Selain Cincin Tunangan, Siapkan Hal-Hal Ini Untuk Lamaran


  • Selain Cincin Tunangan, Siapkan Hal-Hal Ini Untuk Lamaran
    Ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat proses lamaran selain cincin tunangan. Cari tahu yang kamu butuhkan di sini. (Foto: Dok. Burst/Pexels)

    Kamu dan pasangan sudah menetapkan tanggal lamaran. Mungkin kamu langsung memikirkan model atau warna cincin tunangan yang diinginkan, padahal masih ada banyak hal yang harus kalian persiapkan. Cari tahu di sini apa saja yang kamu persiapkan untuk lamaran, selain cincin tunangan.


    Seserahan

    Yang satu ini tentunya enggak boleh ketinggalan saat proses lamaran terjadi. Seserahan adalah persiapan lamaran dari pria untuk calon mempelai wanita. Barang-barang yang disiapkan juga sebaiknya disesuaikan dengan kesukaan si calon agar bisa dimanfaatkan dengan baik. 


    Umumnya, seserahan berupa barang-barang yang dibutuhkan wanita seperti pakaian, perhiasan, peralatan ibadah, alat-alat mandi, produk perawatan wajah dan kulit, tas, atau sepatu. Tapi, bukan berarti kamu juga enggak boleh menyiapkan seserahan. Kini, sudah banyak juga calon mempelai wanita yang menyiapkan seserahan ekstra untuk pasangannya seperti baju koko, peci, sepatu, atau aksesori lainnya.


    (Baca Juga: Rekomendasi Penyewaan Boks Seserahan)


    Makanan

    Acara lamaran tentu tidak akan lengkap tanpa sajian makanan. Jenis makanannya bebas, tidak ada aturan wajib, namun biasanya di beberapa daerah akan menghadirkan makanan khas dari daerah tersebut. Makanan yang disiapkan oleh pihak calon mempelai pria biasanya dihias layaknya seserahan, sedangkan pihak wanita menyajikan dalam bentuk prasmanan atau nasi kotak.


    Jika pihak wanita akan menerima tamu dari pihak pria di rumahnya, sebaiknya sediakan juga camilan seperti jajanan pasar atau potongan buah segar. 


    Transportasi

    Jika lokasi lamaran cukup jauh, pastikan kalian sudah menyiapkan transportasi dari jauh hari. Pertimbangkan jumlah keluarga yang akan ikut dalam proses lamaran. Jika rumah calon mempelai wanita berada di luar pulau, mungkin bisa diwakilkan oleh beberapa anggota keluarga saja.


    (Baca Juga: 8 Kesalahan Yang Dilakukan Calon Pengantin Wanita)


    Buat anggaran

    Hal paling penting saat membuat lamaran dan tentunya pernikahan adalah membuat anggaran. Rancang keuanganmu dengan detail dari jauh hari sebelum membuat acara lamaran. Masukkan harga cincin, seserahan, makanan, transportasi, dan lainnya dalam anggaran tersebut. Dengan adanya rincian ini, kamu akan lebih terbantu dalam mengontrol pengeluaranmu.


    Seragam

    Kalau kamu punya anggaran lebih, kamu bisa menyiapkan seragam untuk anggota keluarga yang ikut dalam prosesi tunangan. Tapi jika budget terbatas, mungkin hanya keluarga inti saja, atau justru ajak mereka untuk mengenakan warna yang senada sebagai simbol kekompakan.


    (Baca Juga: 10 Soundtrack Film Untuk Diputar Di Pesta Pernikahan)


    Dokumentasi

    Abadaikan momen lamaranmu dalam foto atau video. Jika ada budget lebih, kamu bisa menyewa fotografer dan videografer agar hasilnya lebih bagus. Namun jika tidak, kamu bisa meminta salah satu anggota keluargamu untuk mendokumentasikannya. Pastikan juga untuk melakukan sesi foto berdua pasangan usai acara agar tersimpan di feed Instagram-mu. 


    Susunan acara

    Setelah semua detail terpenuhi, jangan lupa untuk menyiapkan susunan acara lamaran. Kamu bisa menyewa jasa MC atau meminta bantuan dari anggota keluarga sebagai perwakilan juru bicara. Sebaiknya, minta pada anggota keluarga yang dituakan atau dihormati.


    Dalam proses lamaran, biasanya acara dimulai dengan pengutaraan maksud dan tujuan kedatangan dari pihak pria. Dilanjutkan dengan pemberian seserahan dan cincin tunangan pada pihak wanita. Setelah itu, ada perkenalan keluarga dari kedua belah pihak dan ditutup dengan doa singkat. 


    (Baca Juga: 6 Cara Menggelar Pesta Pernikahan Anti-Mahal)


    Itulah hal-hal yang harus kamu persiapkan dalam proses lamaran selain cincin tunangan. Mempersiapkan prosesi ini memang bukan hal sulit tapi pasti mendebarkan karena kamu ingin semuanya berjalan sempurna. Triknya adalah tetap lakukan bersama pasangan dengan baik dan santai agar hasilnya juga maksimal.