Cegah Penuaan, 5 Manfaat Baik Jeruk Nipis Bagi Kecantikan


  • Cegah Penuaan, 5 Manfaat Baik Jeruk Nipis Bagi Kecantikan
    Cegah Penuaan, 5 Manfaat Baik Jeruk Nipis Bagi Kecantikan (Foto: Dok. Jessica Lewis/Unsplash)

    Citrus aurantifolia atau lebih dikenal dengan jeruk nipis, a tumdalahbuhan yang mempunyai beragam macam manfaat bagi kesehatan. Walau termasuk kategori buah-buahan, jeruk nipis tidak akan nikmat jika dikonsumsi secara langsung. Sebab, rasanya yang asam kecut membuat orang-orang enggan mengonsumsinya tanpa ada campuran bahan makanan lain.

    Terdapat kandungan vitamin C, A, B, dan E, serta antioksidan yang berguna untuk tubuh, jeruk nipis sering dijadikan campuran masakan, minuman jamu, atau obat herbal alami. Selayaknya kaum hawa yang mengidam-idamkan kulit wajah glowing dan sehat, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat kamu olah sedemikian rupa untuk merawat kecantikanmu.




    (Baca Juga : 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Yang Baik Bagi Kesehatan)


    Kehadiran jeruk nipis di Indonesia pun sangat mudah ditemukan dan bisa kamu dapatkan dengan harga yang ramah di kantung. Kecil-kecil tapi dapat diandalkan, mari simak lima manfaat jeruk nipis bagi kecantikan agar selalu tampil glowing setiap.


    1. Membantu cegah penuaan dini


    Akibat banyaknya radikal bebas di dalam tubuh, hal ini dapat menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini lebih cepat. Mengandung antioksidan yang cukup tinggi, jeruk nipis terbukti dapat melawan radikal bebas. Melimpahnya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis ini juga mendukung proses protein kolagen dalam menghindari kerutan pada kulit. Jika kamu rutin mengonsumsi vitamin C, maka kamu memiliki risiko lebih kecil untuk alami kekeringan dan kulit keriput saat menjelang usia tua nanti.



    2. Melembabkan wajah



    Dimasa pandemi seperti ini, hal paling utama yang harus diperhatikan adalah imunitas tubuh. Agar kamu tetap bugar dan sehat setiap hari dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan, kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis guna mendukung performa dan daya tahan tubuh dari dalam. Selain membantu meningkatkan imunitas dalam tubuh, jeruk nipis bisa membuat wajahmu lebih lembab, lho. Dengan adanya kandungan vitamin C di dalam, jeruk nipis juga menghidrasi kulit secara maksimal.


    Cegah Penuaan, Ini 5 Manfaat Baik Jeruk Nipis Bagi Kecantikan

    (Jeruk nipis yang bermanfaat bagi kecantikan. Foto: Dok. Audrey Frezt/Unsplash)


    3. Membuat wajah cerah alami


    Masalah berat kulit kusam merupakan permasalahan yang sering dirasakan semua orang. Banyak orang yang mengalami permasalahan kulit ini karena diakibatkan penumpukan sel-sel kulit mati. Memiliki kandungan asam sitrat, asam ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Hilangnya sel kulit mati, maka akan berdampak pada wajah Anda yang terlihat lebih cerah. Pengangkatan kulit mati yang cepat juga mencegah penyumbatan pori-pori dan dapat membantu mengurangi munculnya komedo serta jerawat.


    (Baca Juga : Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambutmu, Penasaran Apa Saja?)


    4. Mengurangi produksi minyak di wajah


    Manfaat selanjutnya dari jeruk nipis adalah dapat mengurangi produksi minyak di wajah. Sebab, sari jeruk nipis memiliki sifat astringen yang berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori wajah, mengencangkan otot serta membantu kurangi minyak berlebih. Dengan produk perawatan berbahan dasar jeruk nipis, kamu yang memiliki tipe kulit berminyak bisa mendapatkan kondisi kulit yang semakin baik.


    Cegah Penuaan, Ini 5 Manfaat Baik Jeruk Nipis Bagi Kecantikan

    (Jeruk nipis yang bermanfaat bagi kecantikan. Foto: Dok. Audrey Frezt/Unsplash)


    5. Memudarkan flek hitam


    Flek hitam di wajah bisa diakibatkan karena sering terpapar sinar matahari atau jerawat membandel yang meninggalkan bekas. Dengan meracik sendiri masker alami perpaduan jeruk nipis dan madu di rumah, kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang bebas dari flek hitam. Sebab, nutrisi yang terkandung dalam madu membuat wajah lembab dan kenyal, kandungan pada buah jeruk nipis efektif mengangkat sel kulit mati. Gunakan masker alami ini seminggu sekali secara rutin sehingga mendapatkan wajah yang sehat bukanlah lagi sekadar angan-angan.


    (Baca Juga : Kenali 5 Manfaat Tamanu Oil Untuk Kecantikan Penampilanmu)


    Itulah beberapa manfaat dari buah jeruk nipis yang bermanfaat jika kamu konsumsi secara rutin. Bikin cantik luar dalam, sebelum menggunakan jeruk nipis untuk masker alangkah baiknya untuk konsultasikan ke tenaga ahli agar tidak menimbulkan alergi pada kulit.




    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below