Niki Zefanya Ceritakan Perjalanannya Melawan Eksim


  • Niki Zefanya Ceritakan Perjalanannya Melawan Eksim
    Niki Zefanya ceritakan perjuangannya melawan eksim (Foto: Dok. Instagram/nikizefanya)

    Penyanyi asal Indonesia yang sedang melebarkan sayapnya di kancah internasional, Niki Zefanya, membagikan rahasia kulit wajahnya dalam wawancara bersama The Cut. Wanita 21 tahun ini menceritakan perjalanannya sebagai seseorang yang berjuang dengan dermatitis atopik, jenis eksim yang paling umum, dan eksim dishidrosis.


    Umumnya, kedua kondisi tersebut menjadi topik yang sangat sensitif bagi seorang public figure yang belum pernah membagikan pengalamannya secara terbuka. “Dalam satu situasi bisa menjadi sangat buruk sehingga dulu saya merasakan luka yang sangat menyakitkan dan terbuka di seluruh tubuh saya,” ujarnya.




    Pelantun Switchblade ini mengakui bahwa waktu tersebut menjadi saat yang paling melemahkan dalam hidupnya. Ia tidak bisa memakai apapun yang tidak berlengan panjang dan celana panjang. Bahkan, terkadang ia harus mengenakan syal untuk menutupi leher.


    Niki mencoba melawan kondisi tersebut dengan tropical corticosteroids, antibiotik untuk mencegah infeksi, dan antihistamin untuk melawan alergen. Namun, obat-obat tersebut hanya membantunya dalam jangka pendek karena kulitnya masih terasa gatal tanpa henti dan membuat lukanya kembali berdarah karena ia menggaruknya saat tidur.


    Sebagai solusi jangka panjang, Niki menggunakan pelembab secara rutin. Saat ini dirinya menggunakan Double Repair Moisturizer dari La Roche-Posay dan Itch Relief Moisturizing Cream dari CeraVe karena mengandung satu persen pramoxine hydrochloride yang dapat menghilangkan rasa gatal.


    “Saya juga mengetahui pelembab ini melalui banyak sample yang diberikan oleh dokter kulit saya. Saya sangat menyukainya karena teksturnya cukup ringan untuk dipakai di siang hari dan melembabkan untuk tidur di malam hari. Pelembab ini dapat mengurangi kekeringan dan kulit yang mengelupas di wajah saya,” tuturnya.


    Penyanyi yang baru merilis album Moonchild ini juga menampilkan skincare routine-nya dalam sebuah video yang diunggah dalam akun Instagram The Cut.




    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below