Hair & beauty

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Metode Skin Fasting

By : Fariza Rahmadinna - 2020-08-05 20:00:01 Mengenal Lebih Jauh Mengenai Metode Skin Fasting

Kamu pasti memiliki berbagai produk perawatan kulit yang memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing untuk merawat kulit. Dalam dunia kecantikan, terdapat beberapa metode perawatan kulit, mulai dari metode perawatan kulit Korea hingga metode skin fasting. Nah, apakah kamu pernah mendengar mengenai metode skin fasting untuk merawat kulit? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini ya!


Apa itu metode skin fasting?


Tren metode skin fasting pertama kali diperkenalkan oleh sebuah perusahaan skincare Jepang, yaitu Mirai Clinical. Metode skin fasting adalah suatu metode ‘puasa’ menggunakan beberapa produk skincare yang bertujuan untuk mengistirahatkan kulit dari bahan-bahan kimia sebagai upaya untuk meningkatkan fungsi kulit kamu. Sederhananya, skin fasting dipercaya dapat membantu mendetoksifikasi kulit dan memungkinkan sistem perawatan alami kulit kamu bekerja secara lebih efektif memperbaiki permasalah kulit di dalamnya. 


Apa manfaat metode skin fasting?


Sebagaimana diketahui, metode skin fasting dipercaya dapat membantu mendetoksifikasi kulit. Kulit yang mengalami banyak masalah, biasanya disebabkan karena banyaknya timbunan racun dan kotoran pada kulit, sehingga perlu melakukan detoksifikasi. Melansir dari laman Allure, menurut David Lortscher, dokter kulit bersertifikat di San Diego mengatakan bahwa, dengan menghilangkan sementara produk perawatan kulit, memungkinkan kulit kamu untuk mereset dan pada gilirannya dapat meningkatkan fungsi kulit kamu. 


Tak hanya itu saja, dikutip dari laman Bustle, perusahaan skincare Jepang, Mirai Clinical mengatakan bahwa mereka percaya kulit memiliki kemampuan untuk merawat dirinya sendiri selama kita memberikan kesempatan. Dengan kata lain, setidaknya kamu perlu untuk mengistirahatkan kulit dari berbagai produk skincare, agar kulit berkesempatan untuk bekerja secara alami memperbaiki permasalahan di dalamnya.


Skin fasting memiliki manfaat lain yakni untuk mengetahui penyebab suatu masalah kulit, dan juga reaksi kulit terhadap suatu bahan kimia. Metode skin fasting bisa dilakukan selama tiga hari sampai satu minggu, ketika kamu baru saja mencoba produk skincare yang baru. Dengan begitu, kamu akan mengetahui reaksi kulit terhadap skincare yang baru, apakah skincare itu cocok di kulit atau tidak.

Namun perlu diingat, metode skin fasting tidak akan bekerja secara maksimal pada kulit berjerawat. Hal ini karena, istirahat dari produk anti jerawat justru dapat mengakibatkan peningkatan jerawat. 


Saat melakukan metode skin fasting, harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin. Hal ini karena, menurut pedoman dari Mirai Clinical, memiliki dan menjaga kesehatan kulit tergantung pada nutrisi yang kamu konsumsi serta menerapkan gaya hidup sehat. Untuk menjaga kesehatan kulit, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C atau vitamin E, karena vitamin-vitamin tersebut bisa membuat kulit kamu lebih sehat, lebih cerah, dan juga menjaga kelembapan kulit.


Olahraga secara teratur juga bisa membantu melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darah lancar, maka oksigen dan nutrisi akan tersalurkan dengan baik, sehingga membuat kulit menjadi lebih lembap. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat membantu mencegah stres. Seperti yang diketahui, stres dapat memicu munculnya masalah jerawat pada kulit. Dengan rutin berolahraga akan membuat pikiran lebih rileks dan tidak mudah stres, sehingga dapat membantu kamu terhindar dari munculnya masalah kulit tertentu. 

Hair & beauty