Thailand dan 6 Negara Ini Kembali Terima Wisatawan Asing


  • Thailand dan 6 Negara Ini Kembali Terima Wisatawan Asing
    Meski sudah buka penerbangan internasional, namun wisatawan tetap wajib mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah. (Foto: Dok. Visit England/Instagram)

    Sudah tidak sabar ingin berangkat liburan lagi ke luar negeri? Tenang, kini Thailand sudah kembali membuka lebar pintu perbatasan mereka untuk wisatawan internasional. Masih menerapkan protokol kesehatan, jika Thailand merupakan negara tujuanmu, kamu harus siap memenuhi persyaratan sebagai wisatawan asing. Diantaranya, harus memiliki bukti dokumen telah divaksinasi lengkap dengan vaksin yang disetujui setidaknya 14 hari sebelum kedatangan, melampirkan hasil tes PCR bahwa kamu negatif COVID-19 yang dikeluarkan dalam waktu 72 jam sebelum bepergian.


    Bahkan setelah mendarat di Thailand pun, kamu wajib menjalankan serangkaian tes Covid-19 terakhir yang dilakukan oleh tim medis di bandara. Meskipun harus melewati ragam macam tes kesehatan, setidaknya setelah dikarantina selama satu malam sembari menunggu lembar hasil tes, kamu sudah bisa bebas mengeksplor Negeri Gajah Putih tersebut.




    (Baca Juga : 8 Drama Korea Ini Wajib Ditonton Saat Kamu Rindu Traveling)


    Selain negara Thailand, ternyata negara-negara ini juga sudah siap menerima wisatawan internasional, lho. Yuk, simak! Siapa tahu bisa jadi referensi untuk negara tujuan liburanmu nanti. 


    1. Sri Lanka




    Menerima kembali wisatawan asing untuk berlibur di negara mereka, Sri Lanka dikabarkan buka penerbangan internasional sejak 26 Desember 2020 lalu. Keputusan resmi Sri Lanka untuk membuka kembali negaranya bagi turis asing ini, karena sebelumnya telah menerapkan lockdown selama delapan bulan akibat pandemi Covid-19 yang merebak.


    Disamping itu, keberlangsungan sekitar tiga juta orang di berbagai wilayah Sri Lanka bergantung pada sektor pariwisata. Meski tidak ada menetapkan waktu sampai kapan menetap di Sri Lanka, tetapi setiap pendatang wajib melakukan karantina selama dua minggu di resor yang ditetapkan pemerintah.


    2. Singapura




    Didominasi wisatawan dari Eropa, negara Singapura resmi menyambut kembali para turis asing yang ingin berkunjung ke negaranya sejak awal bulan September. Di bawah skema Vaccinated Travel Lanes, secara bertahap Singapura merilis daftar nama-nama negara tetangga yang diijinkan masuk.


    Di awali dengan negara Brunei dan Jerman, kemudian pertengahan bulan Oktober, Singapura memperbolehkan wisatawan asal Perancis, Denmark, Italia, Kanada, Inggris Raya, Belanda, Spanyol, dan Amerika untuk berkunjung. Terlepas dari status vaksinasi, turis asing yang berasal dari Asia juga sudah boleh melakukan perjalanan wisata di Singapura, dengan catatan mengajukan Air Travel Pass terlebih dahulu.


    3. Maladewa




    Destinasi wisata paling ikonis, Maladewa sudah membuka kembali penerbangan internasional mulai 15 Juli 2020. Beradaptasi di era new normal, keputusan Maladewa ini tentu disambut gembira oleh para traveler yang rindu akan suasana pantai di negara kepulauan tersebut. Tetap menerapkan protokol kesehatan bagi pendatang, Maladewa tidak mewajibkan untuk memberikan bukti tes negatif Covid-19 atau karantina mandiri pada saat kunjungan wisata.


    Tetapi jika ada wisatawan mulai merasa demam atau menunjukan gejala terjangkit virus COVID-19, ada peraturan tertulis yang mengharuskan uji tes kesehatan terlebih dahulu dengan biaya sendiri dan wajib karantina mandiri. Selama menghabiskan waktu di Maladewa pun, pengunjung diharuskan memakai masker, menjaga jarak, memeriksa suhu tubuh, dan selalu membawa hand sanitizer kemana saja.


    (Baca Juga : Wisata Pantai Di Indonesia Yang Buka Saat Pandemi)


    4. Austria




    Beralih ke benua Eropa, kali ini giliran negara Austria yang kembali membuka pintu penerbangan untuk wisatawan asing. Dianggap sebagai negara dengan tingkat kasus Covid-19 terendah, sejak 24 Juni 2021 lalu Austria bahkan bersedia menerima kembali turis dari negara Singapura dan Thailand.


    Pemerintah Austria sendiri pun sudah mengijinkan museum, hotel, restoran, dan destinasi wisata lain untuk kembali beroperasi per-bulan Mei tahun 2021. Keputusan yang dibuat oleh pemerintah Austria ini dipicu faktor ekonomi, mayoritas warga di beberapa daerah yang menggantungkan hidupnya dari kunjungan turis asing dari seluruh negara-negara Eropa dan Asia.


    5. Belanda





    Rindu akan melihat keindahan taman bunga tulip? Bersenang-senanglah, karena Belanda sudah memperbolehkan kembali penerbangan internasional bagi wisatawan asing yang ingin berkunjung sejak 24 Juni 2021.


    Sama seperti Maladewa, negara dengan julukan Negeri Kincir Angin tersebut juga tidak mewajibkan para pendatang untuk melakukan karantina mandiri. Meski demikian, turis yang baru menginjakkan kaki di bandara harus menerima arahan untuk mengisi deklarasi kesehatan, lalu menunjukkannya kepada pihak terkait.


    6. Inggris Raya





    Inggris resmi melonggarkan aturan bagi wisatawan asing yang ingin berkunjung. Sebelum mengeluarkan pernyataan terkait peraturan soal pariwisata, pemerintah Inggris telah menerapkan sistem kategori daftar merah dan daftar hijau. Hal ini ditetapkan sebagai bentuk pencegahan guna menjaga kesehatan warga negaranya.


    Kabar kembiranya lagi, Indonesia telah menjadi salah satu negara yang masuk dalam kategori daftar hijau. Diketahui, turis asing yang berasal dari negara dalam daftar hijau pemerintah Inggris telah mendapat ijin resmi untuk langsung berkeliling tanpa harus karantina mandiri di hotel. Kendati demikian, kamu tetap diwajibkan untuk menunjukan dokumen medis telah divaksin dan jangan lupa selalu kenakan masker jika ingin mengeksplor keindahan kota London dan sekitarnya.


    (Baca Juga : Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Peru)


    Di situasi yang tidak tahu kapan akan berakhirnya ini, sejumlah negara di dunia telah berusaha semaksimal mungkin untuk menekan berkembangnya virus COVID-19. Dengan menerapkan protokol kesehatan, sebagai wisatawan asing kamu wajib mematuhi segala aturan yang ada demi menjaga satu sama lain.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below