Deretan Sajian Telur Khas Dari Belahan Dunia


  • Deretan Sajian Telur Khas Dari Belahan Dunia
    Ternyata, telur tidak hanya dapat dinikmati dengan cara direbus atau digoreng saja, tetapi dapat dinikmati dalam berbagai sajian khas. (Foto:Dok. Foodie Factor/Pexels)

    Sebagaimana diketahui, telur adalah salah satu makanan yang praktis, murah dan bergizi. Telur kaya akan protein, kalori dan lemak baik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ternyata, telur tidak hanya dapat dinikmati dengan cara direbus atau digoreng saja, tetapi kamu bisa menikmati telur dalam berbagai macam sajian khas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini sajian telur khas dari berbagai belahan dunia. 


    Scotch egg - Inggris




    Scotch egg sangat populer di Inggris. Sajian telur khas ini terdiri dari telur rebus yang dibungkus daging sosis, lalu dibalurkan dengan remah roti kemudian digoreng atau dipanggang. 


    Century egg - China


    Pada dasarnya, century egg adalah sajian telur yang telah diawetkan ke dalam larutan garam dan tanah liat selama beberapa hari atau beberapa minggu. Setelah direndam selama beberapa waktu, telur akan memiliki warna yang lebih gelap dengan tekstur yang lembut. Orang-orang di China biasanya menggunakan telur puyuh, telur bebek, dan telur ayam untuk dibuat sajian century egg ini.  


    Tamagoyaki - Jepang


    Tamagoyaki merupakan sajian telur dadar khas Jepang dan biasanya memiliki rasa yang agak manis. Pada dasarnya, tamagoyaki tidak jauh berbeda dengan omelet klasik yang digulung. Agar gulungannya rapi dan berbentuk kotak, tamagoyaki sengaja dibuat dalam wajan berbentuk kotak. 


    Eggs en cocotte - Prancis


    Eggs en cocotte adalah sajian telur khas Prancis yang relatif mudah untuk dibuat. Cara membuatnya, telur dan butter dipanggang bersama yang ditempatkan di dalam sebuah ramekin. Ramekin adalah wadah berukuran bulat kecil yang tahan panas. Kebanyakan orang Prancis biasanya menikmati eggs en cocotte dengan sepotong roti panggang. 


    Egg salad - Amerika


    Egg salad merupakan sajian telur khas amerika serikat. Makanan ini dibuat dengan mencampurkan telur rebus cincang dengan mayones, mustard, dan diberi tambahan seperti daun bawang, bawang bombai, dan seledri. Selain egg salad, terdapat olahan telur lainnya yang disebut dengan egg benedict. Hidangan telur klasik ini sangat populer, khususnya di New York. Egg benedict biasanya dinikmati bersama muffin panggang, bacon dan disiram dengan saus hollandaise, atau kamu juga dapat menikmati egg benedict dengan banyak olahan makanan lainnya.


    Egg curry - India


    Masyarakat India biasa menikmati telur dalam sajian khas yang dikenal dengan nama egg curry. Pada dasarnya, egg curry atau kari telur adalah telur rebus yang direndam dalam kuah kari, cabai hijau, bawang dan tomat. 


    Gyeran jjim - Korea


    Gyeran jjim merupakan makanan olahan telur khas Korea yang mirip dengan puding dengan rasa yang gurih. Sajian ini terbuat dengan dari telur kukus yang disajikan dengan biji wijen dan daun bawang. 


    Deviled eggs - Italia


    Terkenal sebagai salah satu negara yang kaya akan makanan lezat, Italia memiliki sajian telur khas yang disebut deviled egg. Sajian ini dibuat dari telur rebus yang diisi dengan pasta yang terbuat dari kuning telur, ditambah dengan mustard dan mayones. Tak hanya deviled egg, Italia juga memiliki sajian telur khas lainnya yang disebut Frittata. Frittata adalah sajian telur yang dipadukan dengan daging, sayuran, keju dan pasta, kemudian dimasak hingga matang. Sajian ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih. 





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below