7 Manfaat Madu Untuk Merawat Kulit


  • 7 Manfaat Madu Untuk Merawat Kulit
    Berikut sejumlah manfaat untuk kulit (Foto:Dok/Pexels/Pixabay)


    Selain baik untuk kesehatan, madu juga dipercaya sebagai formula khusus untuk dunia kecantikan. Salah satunya adalah untuk merawat kulit agar lebih sehat dan menghindarinya dari permasalahan kulit.

    Kaya akan antioksidan dan memiliki anti inflamasi buat madu efektif untuk menyingkirkan jerawat serta penyakit kulit lainnya. Selain itu apa lagi? dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat madu untuk merawat kulit.



    (Baca Juga: Khasiat Madu Putih bagi Kesehatan)


    1. Mengatasi masalah kulit

    Banyak yang tidak tahu bahwa sebetulnya madu memiliki khasiat untuk mengatasi ragam penyakit kulit. Mulai dari jerawat, psoriasis hingga eczema

    Kamu bisa mengolahnya dengan menambahkan formula lain seperti susu, jeruk nipis, kunyit, pisang, oatmeal dan mentimun, madu bisa menjadi masker wajah yang efektif untuk mengatasi permasalahan kulit secara efektif

    Melansir laman medical news today, sebuah studi tahun 2017 yang dilakukan oleh Abd Jalil, Kasmuri A R dan Hadi H menemukan bahwa madu yang alami memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Oleh karenanya memilih madu yang natural lebih dianjurkan untuk perawatan kulit.


    2. Mencerahkan kulit

    Selain membantu menyembuhkan ragam penyakit kulit, madu juga terbukti memberikan efek mencerahkan sekaligus membuat kulit lebih glowing

    Sifat eksfoliasi di dalamnya bisa mengangkat sel kulit mati yang bisa membuat kulit tampak lebih kusam. Sehingga kulit baru akan muncul sekaligus akan lebih halus.

    Kamu bisa mencobanya setelah mencuci muka dengan sabun dan air. Oleskan madu murni yang telah dicampur dengan air agar tekstur lebih cair dan mudah meresap. Diamkan beberapa menit lalu bilas.

    (Baca Juga: Kombinasi Madu dan Ginseng dalam Produk Terbaru Kiehl's)


    3. Menyamarkan bekas luka

    Jika kamu memiliki bekas luka atau goresan pada kulit, madu jadi salah satu solusi untuk menyamarkannya. Bahkan, madu memiliki anti septik alami yang bisa membunuh bakteri pada kulit.

    Namun, melansir laman Healthline, sebuah studi menemukan bahwa madu mungkin saja tidak baik untuk digunakan bagi bekas luka bakar dan luka dalam.


    4. Mencegah penuaan

    Penelitian di tahun 2013 oleh Bruno Burlando dan Laura Cornara menemukan bahwa madu mengandung anti-aging yang efektif untuk mencegah penuaan kulit.

    Menggunakannya sebagai perawatan rutin bisa menghambat pembentukan keriput dan melawan infeksi yang bisa membuatnya lebih tua. Dengan menggunakannya sebagai perawatan kulit bisa membuat kulit terlihat lebih muda. 

    (Baca Juga: Cara Membuat Lemonade Madu)


    5. Menyembuhkan kanker kulit

    Manfaat lain yang terpendam di dalam madu adalah bisa membantu proses penyembuhan kanker kulit. Hal ini karena ia memiliki kandungan seperti antiproliferative, antikanker, dan antimetastatic yang efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. 

    Namun meskipun demikian, mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter perlu dilakukan agar perawatan berjalan dengan efektif. 


    6. Melembapkan Kulit

    Madu kerap kali hadir diberbagai produk kecantikan. Ia dipercaya karena mengandung enzim yang mudah diserap kulit sehingga proses hidrasi kulit menjadi lebih cepat dan mudah. Kamu bisa mengoleskan madu alami pada kulit yang kering dan biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air dingin.

     

    7. Mengangkat Komedo

    Manfaat madu bagi kecantikan juga bisa untuk mengankat komedo pada kulit. Selain bisa membersihkannya, ia juga bisa memperhalus kulit dengan kandungan antioksidan yang dimilikinya.

    Kamu bisa mencoba mencampurnya dengan minyak jojoba atau kelapa, Oleskan pada kulit yang penuh dengan komedo. Kemudian pijat secara melingkar sambil mencoba untuk mengeluarkannya. Lalu bilas dengan air dingin. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below