Sex & relationship

Lakukan Cara Ini Agar Hubungan Terhindar Dari Perceraian

By : Hafizah Rana Dalilah - 2020-08-03 21:56:00 Lakukan Cara Ini Agar Hubungan Terhindar Dari Perceraian


Setelah menjalin pernikahan, menjaga rasa cinta antara kamu dan pasangan adalah kunci agar hubungan berjalan dengan harmonis. Jika tak terawat, berbagai masalah pun bisa muncul, bahkan berujung pada perceraian. 

Selama kamu dan pasangan terus berbagi cerita dan saling mendengarkan keluhan satu sama lain, bercerai mungkin tak akan menjadi ujung dari kisah cintamu dengan si dia. Selain itu dengan hal-hal berikut ini, bisa jadi cara untuk mencegah perceraian.


1. Luangkan waktu untuk bermesraan

Meski telah menjalin hubungan yang cukup lama, bermesraan jadi salah satu kegiatan yang tak boleh terlewatkan satu hari pun. Hal ini dikarenakan rasa cinta yang akan terus tumbuh saat bercinta, berpelukan dan kegiatan romantis lainnya bersama pasangan. 


2. Memuji pasangan

Tanpa disadari pengakuan pasangan jauh lebih penting dibandingkan pengakuan orang lain di luar sana. Pujilah pasanganmu di depan orang lain atau saat ia terbangun dari tidur atau bahkan sebelum terlelap. Cara ini bisa membuat hubungan semakin erat, dan tak mudah untuk dipisahkan.


3. Jelaskan

Bagaimanapun, hubungan tak mungkin terlepas dari pertengkaran. Jika ini terjadi, mengalah hanya bisa jadi solusi sementara yang mungkin akan terus terulang. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

Melansir laman Pyschology Today, membuat daftar semua keluhan atau komentar pada pasangan bisa memperbaiki keadaan, bahkan menghindarkan kata cerai terlontar dari kamu dan pasangan. Cara ini juga bisa membuat keduanya saling intropeksi diri dan belajar untuk memperlakukan pasangan sesuai keinginannya.


4. Lihat sisi baik

Usahakan melihat pasanganmu dari sisi baik yang ia miliki. Atau cara lain, ingatlah kembali apa yang buat dirimu tertarik padanya sehingga jatuh hati dengannya.

Penampilan, usaha dan apapun yang membuatmu tertarik padanya bisa membangun perasaan cinta yang bisa menghentikan keinginan untuk bercerai. 


5. Belajar pertahankan hubungan

Walaupun telah hidup bersama pasangan cukup lama, belajar mengerti dirinya salah satu kunci untuk mempertahankan hubunganmu. Mulai dari komunikasi, hal yang ia sukai dan lainnya kerap jadi materi yang tak akan habis dipelajari sepanjang hidup.

Berbicara bersama secara kooperatif, membuat keputusan bersama, mencegah kemarahan dan lainnya adalah hal utama yang harus dilakukan agar hubungan terhindar dari perceraian. Cara ini juga akan menguatkan rasa cinta antara kamu dan pasangan.


Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan agar hubunganmu terhindar dari perceraian.

Sex & relationship