Tak Hanya Lezat, Ini Manfaat Cokelat Bagi Kulit Wajah


  • Tak Hanya Lezat, Ini Manfaat Cokelat Bagi Kulit Wajah
    Menggunakan masker cokelat secara rutin dapat membuat kulit wajah kamu tampak lebih sehat dan bercahaya. (Foto:Dok. Shiny Diamond/Pexels)

    Apakah kamu salah satu penggemar cokelat? Jika iya, maka kamu cukup beruntung. Mengapa? Karena, tidak hanya enak untuk dimakan dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, ternyata cokelat juga mempunyai beragam manfaat untuk kulit wajah. 


    Berdasarkan jurnal yang berjudul Cacao seeds are a "Super Fruit": A comparative analysis of various fruit powders and products, cokelat, terutama cokelat hitam, diperkaya dengan antioksidan kuat seperti polifenol, katekin, dan flavonoid. Cokelat hitam terbuat dari ekstrak biji kakao yang dianggap sebagai super fruits dalam hal kapasitas antioksidan. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan yang lainnya. 




    Semua kandungan dalam cokelat hitam bermanfaat untuk membantu melindungi kulit, meningkatkan aliran darah ke kulit, menjaga kulit tetap terhidrasi, dan menjaga elastisitas kulit. Maka tak heran, jika masker cokelat dapat membuat kulit wajah kamu tampak lebih sehat dan bercahaya. 


    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja manfaat masker cokelat untuk kulit wajah, baca artikel ini sampai habis, ya!


    1. Menghidrasi kulit dan membuatnya tampak segar


    Dikutip dari Boldsky, cokelat mengandung antioksidan tinggi dan vitamin C yang dapat membuat kulit terhidrasi, sehingga kulit menjadi lebih lembap dan tampak segar sepanjang hari. Selain itu, antioksidan yang ditemukan dalam cokelat ini juga dapat membantu meremajakan kulit, merangsang sel-sel kulit untuk regenerasi dan menurunkan produksi pigmen, sehingga kulit tampak lebih segar dan cerah.


    2. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari


    Berdasarkan penelitian yang diterbitkan US National Library of Medicine National Institutes of Health, kandungan flavonoid dan senyawa triptofan dalam cokelat dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Sebagaimana diketahui, sinar UV, polusi, debu, dan kotoran menjadi salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti kerutan dan garis-garis halus.


    3. Mengurangi peradangan dan gejala alergi kulit


    Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Seoul National University dan University of Massachusetts dengan melibatkan tikus menemukan bahwa kandungan polifenol dalam ekstrak kakao dapat membantu mengurangi peradangan dan gejala alergi lain yang berkaitan dengan kondisi kulit, seperti dermatitis atopik.


    4. Membantu mengurangi kadar hormon stres


    Menurut penelitian yang berjudul Metabolic Effects of Dark Chocolate Consumption on Energy, Gut Microbiota, and Stress-Related Metabolism in Free-Living Subjects menemukan bahwa cokelat hitam dan membantu melawan stres dan mengurangi kadar hormon stres. Seperti yang diketahui, stres dapat menjadi salah satu penyebab kerusakan kolagen dan memicu munculnya kerutan pada kulit wajah. 


    5. Sebagai pelembab yang sangat baik


    Jika kamu memiliki kulit wajah kering, masker cokelat akan membantu memberi kelembapan pada kulit, sehingga kulit menjadi lebih lembap dan tampak lebih bercahaya. Sebagaimana diketahui, jika kulit kering tidak terawat dengan baik dapat menyebabkan kulit tampak lebih kusam dan memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Tak hanya itu saja, sifat menghindrasi yang dimiliki oleh cokelat juga dapat membuat kulit lebih lembut, kenyal dan halus.


    Itulah lima manfaat masker cokelat untuk kulit wajah. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan masker cokelat dua kali dalam seminggu. Semoga bermanfaat!




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below