Nike NEXT% Bantu Atlet Lebih Efisien Dalam Bekompetisi


  • Nike NEXT% Bantu Atlet Lebih Efisien Dalam Bekompetisi
    Nike Air Zoom Tempo NEXT membuat atlet lebih efisien dalam berkompetisi (Foto: Dok. Nike Indonesia)

    Dalam setiap produk yang dirilisnya, Nike selalu mengeluarkan terobosan baru untuk meningkatkan kualitas dan memenuhi kebutuhan penggunanya. Kini, Nike mengeluarkan inovasi terbarunya dalam NEXT% untuk membantu atlet lebih efisien dalam berkompetisi. Upaya jarak jauh tetap menjadi fokus utama program Nike NEXT% melalui pengenalan yang ditampilkan pada Nike Air Zoom Alphafly NEXT% dan Nike Air Zoom Tempo NEXT%.


    Tony Bignell, selaku VP Footwear Innovation, menuturkan bahwa inovasi yang dilakukan pada NEXT% berangkat dari banyaknya konsep untuk membuat atlet lebih efisien saat melakukan kompetisi. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa tahun untuk melakukan penelitian dan pengembangan hingga dapat terselesaikan pada 2017 di acara Breaking2. Hasilnya terlihat dari Eliud Kipchoge yang memecahkan rekor dua jam saat menggunakan prototipe Nike Air Zoom Alphafly NEXT%.




    Dalam melakukan riset, Nike melihat bagaimana sepatu dapat memengaruhi kinerja atlet. Matthew Nurse, yang merupakan VP, NXT Sport Research Lab, menyampaikan bahwa hal ini dilihat berdasarkan variabel yang mencakup langkah pelari, dampak, dan detak jantungnya yang kemudian dapat diukur melalui konsumsi oksigen seorang atlet untuk memahami efisiensi mereka dalam berlari.


    Strategi menentukan kecepatan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan jarak lari dan keberhasilannya dalam berkompetisi sehingga seorang atlet perlu mengatur strategi dengan baik. Pemahaman ini yang juga mendasari Nike dalam mengembangkan inovasi.


    Dibuat khusus untuk setiap atlet selama Breaking2 berlangsung, Nike Zoom Vaporfly Elite menggunakan busa Nike ZoomX sebagai bantalan responsif dan plat serat karbon full-length guna meningkatkan ketegasan dan memberikan sensasi dorongan. Busa yang digunakan diperhatikan berdasarkan kompresi, ketahanan, dan energy return yang menyangkut kinerja atlet. 


    “Kombinasi busa yang tahan banting dan plat yang responsif mampu mempermudah gerakan langkah mereka sehingga saat kami menambahkan Zoom Air, seluruh sistem semakin maju yang menjadikannya produk dengan kinerja yang jauh lebih baik,” ujar Carrie Dimoff selaku Senior Footwear Innovator.


    Membawa teknik NEXT% dalam sepatu training menjadi gambaran awal untuk mendorong manfaat yang terukur, terlepas dari hitungan stopwatch.


    “Kami menggunakan busa Nike React pada bagian tumit untuk memberikan perlindungan benturan dan daya tahan yang lebih baik, dan kami menggunakan plat komposit yang tidak terlalu kaku dan dirancang untuk penggunaan sehari-hari,” tutur Bignell. Tujuan yang dimiliki Nike dalam Tempo ialah membantu atlet agar mampu memulai start dengan cara yang lebih baik dan efektif.


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below