Lakukan Cara Ini Saat Nafsu Makan Naik Setelah Lebaran!


  • Lakukan Cara Ini Saat Nafsu Makan Naik Setelah Lebaran!
    Cara menurunkan nafsu makan setelah lebaran.Foto:Dok.Pexels


    Lebaran identik dengan makanan yang lezat dan menggugah selera. Sehingga saat mencipipinya, lidah pun ingin menikmatinya lagi dan lagi. Bahkan perut pun terasa lapar dan nafsu makan ikut meningkat. Kamu merasakannya juga?

    Makan secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa meningkatkan lemak tubuh, organ di dalamnya pun tidak bisa bekerja maksimal untuk mengolah makanan yang masuk tanpa kenal waktu. Jika dibiarkan, dampaknya berbagai penyakit seperti kolesterol, diabetes hingga obesitas bisa menyerang. Untuk mencegahnya, cobalah cara berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.




    1. Minum air putih

    Saat perut merasakan lapar padahal satu atau dua jam yang lalu baru saja mengonsumsi makanan, jangan cepat ambil kesimpulan kalau ia belum cukup terisi. Ini mungkin saja tanda bahwa sebetulnya tubuh sedang dehidrasi.

    Untuk mengatasinya kamu hanya perlu meminum air putih. Ambillah 2-3 gelas lalu minum perlahan. Tunggu 15-20 menit untuk membuktikan apakah perutmu masih terasa lapar atau tidak.


    2. Konsumsi protein

    Berdasarkan penelitian dari The National Institutes of Health mengonsumsi protein dalam jumlah banyak, bisa jadi cara untuk mengontrol napsu makan berlebih. Terutama saat momen lebaran yang menyuguhkan makanan yang menggugah selera.

    Protein tinggi ini ada di dalam telur, almond, keju, kacang, ikan dan lainnya. Konsumsi sekitar 20-30% dari total asupan kalorimu cukup untuk memberikan manfaatnya.


    3. Olahraga

    Selain bisa melunturkan lemak di dalam tubuh, olahraga juga bisa membantu untuk menahan nafsu makan berlebih. Hal ini dikarenakan saat tubuh bergerak hormon yang bisa merangsang lafar menjadi tertahan dan tergantikan dengan rasa kenyang.

    Melansir laman Healthline, penelitian menemukan bahwa olahraga aerobik efektif untuk menahan rasa ingin makan berlebihan. Tertarik mencobanya?


    4. Kurangi stres

    Stres berlebih bisa memicu timbulnya hormon kortisol di dalam tubuh. Faktor inilah yang bisa membuat nafsu makan menjadi meningkat.

    Menguranginya tingkat stres tidak hanya membantu menurunkan hormon kortisol, tapi juga sekaligus menghindari obesitas dan depresi. Kamu bisa mencoba bermeditasi dan menjalani hobimu untuk menguranginya.


    5. Cukup tidur

    Tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat mengurangi rasa lapar dan menghindari kenaikan berat badan. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan hingga 24%, sebagaimana dikutip dari Healthline. 

    Oleh sebabnya, penting untuk menjaga tidurmu 7-8 jam di malam hari. Cara ini bisa membanu untuk menstabilkan nafsu makanmu.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below