Sejumlah Tradisi Unik Perayaan Waisak Di Berbagai Negara


  • Sejumlah Tradisi Unik Perayaan Waisak Di Berbagai Negara
    Sejumlah tradisi unik perayaan hari raya waisak diberbagai negara (Foto:Dok.Pexels/Neosiam)


    Hari Raya Waisak tahun 2020 jatuh pada Kamis, (07/05/2020). Perayaan ini merupakan hari besar bagi umat Buddha di seluruh dunia. Sehingga setiap negara pun memeriahkannya dengan tradisi unik dan menyenangkan.

    Di antaranya adalah Indonesia, Thailand, Myanmar dan lainnya yang memiliki rangkaian acara di hari itu sebagai simbol keberkahan dalam hidup. Mulai dari berbagi makanan dan minuman kepada yang membutuhkan hingga parade dengan spanduk besar bercorak Buddha. Selain itu apa lagi? dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah ritual dan tradisi unik dari berbagai negara saat hari raya Waisak.



    (Baca Juga: Makna Ucapan Hari Raya Nyepi Yang Unik Dan Menarik)


    1. Indonesia

    Perayaan Waisak juga dirayakan oleh seluruh umat Budhha di Indonesia. Masing-masing wilayahnya pun memiliki tradisi yang seru dan meriah.

    Biasanya pada hari raya ini, sejumlah candi akan dipadati oleh prosesi serta ritual ibadah. Di antaranya adalah Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Sewu.

    Tradisi yang dilakukan pun beragam, mulai dari menggunakan busana adat, meditasi, pelepasan lentera ke langit, membebaskan burung hingga memberikan penghormatan pada biksu di vihara. Bukan tanpa alasan, berbagai kegiatan ini merupakan simbol untuk menyambut keberuntungan di dalam kehidupan.


    2. Singapura

    Kemeriahan Singapura dalam merayakan hari Waisak adalah dengan mengunjungi sejumlah vihara dan menghiasnya menggunakan ragam pernak-pernik, bunga, dan simbol umat Buddha. Tak hanya itu, sejumlah tarian dan makanan juga melimpah dan menambah kemeriahan di hari itu.

    Selain tradisi ini, Singapura juga memiliki persamaan dengan tradisi di Indonesia, yaitu dalam melepaskan burung dari sangkarnya. Bahkan negara ini juga melepaskan hewan lainnya.

    (Baca Juga: 10 Hal yang Tabu Dilakukan Saat Hari Raya Imlek)


    3. Vietnam

    Tak jauh berbeda dengan negara Indonesia, masyarakat Vietnam juga menyalakan lentera saat vesak day. Bedanya, jika penduduk tanah air melepaskannya ke langit, di negara ini justru meletakkannya di sepanjang jalan.


    4. Thailand

    Berbeda di negara Thailand, Vesak Day atau Hari Waisak biasanya dirayakan dengan berbagi dengan sesama. Biasanya yang diberikan tak hanya makanan, tapi juga lilin dan bunga.

    Rangkaian ini kemudian diletakkan di dalam kuil yang kemudian diserahkan untuk masyarakat atau pun untuk kuil. Pemberian ini juga sarat akan makna kepedulian dan urusan dunia yang terbatas. 


    5. Myanmar

    Masyarakat Myanmar memiliki tradisi Sunning Buddha, di mana mereka akan berkeliling membawa spanduk dengan gambar Buddha. Mereka yang merayakan akan berdiri di bawah spanduk raksasa dan membawanya menuju kuil.

    Ritual ini pun jadi salah satu yang meriah di negaranya. Bahkan, menurut penduduk Myanmar acara ini adalah sebuah pengharapan untuk mendapatkan kesehatan, rasa damai, dan kesuksesan dalam hidup.

    (Baca Juga: Bersantai Pada Hari Raya Paskah di Karma Resorts Bali)


    6. Nepal

    Selain berdoa untuk mendapatkan ketenangan dan keberkahan dalam hidup, seluruh warga di Nepal melangsungkan ritual berbagi kepada sesama. Mereka pun biasanya akan mengenakan busana serba putih sebagai simbol pensucian diri.

    Nepal juga memiliki makanan khas yang biasanya dikonsumsi pada hari itu, salah satunya Kheer. Kheer adalah puding nasi yang biasanya jadi santapan penutup.


    7. India

    Dikenal dengan sebutan Buddha Purnima, India memeriahkan hari Waisak dengan ragam tradisi untuk kesehatan. Selain mengonsumsi Kheer, hal lain yang dilakukan mereka adalah melakukan diet vegan.

    Kemudian mereka akan bersama beribadah di kuil sambil mendengarkan ceramah.


    Itu dia sejumlah tradisi unik Waisak di berbagai negara! Selamat hari raya Waisak 2020.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below