan dan baik bagi kesuburan wanita. Dalam biji buah stroberi sendiri mengandung kadar zinc yang tinggi, dimana berfungsi sebagai pendorong untuk meningkatkan produksi cairan pelumasan pada vagina. Maka dari itu, jika kamu rajin mengonsumsi buah stroberi secara langsung, kehidupan seks bersama pasangan dijamin selalu sejahtera, karena peran si buah merah asam yang bisa membuat libido pada pria dan wanita jadi menggebu-gebu.


    7. Wortel


    Makanan sehat untuk vagina

    (Jus wortel dapat dikonsumsi setiap pagi untuk menjaga vagina tetap sehat. Foto: Dok. Ra'fat Borini/Pexels)


    Bernutrisi tinggi, kandungan flavonoid luteolin dalam sayuran wortel bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker ovarium hingga 34%. Selain itu, rutin mengonsumsi wortel juga membantu menghindari kekeringan pada vagina. Cara mengonsumsinya pun tidak perlu repot, kamu tinggal olah seperti jus biasa dan minum setiap pagi hari sebelum makan. Jika ingin dikonsumsi tanpa diolah menjadi minuman, alangkah baiknya untuk merebus wortel sampai benar-benar lembut lalu siap disantap untuk menu sarapan atau makan siang. Disarankan pula untuk mengonsumsi 50 gram wortel per hari demi menjaga vagina tetap sehat. 


    (Baca Juga : 6 Penyebab Selangkangan Gatal Yang Wajib Diperhatikan)


    Mulai memperhatikan kesehatan vagina dengan rajin konsumsi makanan sehat yang HerWorld Indonesia rekomendasikan, iringi juga dengan aktivitas olahraga squat yang membuat otot-otot vagina semakin kencang. Selamat mencoba!



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below