Rencana Dibukanya Kembali Tempat Wisata Kala 'New Normal'


  • Rencana Dibukanya Kembali Tempat Wisata Kala 'New Normal'
    Sektor pariwisata menjadi yang paling terdampak dan butuh perhatian khusus karena covid19. Apakah kembali buka saat 'New Normal'? (Foto: Dok/AnnaShvets/Pexels.com)


    Beberapa waktu lalu, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengungkapkan bahwa mereka bersiap membuka kembali sekitar 60 mall mulai 5 Juni 2020, sehari setelah jadwal perpanjangan PSBB tahap ketiga pada 4 Juni 2020. Meski, Pemprov DKI jakarta sendiri belum mengumumkan apakah PSBB diperpanjang atau tidak.



    Lalu, bagaimana dengan tempat wisata?

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dikabarkan juga akan membuka kembali sejumlah tempat wisata dan hiburan secara bertahap, jika masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir pada 4 Juni 2020.  

    Ungkapan itu disampaikan Cucu Ahmad Kurnia, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, seperti dikutip dari Antara. Masing-masing tempat wisata, kata dia, mesti memiliki protokol kesehatan terhadap Covid19. Hingga saat ini, belum dipastikan kapan sejumlah tempat wisata tersebut resmi dibuka.

    Sementara itu, pihak Kementerian Pariwisata masih menunggu arahan lebih lanjut dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19, terutama dalam hal apakah PSBB kembali diperpanjang atau tidak.

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio dalam rilis resminya mengungkapkan protokol kenormalan baru pariwisata yang dipersiapkan hanya diterapkan pada daerah yang telah dinyatakan siap. Protokol new normal tersebut menerapkan program CHS atau Cleanliness, Health and Safety. Diantara syarat tersebut yakni daerah wisata yang sudah mengalami penurunan kasus covid19.  


    (Baca juga: 8 Tips Menghadapi 'New Normal' di Masa Pandemi Covid19) 


    Menjelang masa 'New Normal', sejumlah tempat wisata masih tutup untuk sementara sembari menunggu arahan dan kesiapan dengan protokol kesehatan yang ketat. 


    Kota Tua Jakarta  


    Kawasan wisata favorit Jakarta ini masih tutup untuk sementara. Baru-baru ini, lewat akun instagramnya, terungkap Kepala Unit Pengelola Kawasan Kota Tua melakukan pembekalan kepada para Satgas Keamanan Kota Tua dengan cara pengecekan suhu menggunakan alat Termometer Gun di tiap pintu masuk gerbang Taman Fatahillah, Kota Tua. Hal ini untuk upaya mengantisipasi penyebaran wabah virus corona (Covid-19). Pengecekan suhu akan dilakukan kepada pengunjung yang datang ke Kota Tua sebagai protokol kesehatan di masa 'New Normal' mendatang.


    Taman Mini Indonesia Indah  


    Selama masa pandemik covid19, TMII mengungkapkan masih terus berbenah dan melakukan serangkaian upaya dalam mencegah penyebaran virus covid-19 sehingga nanti jika situasi membaik dan tempat wisata diizinkan buka. TMII masih tutup sementara, dan mempersiapkan protokol kesehatan covid di era 'New Normal'.


    Monumen Nasional


    Hingga saat ini, Kawasan dan Tugu Monas Serta Tugu Proklamasi juga masih tutup untuk sementara dan diperpanjang sampai batas waktu yang akan di informasikan lebih lanjut terkait dengan Virus Covid 19.


    Taman Impian Jaya Ancol


    Taman Impian Jaya Ancol, Dunia Fantasi, dan Sea World Ancol masih belum menetapkan jadwal buka. Sembari menunggu, mereka mempersiapkan diri untuk normal yang baru. "Karena selalu ada harapan baru disetiap hari yang cerah. Sambut datangnya pelangi, setelah hujan reda." tulis salah satu caption di postingannya.


    Kebun Binatang Ragunan


    Baru-baru ini, Kebun binatang Ragunan mengusung rekreasi virtual bersama orangutan Sumatera lewat instagram live. Ragunan masih menganjurkan untuk publik agar tetap di rumah saja, dan belum menunjukkan akan buka kembali untuk saat ini.


    Planetarium & Taman Ismail Marzuki


    Baik Planetarium dan Pusat Kesenian Taman Ismail Marzuki Jakarta masih tutup untuk sementara hingga ada pembertahaun lebih lanjut. Pembukaan bertahap sepertinya masih ditinjau lebih jauh untuk destinasi wisata yang satu ini.


    Daftar tempat wisata Jakarta 


    Terkait 'New Normal', Pemerintah provinsi DKI Jakarta masih belum mengumumkan akan dibukanya kembali tempat wisata Jakarta. Sejak akhir Maret lalu, beberapa tempat wisata ditutup sebagai bentuk pencegahan dari potensi resiko penularan covid19.

    Dibukanya kembali tempat wisata disebutkan bergantung pada kondisi kurva kasus covid19 yang menurun, dan juga kesiapan dengan sosialisasi, uji coba dan simulasi.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below