Hindari Buah Ini Saat Menjalani Diet Ketogenik


  • Hindari Buah Ini Saat Menjalani Diet Ketogenik
    Buah-buahan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi, ada baiknya dihindari saat menjalani diet keto. (Foto:Dok. Freepik)

    Seperti diketahui, buah-buahan memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, ada beberapa buah-buahan yang ternyata harus dihindari saat menjalani diet ketogenik. Diet keto adalah salah satu jenis diet yang membatasi atau sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat, sedikit protein, dan tinggi lemak. Buah-buahan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi, ada baiknya dihindari saat menjalani diet keto. Buah apa saja yang harus dihindari saat diet keto? Simak pemaparannya berikut ini!


    Pisang




    Pisang adalah salah satu buah yang harus dihindari saat menjalani diet ketogenik. Dikutip dari Insider, buah pisang mengandung karbohidrat kompleks dan potasium yang tinggi. Meskipun baik untuk tubuh, kandungan tersebut kurang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi kamu yang menjalani program diet keto. Buah pisang mengandung 25 gr karbohidrat per 100 gr sajian, itulah yang membuat buah ini terlalu tinggi karbohidrat untuk diet ini.  


    Anggur


    Buah anggur adalah buah yang tidak dianjurkan dalam diet ketogenik. Tidak hanya tinggi gula, buah anggur juga mengandung karbohidrat. Buah anggur dapat memperlambat atau menghentikan ketogenesis, meskipun dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Inilah yang membuat buah anggur sebaiknya tidak mengonsumsi buah anggur saat menjalani program diet keto. 


    Mangga dan Buah Tropis Lainnya


    Rasanya tidak mengherankan jika banyak buah-buahan tropis yang tidak dianjurkan dalam diet keto, ini karena kebanyakan buah-buahan tersebut mengandung gula yang sangat tinggi. Salah satu buah tropis yang sebaiknya dihindari saat menjalani diet keto adalah mangga. Tak hanya tinggi gula, buah mangga juga mengandung karbohidrat hampir 15 gr di setiap penyajian 100 gr. Memakan satu buah mangga berukuran sedang tentu sudah melebihi kebutuhan karbohidrat harian, mengingat berat satu buah mangga bisa mencapai 300 sampai 500 gr.


    Buah Pir


    Meskipun mengandung banyak nutrisi penting, buah pir bukanlah jenis buah yang tepat untuk dijadikan menu dalam diet keto. Mengapa? Ini karena buah pir berukuran sedang mengandung karbohidrat sekitar 27 gr dan gula sekitar 17 gr. Mengonsumsi satu buah pir sudah melebihi kebutuhan karbohidrat harian dalam diet keto, yaitu sekitar 20 gr per hari. 


    Buah-Buahan Kering


    Buah-buah kering memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan buah segar. Namun, perlu diingat terkadang dalam pembuatannya buah-buah kering menggunakan gula tambahan, sehingga kandungan gula di dalam buah-buah kering pun semakin bertambah. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalam buah-buahan kering akan berkurang selama proses pengeringan. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below