Konsumsi 10 Makanan Ini Agar Rambut Sehat Dan Kuat


  • Konsumsi 10 Makanan Ini Agar Rambut Sehat Dan Kuat
    10 makanan ini bisa memperkuat rambut dan mengatasi kerontokan rambut (Foto:Dok/Pexels/Element5)


    Wanita mana yang tega melihat rambutnya rontok? Masalah rambut rontok sering membuat rasa percaya diri menurun, karena akan membuat rambut menipis dan sulit ditata. Kerontokan rambut disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya faktor genetik, tingkat stres, diet, dan juga usia. Yang paling mudah dan langsung bisa dilakukan saat ini adalah memperbaiki diet atau pola makan kamu. 

    Makan dengan menu bergizi seimbang secara teratur dapat memberi kesehatan tidak saja pada rambut, tetapi juga pada tubuh secara keseluruhan. Untuk jangka panjang, gaya hidup sehat ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, membuatnya kuat, serta memperbaiki sirkulasi kulit kepala.



    Berikut 10 makanan yang perlu dikonsumsi demi mendapatkan rambut sehat, kuat dan berkilau.

    (Baca Juga: Ketahui Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya)


    1. Stroberi


    (Manfaat stoberi untuk rambut.Foto:Dok/Pexels/Pixabay)

    Buah berjenis beri-berian ini cukup menjadi favorit. Kaya akan vitamin C, B5, B6, asam folat dan ellagic acid yang berguna untuk melawan penipisan rambut. Stroberi juga dapat dibuat sebagai masker rambut atau kondisioner alami untuk membuat rambut lebih halus dan berkilau.


    2. Salmon


    (Kandungan salmon bisa memperkuat rambut.Foto:Dok/Pexels/Huy)

    Mengandung Omega 3, salmon menjadi sumber protein dan vitamin B. Jika rambut kamu terasa kering dan rapuh, perbanyaklah makan salmon.

    (Baca Juga: Penyebab Rambut Rontok yang Paling Umum)


    3. Pistachio


    (Pistachio mengandung omega 3 yang bisa buat rambut lebih berkilau.Foto:Dok/Pexels/Pixabay)

    Hampir semua jenis kacang bisa menyehatkan rambut dengan menyuplai vitamin E, selenium, Omega 3 yang akan membuat rambut lebih terlihat sehat berkilau. Pistachio adalah salah satu jenis kacang yang padat gizi yang juga mengandung asam lemak yang dapat menguatkan folikel rambut. Kandungan biotin nya dapat mencegah kerontokan rambut.


    4. Oysters


    (Tiram memiliki manfaat untuk rambut.Foto:Dok/Pexels/Elle)

    Tak saja terkenal sebagai aphrodisiac (jenis makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual), oyster juga kaya akan zinc yang penting untuk memperbaiki kondisi rambut rontok yang kebanyakan disebabkan oleh kekurangan zat ini.

    (Baca Juga: 10 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut)


    5. Lentils


    (Kacang-kacangan.Foto:Dok/Pexels/Kyle)

    Bagi penganut vegetarian, lentil adalah sumber protein utama yang kaya serat, juga memberi tambahan pasokan zat besi, zinc dan biotin yang dapat memperbaiki sirkulasi kulit kepala sehingga rambut dapat tumbuh lebih sehat.


    6. Jambu biji


    (Jambu biji kaya akan vitamin untuk memperkuat akar rambut.Foto:Dok/Pixabay/Rierosa222)

    Rambut kamu cepat patah? Maka sudah dapat dipastikan kamu membutuhkan vitamin C lebih banyak. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang lebih tinggi dari jeruk. Kaya serat, asam folat dan potasium. Makan jambu potong atau pun di jus tanpa campuran buah lain, dapat mengoptimalkan asupan vitamin C. Kamu juga dapat membuat teh dari daun jambu biji yang dapat memberikan keuntungan lebih.

    (Baca Juga: Rambut Rontok Setelah Melahirkan? Ini Solusinya)


    7. Kayu manis


    (Manfaat kayu manis untuk rambut.Foto:Dok/Pexels/Pixabay)

    Jadi bahan favorit untuk kudapan dan minuman hangat, kayu manis dapat membantu meningkatkan sirkulasi bagi folikel rambut serta menyuplai aliran oksigen ke rambut agar rambut terlihat sehat dan berkilau.


    8. Daging tanpa lemak


    (Daging tanpa lemak.Foto:Dok/Pexels/Fabio)

    Protein tidak saja dibutuhkan tubuh, tetapi juga oleh rambut. Pilih dada ayam atau daging kalkun (turkey). Protein yang cukup dapat mencegah terjadinya kerontokan rambut, mencegah rambut bercabang dan menipis.

    (Baca Juga: 6 Rekomendasi Sampo yang Ampuh untuk Rambut Rontok)


    9. Sereal (whole grain)


    (Sereal.Foto:Dok/Pexel/Foodie Factor)

    Memilih sereal, lebih baik yang diperkaya kandungan zat besi, bisa jadi pilihan bijak untuk sarapan. Zat besi menyuplai oksigen ke folikel rambut juga dapat mempertahankan kelebatan rambut.


    10. Wortel


    (Wortel untuk rambut.Foto:Dok/Pexels/Mali)

    Fungsinya untuk meningkatkan kualitas mata dan kulit mungkin sudah umum diketahui. Tapi tahukah kamu bahwa sayuran dengan kandungan beta-karotin yang tinggi ini juga menguntungkan untuk rambut? Kaya gizi, dengan kandungan vitamin A & C, membantu merawat kesehatan rambut, meningkatkan surkulasi kulit kepala, juga membantu pertumbuhan rambut yang sehat.


    Itulah sejumlah makanan yang bisa bantu atasi rambut rontok. Selamat mencoba!


    (Disclaimer: Artikel ini telah diterbitkan oleh Women’s Weekly Singapore dan Her World Plus)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below