6 Brand Lokal Keluarkan Motif Tie Dye Untuk Tampil Stylish


  • 6 Brand Lokal Keluarkan Motif Tie Dye Untuk Tampil Stylish
    Motif tie dye yang unik dari brand lokal (Foto:Dok/Instagram/Berbagai Sumber)


    Teknik tie dye atau ikat celup untuk menciptakan motif yang unik dan one of a kind pada sebuah bahan, sudah dikenal sejak dulu di berbagai belahan dunia. Dari Peru, Amerika Serikat, India, Jepang, China, hingga di Tanah Air, mengenal corak ini dengan sebutan beragam.

    Di Jepang dikenal dengan sebutan Shibori, sementara di India disebut Bandhani. Nah di Indonesia, kita lebih familiar dengan kata jumputan, yang artinya kira-kira sama dengan teknik mengikat kain dan mencelupnya ke bahan pewarna untuk menghasilkan motif baru yang unik.



    (Baca Juga: 'LV Escale': Kombinasi Seru Tie Dye Dan Monogram Raksasa)


    Bahkan di Indonesia sendiri, sebutan tie dye juga beragam dari satu daerah ke daerah lain. Sasirangan sebutannya untuk teknik tie dye yang dikembangkan di Banjarmasin, serta Pelangi di Palembang.

    Tahun lalu, motif tie dye sempat jadi bintangnya gelaran mode dunia. Saat Dior meluncurkan koleksi Spring 2019 yang dipenuhi motif ini pada busana siap pakai, juga sepatu dan tas. Maria Grazia Chiuri, sang desainer, malah sempat mendemokan bagaimana ia mengajak para perajin untuk menciptakan motif-motif tie dye yang dipakainya untuk melengkapi koleksi musim itu.

    (Baca Juga: 8 Tampilan Busana dan Aksesori Favorit di 2019)


    Tidak hanya Dior, juga Prada, Stella McCartney, Proenza Shcouler lalu berikutnya diikuti oleh brand-brand fast fashion juga memproduksi koleksi yang terinspirasi dari corak ini. 

    Motif tie dye tidak selalu identik dengan gaya etnik. Di Indonesia sendiri, corak ini banyak dipakai oleh para desainer untuk menciptakan koleksi busana untuk segala gaya, dari kasual, sporty, hingga formal bahkan sebagai busana nasional yang resmi. Berikut 6 brand lokal favorit yang mengeluarkan koleksi busana bercorak tie dye, yang patut disimak untuk melengkapi tak saja koleksi busana tetapi juga scarf dan masker kamu di masa New Normal ini.

    (Baca Juga: Onitsuka Tiger Hadirkan Koleksi Sepatu 'Delegation Chunk™')


    1. Handmade Craftsera


    Tidak hanya menyediakan busana siap pakai, brand ini juga membuat masker, bandana, hingga elemen interior berupa sarung bantal dengan motif tie dye dalam segala warna. Sungguh menyegarkan!


    2. Dhara Clothing


    Berpusat di Jakarta Selatan, Dhara Clothing memproduksi busana siap pakai dan aksesori berbahan etnik, termasuk kain yang dibuat dengan teknik tie dye. Mulai dari masker, scarf, tote bag hingga tunik panjang yang nyaman sekaligus anggun. Hampir semua dibuat dengan cara handmade


    3. Shibori Street


    Terletak di Yogyakarta, Shibori Street yang diprakarsai oleh Dayu Jiwa, secara rutin membuka kelas bagi siapa saja yang berminat belajar teknik tie dye. Di workshop nya yang asri, terdapat butik yang menjual busana siap pakai dan aksesori berbahan batik dan tie dye dengan pewarnaan alami. 

    (Baca Juga: Purana Hadirkan Busana 'Hybrid' yang Modis)


    4. By Binzu


    Kain bercorak shibori dengan nuansa warna alami jadi ciri khas By Binzu, selain juga koleksi busana unisex yang praktis dan simple. Pada Hari Raya lalu, By Binzu berkolaborasi dengan desainer Sarah Sofyan, meluncurkan koleksi busana muslim. 


    5. Tie Your Dye


    Ini pilihan tepat bagi kamu yang menyukai gaya sporty atau kasual. Tie Your Dye menyediakan koleksi busana dari mulai button top, tshirt, sweater, hoodie dan sweatpants semua dalam nuansa warna pastel


    6. Trick &Tricky


    Gaya feminin dengan baju-baju longgar kini tengah digemari, baik untuk di rumah saja, atau bepergian dengan tujuan yang esensial. Trick & Tricky menyediakan pilihan busana all size, bahkan juga untuk para ibu menyusui yang tentu tetap ingin terlihat stylish!