5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Bagi Pemula


  • 5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Bagi Pemula
    Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi editing video yang simpel dan gampang diikuti. (Foto: Dok. Lisa/Pexels)

    Selama di rumah saja, kita dituntut untuk semakin kreatif, salah satunya adalah lewat video-video seru berisikan informasi penting atau sekadar hiburan. Namun, kadang membuat video dan mengunggahnya ke internet tak semudah yang dibayangkan, karena kita masih harus mengedit video tersebut.


    Bagi yang sudah terbiasa, mungkin hal ini bukan masalah besar. Tapi, bagi yang baru memulai, ini tentu bukan perkara mudah. Untungnya, kini semakin banyak aplikasi yang membantu proses edit video. Berikut ini 5 rekomendasi yang bisa jadi pilihan:




    1. Kinemaster

    Punya banyak fitur yang bisa dimanfaatkan seperti editing video. Cukup masukkan video pada halaman edit KineMaster dan pilih ikon potong video. Lalu, kamu bisa tentukan bagian yang ingin dipotong menggunakan garis trim. Video akan terpotong dan bisa disimpan atau diedit terlebih dulu, selain untuk memotong video, KineMaster cukup memudahkan untuk mengedit via smartphone.



    2. FilmoraGo

    Aplikasi satu ini juga akan memudahkan. Cukup buka aplikasi FilmoraGo dan pilih video yang ingin dipotong. Lalu, kamu akan masuk ke halaman potong video bernama potong klip. Kmau cukup menggeser trim di kanan atau kiri untuk menyesuaikan. Lalu, klik tambah yang ada di bagian pojok kanan dan klik berikutnya untuk proses edit lebih lanjut.



    3. Adobe Premiere Clip

    Bisa digunakan di smartphone, produk-produk Adobe juga bisa jadi andalan untuk sesi edit. Kamu bisa menambahkan video langsung dari smartphone dan memotongnya langsung di aplikasi tersebut. Garis berwarna ungu di bawah video bisa digeser dari kiri untuk memotong durasi video. Kalau proses edit belum memuaskan, kamu bisa langsung melanjutkannya di laptop dengan pilihan "Edit in Premiere Pro".


    4. Viva Video

    Aplikasi satu ini bisa dibilang cukup populer di masyarakat karena sangat mudah untuk digunakan. Dibanding yang di atas, Viva Video punya ikon yang lebih interaktif. Untuk memotong video, klik ikon gunting. Lalu, tambahkan video yang ingin dipotong ke halaman edit, lalu cukup tentukan bagian yang ingin dipotong dan selesaikan dengan menekan kembali ikon gunting tersebut.


    5. Video Cutter

    Kalau kamu ingin aplikasi yang ringan dan super cepat dalam penggunaannya, Video Cutter cocok buatmu. Tak ada banyak menu dan fitur yang mengganggu karena aplikasi ini memang ditujukan khusus untuk memotong video. Pada halaman awal, kamu bisa memilih untuk memotong video atau audio. Lalu, video yang kamu pilih akan langsung terunggah. Sesuaikan durasi video dan audio yang akan dipotong, sebelum siap dibagikan.


    Itulah 5 rekomendasi aplikasi edit video bagi pemula yang bisa langsung dilakukan di smartphone. Semuanya menawarkan fitur dan menu yang mudah untuk dilakukan. Hasil editan videomu pasti akan terlihat lebih menarik. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below