Benarkah Minum Air Dingin Bisa Membakar Lebih Banyak Kalori?


  • Benarkah Minum Air Dingin Bisa Membakar Lebih Banyak Kalori?
    Kekurangan cairan tubuh tentu dapat berpengaruh terhadap sistem kerja tubuh. (Foto:Dok. Master1305/Freepik)

    Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi air putih agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Kekurangan cairan tubuh tentu dapat berpengaruh terhadap sistem kerja tubuh. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saja, belakangan ini beredar anggapan bahwa air putih, khususnya air dingin dapat membantu membakar lebih banyak kalori. Benarkah demikian? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasannya di bawah ini!


    Benarkah minum air dingin dapat membakar lebih banyak kalori?




    Air dingin disebut mampu membakar lebih banyak kalori secara efektif. Benarkah demikian? Dikutip dari Self, menurut Lauren Harris-Pincus, M.S., R.D.N., pemilik Nutrition Starring You mengatakan bahwa, secara khusus, berdasarkan penelitian ilmiah U.S. National Library of Medicine National Institute of Health, telah menemukan efek termogenik dari minum air dingin hanya sekitar 4 hingga 7 kalori per gelas. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, setiap kalorinya tentu sangat berharga. Namun, minum air dingin bukanlah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. 


    Lauren Harris-Pincus menambahkan, jika kamu sedang mencoba menurunkan berat badan, ketahuilah hidrasi itu sangat penting. Asupan air yang tepat adalah kunci dalam memastikan metabolisme kamu berfungsi secara maksimal. Selain itu, terhidrasi dengan baik juga dapat membantu kamu merasa lebih energik selama berolahraga. Mungkin, minum air putih dingin saat berolahraga di siang hari dapat membantu kamu merasa lebih energik, sehingga secara tidak langsung dapat membantu menurunkan berat badan. 


    Ditambah lagi, ada fakta bahwa minum air putih — tidak masalah suhunya — sebelum makan bisa membuat kamu merasa sedikit lebih kenyang, sehingga kamu akan mengurangi asupan kalori. Perlu diketahui, kamu tidak bisa mendapatkan pembakaran kalori yang lebih besar dengan air, tetapi kamu bisa menghemat ratusan kalori per makanan, hanya dengan minum air putih sebelum makan. Lebih baik lagi jika kamu menggantikan minuman berkalori tinggi seperti soda dengan air putih. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan berat badan ideal. 


    Namun, perlu diingat untuk tidak minum terlalu banyak air putih dengan anggapan dapat membuat perut terasa lebih kenyang atau dapat membantu menurunkan lebih banyak berat badan. Cukup konsumsi air putih sewajarnya saja. Para ahli di Institute of Medicine mengatakan bahwa kebutuhan cairan tubuh setiap orang itu berbeda-beda. Namun, rata-rata setiap orang membutuhkan 8 gelas air putih per hari. Kebutuhan air putih juga perlu ditambah, jika kamu sedang menjalani aktivitas yang berat, berolahraga, banyak berkeringat, diare, dan demam. 





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below