Jaga Kesehatan Rambut Dengan Mengonsumsi Makanan Ini


  • Jaga Kesehatan Rambut Dengan Mengonsumsi Makanan Ini
    Berikut sejumlah makanan yang bisa mengatasi rambut rusak (Foto:Dok/Pexels)


    Mengalami kerusakan rambut kerap mengganggu penampilan keseharian. Mulai dari rambut rontok, ketombe, hingga kusam buat diri jadi tak percaya diri kala beraktivitas dan bertemu dengan banyak orang. Kamu pernah mengalaminya?

    Oleh sebabnya, menjaga kesehatan rambut sangatlah penting agar ia tumbuh dengan baik dan sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi vitamin, bisa membantu rambut menjadi lebat, sehat dan tidak mudah rontok. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut di antaranya.




    (Baca Juga: Inilah 6 Cara Merawat Warna Rambut Agar Tidak Pudar)


    1. Telur

    Sumber protein dan biotin dalam telur merupakan nutrisi yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dengan efektif. Hal ini dikarenakan folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Kekurangan protein dalam makanan terbukti meningkatkan kerontokan rambut.

    Sementara, biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin, itulah sebabnya suplemen biotin sering dipasarkan untuk pertumbuhan rambut. Melansir laman Healthline, sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak biotin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

    Manfaat lain dari telur, ia mengandung seng, selenium, dan nutrisi sehat rambut lainnya yang bisa mengoptimalkan kesehatan rambut.


    2. Alpukat

    Selain lezat, alpukat juga mengandung vitamin C, E yang bisa membantu menumbuhkan rambut. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kandungan ini akan bekerja melebatkan rambut, bahkan membuatnya kuat dari akar.

    Selain itu, banyak studi yang telah membuktikan bahwa kedua vitamin itu dipercaya untuk menjaga kesehatan kulit dan menurunkan stres. Sehingga selain rambut, manfaat lain bisa dirasakan tubuh saat mengonsumsi alpukat.


    (Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Oil yang Memiliki Manfaat Untuk Rambut)


    3. Ubi 

    Ubi memiliki kandungan beta karoten dalam jumlah banyak. Dan saat dikonsumsi, senyawa ini diubah oleh organ tubuh menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan rambut.

    Vitamin A efektif meningkatkan produksi sebum yang melindungi rambut agar tidak mudah rusak dan bercabang. Terlebih lagi vitamin ini juga mendorong pertumbuhan rambut lebih tebal sekaligus mencegah folikel rambut mengalami penurunan.


    Itulah sejumlah makanan yang bisa menjaga kesehatan rambut agar tidak rusak dan rontok.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below