Rangkuman Potret Kemeriahan Acara ISEF 2021, Memorable!


  • Rangkuman Potret Kemeriahan Acara ISEF 2021, Memorable!
    Penampilan peragaan busana KPw BI Purwokerto x LIA MUSTAFA, pada hari pertama pagelaran acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 (Foto: Dok. ISEF 2021)

    Dengan mengusung tema “New Normal is Sustainable Fashion”, pagelaran acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 berupaya menggiatkan sosialisasi konsep sustainable fashion sebagai gaya hidup baru di era new normal. Prinsip fashion berkelanjutan sendiri sejalan dengan prinsip thayyiban (kebaikan) yang merupakan bagian dari gaya hidup halal. Memasuki tahun kedelapan, penyelenggaraan ISEF dengan mengangkat tema “Magnifying Halal Industries Through Food and Fashion Markets for Economic Recovery”. 


    (Baca Juga : ISEF 2021: Sustainable Muslim Fashion Jadi Fokus Utama)




    Acara peragaan busana ini diharapkan menjadi ikhtiar untuk mengembangkan ekosistem halal value chain nasional dan mendorong penguatan pelaku usaha syariah. Perhelatan secara resmi dibuka oleh Ita Rulina selaku Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, berikut HerWorld Indonesia merangkum kemeriahan acara Sustainable Muslim Fashion ISEF 2021 yang berlangsung secara hybrid (daring maupun luring).


    Hari pertama pagelaran Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 resmi dibuka dengan menghadirkan 157 perancang busana Tanah Air dan 41 brand aksesoris lokal


    Potret Kemeriahan Acara Peragaan Busana Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 , Memorable dan Begitu Meninggalkan Kesan Baik!(Looks keren dari salah satu perancang busana kebanggaan Indonesia yang tampil di atas panggung ISEF 2021, Charlie Bravo by Mihalul Abrar, sedangkan untuk akesorisnya dari Joglo Ayu Tenan. Foto: Dok. ISEF 2021)


    Diselenggarakan pada tanggal 27 sampai 30 Oktober 2021 di Jakarta Convention Center (JCC) dan platform virtual ISEF, Bank Indonesia kembali bersinergi dengan Indonesian Fashion Chamber dan Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC) menghadirkan Sustainable Muslim Fashion ISEF 2021 yang merupakan rangkaian kegiatan pameran, talkshow, business matching, kompetisi, serta peragaan busana muslim.


    Fashion show digelar di Assembly Hall JCC dengan konsep fashion parade, sedangkan di Lower Lobby JCC dengan mengusung konsep fashion presentation yang akan menghadirkan 157 fashion designer, 41 brand aksesoris, 797 looks karya perancang mode Indonesia dan anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA) sektor fesyen dan aksesoris. 

    Sustainable Muslim Fashion ISEF tahun ini pun memberikan pengalaman berbeda bagi para desainer lokal untuk mempresentasikan karyanya di atas runway dengan konsep teatrikal. Dalam rangkaian “Pekan Kedermawanan ISEF 2021”, koleksi yang ditampilkan tersebut dilelang dengan hasil lelang akan diwakafkan untuk pemberdayaan UMK fesyen di seluruh Tanah Air.


    Hari kedua Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 sinergikan inovasi, branding, dan digitalisasi fesyen muslim Indonesia


    Potret Kemeriahan Acara Peragaan Busana Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 , Memorable dan Begitu Meninggalkan Kesan Baik!

    (Salah satu rancangan dari Batik Dwi Putro yang tampil di atas panggung ISEF 2021. Foto: Dok. ISEF 2021)


    Dengan tujuan menggaungkan fesyen muslim karya desainer Indonesia ke pasar internasional yang potensial di negara Uni Emirat Arab, atas dukungan Kementerian Perindustrian RI, Fashion Parade pada hari ini dengan bangga disiarkan di ajang internasional Dubai Expo 2021.

    Perhelatan peragaan busana dan pameran ini menghadirkan produk busana muslim serta aksesoris dengan menerapkan konsep sustainable fashion, yaitu penggunaan bahan baku dan SDM lokal untuk menggerakkan perekonomian lokal tetapi mengacu pada inspirasi tren global dan kepedulian akan lingkungan hidup dan sosial.


    ISEF tahun ini kembali menghadirkan buyer dan reseller nasional maupun internasional, mengingat pentingnya peran mereka sebagai bagian dari ekosistem industri fesyen muslim. Diikuti oleh 339 pelaku usaha dalam sektor fesyen muslim, Exhibition & Indonesia Halal Showcase diselenggarakan secara offline (luring) di Assembly Hall JCC dan secara virtual (daring) melalui live streaming di website resmi ISEF sampai bulan Desember 2021.


    (Baca Juga : ISEF 2021 Resmi Digelar Secara Hybrid Dengan Meriah)


    Hari ketiga Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 menjaring potensi talenta muda dengan kesadaran Sustainable Fashion


    Potret Kemeriahan Acara Peragaan Busana Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 , Memorable dan Begitu Meninggalkan Kesan Baik!(Salah satu karya dari Artha Dharma by Ketut Rajin dan accessories by Tiar Handicraft, yang tampil di atas panggung ISEF 2021 pada hari ketiga. Foto: Dok. ISEF 2021)


    Modest Young Designer Competition (MYDC) diadakan dengan tujuan menjaring talenta muda yang kreatif dan inovatif serta memiliki kemampuan sebagai entrepreneur untuk mewarnai sektor fesyen muslim nasional. Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta mengirimkan sketsa desain ready to wear muslim yang menerapkan konsep sustainable fashion dengan mengeksplorasi kekayaan konten lokal dan mengaplikasi tren warna, motif, serta material tekstil. Diharapkan pula kompetisi ini dapat memotivasi generasi muda untuk meningkatkan kompetensi busana muslim Indonesia agar memiliki daya saing tinggi di pasar nasional dan global.


    Pada gelaran hari ketiga ini, acara Diaspora Talk semakin meriah dengan mengangkat tema Style and Behaviour Since Pandemic. Untuk mendorong gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan menggaungkan sustainable fashion melalui busana dengan wastra Nusantara, diselenggarakan pula Live Shopping bersama perancang busana Wignyo dengan wastra tenun serta Batik Chic dan Tudy Adib dengan wastra batik.


    Hari keempat Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 sukses menggiatkan kembali industri fesyen muslim Tanah Air


    Potret Kemeriahan Acara Peragaan Busana Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 , Memorable dan Begitu Meninggalkan Kesan Baik!(Salah satu potret keren busana rancangan dari Dian Pelangi bernuansa merah muda yang tampil di atas panggung ISEF 2021 hari keempat. Foto: Dok. ISEF 2021)


    Jelang berakhirnya gelaran Sustainable Muslim Fashion ISEF tahun ini,Ibu Jardine A. Husman, selaku Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia menyampaikan sambutan rasa syukurnya atas kelancaran terselenggaranya Sustainable Muslim Fashion ISEF 2021 yang dilakukan secara hybrid. Dalam pidato resminya, beliau berharap kegiatan ini dapat menjangkau peserta domestik maupun internasional secara lebih luas dan efisien, serta memberikan motivasi dan inspirasi bagi pelaku fesyen muslim Indonesia untuk tetap berkarya dan terus mencari peluang.


    Sebagai penutup kegiatan Sustainable Muslim Fashion ISEF 2021 digelar Fashion Parade by Indonesian Fashion Designers yang menampilkan keragaman wastra Nusantara seperti batik dan tenun yang diolah menjadi ragam gaya busana muslim.


    (Baca Juga : Virtual Fashion Show "MODEST FASHION ISEF 2020")


    Meskipun masih dalam keadaan terbatas akibat pandemi Covid-19 yang mengglobal, perhelatan yang digelar secara berkelanjutan ini berjalan lancar dan merupakan bentuk kontribusi nyata dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dan pemulihan perekonomian Indonesia. Akan semakin seru, sampai jumpa di Sustainable Muslim Fashion ISEF 2022!


    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below